Pemasaran adalah salah satu poin kunci untuk penjualan produk yang sukses. Dalam pemasaran, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah strategi komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran memegang peranan penting dalam mencapai tujuan pemasaran suatu produk. Artikel ini menjelaskan berbagai strategi pemasaran dan aplikasinya dalam memasarkan suatu produk atau jasa.
 Definisi komunikasi
 Komunikasi pada dasarnya adalah proses pengiriman informasi antara pengirim dan penerima. Baik pengirim maupun penerima informasi dapat berkomunikasi ketika mereka dapat memahami dan memproses informasi yang disampaikan. Proses komunikasi ini dapat dilakukan melalui media. Ketika berkomunikasi melalui  media, baik personal maupun media massa,  respon terhadap informasi yang  disampaikan berbeda-beda.
 Secara umum, ada tiga  bentuk komunikasi:
 * Media. Proses komunikasi ini ditandai dengan komunikasi yang meluas. Dalam bentuk media, baik pengirim maupun penerima informasi dalam konteks media dianggap tidak saling mengenal.
 * Komunikasi kelompok. Berbeda dengan media, pengirim dan penerima pesan sudah saling mengenal, sehingga terjadilah komunikasi. Bentuk komunikasi ini terjadi antara banyak orang di satu tempat.Â
* Komunikasi interpersonal. Bentuk komunikasi ini adalah komunikasi personal atau komunikasi antar manusia. Komunikasi ini merupakan komunikasi  langsung dari satu orang ke orang lain.
 Definisi komunikasi pemasaran
 Ini memberikan informasi  untuk pembelian produk yang dijual oleh perusahaan dan mempengaruhi masyarakat umum. Komunikasi pemasaran meliputi merek produk yang dijual dan citra  perusahaan. Kegiatan ini juga merupakan upaya perusahaan untuk membangun hubungan dengan calon. Di sisi konsumen, komunikasi pemasaran dapat memberikan informasi kepada konsumen tentang produk mereka dan bagaimana mereka digunakan. Komunikasi pemasaran dapat digunakan untuk membujuk konsumen agar membeli produk dan jasa  perusahaan. Ruang lingkup komunikasi pemasaran dapat dibagi menjadi komunikasi pemasaran internal dan eksternal. Komunikasi pemasaran internal dilakukan untuk membangun hubungan dengan perusahaan di dalam organisasi, termasuk pemegang saham, karyawan, dan pemangku kepentingan di dalam perusahaan. Komunikasi pemasaran eksternal, di sisi lain, bertujuan untuk membangun citra perusahaan yang kuat dan hubungan antara perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya, termasuk konsumen dan masyarakat umum. Karakteristik komunikasi pemasaran
 Komunikasi pemasaran memiliki beberapa karakteristik. Lovelock dan Wright menjelaskan bahwa komunikasi pemasaran memerlukan karakteristik sebagai berikut:
1. Menginformasikan dan mendidik calon konsumen tentang produk dan layanan yang mereka jual.  2. Yakinkan target konsumen Anda dengan menjelaskan bahwa produk yang mereka jual adalah produk terbaik dibandingkan dengan produk pesaingnya. Produk perlu memberikan kesan  dapat memenuhi kebutuhan  konsumen
3. Beritahu pelanggan untuk  membeli produk lagi.
4. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan kami dan memberikan informasi terbaru dan penjelasan rinci tentang produk kami. Pernyataan ini harus mencakup bagaimana pelanggan  mendapatkan hasil atau pengalaman terbaik dengan produk mereka.
10 Ahli Strategi Komunikasi PemasaranÂ
- Periklanan. Periklanan adalah presentasi impersonal atau promosi produk yang dibayar oleh  perusahaan. Periklanan adalah strategi komunikasi pemasaran yang meliputi televisi, radio, majalah, surat kabar, dan media lainnya.
- Promosi penjualan. Promosi bertujuan untuk memotivasi konsumen sasaran untuk membeli. Hal ini dapat berupa insentif jangka pendek yang menarik bagi konsumen. Iklan juga bertujuan untuk mendorong konsumen  membeli produk.
- Hubungan masyarakat dan periklanan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hubungan denganproduk
- Personal Selling. Penjualan langsung dapat menjadi strategi komunikasi pemasaran dimana pihak perusahaan dapat berinteraksi langsung dengan konsumen. Dalam hal ini, perusahaan dapat menjelaskan produk lebih detail dan menerima feedback dari konsumen
- Direct Marketing. Pemasaran langsung disini artinya melakukan interaksi langsung dengan konsumen dengan media non-personal seperti email, telepon, surat dan lainnya
- Sponsorship. Pemberian sponsor pada suatu kegiatan dapat menjadi strategi komunikasi pemasaran yang baik. Hal ini dapat meningkatakan brand awareness dan reputasi perusahaan itu sendir
- Corporate Identity. Pembangunan citra perusahaan juga penting untuk rencana jangka panjang perusahaan
- Packaging. Kemasan produk dapat menjadi hal yang penting dalam strategi komunikasi pemasaran produk. Kemasan yang menarik dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk. Komunikasi ini bisa dalam bentuk desain, warna serta bentuk dari kemasan produk tersebut
- Poin of Sale and Merchandising. Strategi ini dilakukan dengan melakukan display produk serta pembuatan material pendukung seperti poster, stiker, spanduk dan desain dari tempat berjualan.
- Word of Mouth. Strategi ini merupakan komunikasi personal yang cukup efektif dalam meningkatkan penjualan produk. Word of mouth sangat efektif dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk. Konsumen akan membeli produk yang direkomendasikan oleh kenalannya karena menanggap bahwa informasi produk tersebut terpercaya dan personal. Word of mouth dianggap lebih persuasif dibandingkan pemasaran melalui iklan
Demikian artikel ini saya buat. Semoga artikel ini bermanfaat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H