LK 4. 8. Mengamati Lingkungan Kaya Literasi
1. Berdasarkan pengamatan di sekolah pilihan Anda, diskusi kelompok, dan berbagai masukan, buatlah analisis terhadap sekolah yang sebelumnya Anda amati terkait lingkungan kaya literasi.
Lakukan analisis/evaluasi dengan pola 3-2-1, sebagai berikut:
a. 3 hal yang sudah berjalan dengan baik :
- Rabu Literasi : Dimana selutuh peserta didik SDN Genuksari 02 Â mengikuti dengan rutin kegiatan Rabu literasi ini yang berkegiatan apel pagi di setiap hari Rabu dengan bergiliran disetiap kelas menampilkan bakat peserta didik dan memperkenalkan budaya daerah melalui tampilan yang dipersiapkan kelas yang tampil.
- Kelas kaya literasi : Dimana kelas kaya literasi, guru di SDN Genuksari 02 mendesain kelas kaya literasi dengan menyediakan tempat hasil karya peserta didik, memenuhi aransi kelas dengan slogan-slogan edukatif dan motivasi, gambar-gambar yang menunjukkan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia seperti; tari dan baju adat, serta terdapat gambar-gambar informatif.
- Madding kelas : Masing-masing kelas di SDN Genuksari 02 terdapat madding yang digunakan untuk memajang hasil karya 2D peserta didik.
b. 2 hal yang bisa ditingkatkan :
- Pojok Baca : Dimana guru perlu menambahkan buku-buku yang menarik untuk dibaca oleh peserta didik. Agar anak-anak lebih tertarik untuk membaca ketika di jam kosong maupun istirahat.
- Pembiasaan membaca 10-15 menit : Hal ini perlu dilakukan setiap hari untuk membiasakan peserta didik dalam membaca, selain itu di setiap wakt membaca guru perlu memberikan pengulangan berupa memberikan pertanyaan terhadap yang telah dibaca untuk mengukur kedalaman pemahaman peserta didik dalam membaca
c. 1 hal yang perlu didiskusikan :
Perpustakaan : Di SD N Genuksari 02 ini merupakan sekolah bencana yang mana banyak sekali buku buku rusak tidak layak pakai akibat bencana banjir. Hal ini perlu di diskusikan oleh sekolah agar perpustakaan memiliki buku buku baru yang menark untuk membuat minat membaca peserta didik menjadi tinggi
2. Berdasarkan analisis tersebut, rancanglah sebuah kegiatan/program untuk menumbuhkan/meningkatkan lingkungan kaya Literasi di sekolah tersebut. Rancangan Anda setidaknya meliputi informasi sebagai berikut.
- Nama sekolah : SD N Genuksari 02
- Program/Kegiatan yang sudah berjalan :Â
- Pojok baca : Dimana disetiap ruang kelas terdapat pojok baca yang berisikan dengan buku-buku fiksi untuk menunjang kegiatan pembiasaan literasi.
- Pembiasaan membaca selama 10-15 menit : Kegiatan membaca buku fiksi maupun buku digital yang dilaksanakan 10-15 menit di awal pembelajaran.
- Kelas kaya literasi : Guru di SDN Genuksari 02 mendesain kelas kaya literasi dengan menyediakan tempat hasil karya peserta didik, memenuhi aransi kelas dengan slogan-slogan edukatif dan motivasi, gambar-gambar yang menunjukkan keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia seperti; tari dan baju adat, serta terdapat gambar-gambar informatif.
- Madding kelas : Masing-masing kelas di SDN Genuksari 02 terdapat madding yang digunakan untuk memajang hasil karya 2D peserta didik.
- Rabu literasi : Pada hari Rabu setiap pagi di SDN Genuksari 02 terdapat kegiatan rutinan apel literasi yang menampilkan bakat peserta didik tiap kelas secara bergiliran per minggu. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya sekolah dalam mengembangkan potensi peserta didik
- Program yang bisa ditambahkan :
Safari Buku Bersama Perpustakaan Keliling
- Tujuan : Mengatasi kelangkaan buku di sekolah akibat bencana banjir dan meningkatkan minat baca peserta didik.
- Deskripsi Program : Sekolah mengundang perpustakaan keliling setiap minggu pertama hari Kamis, Perpustakaan keliling menyediakan akses buku-buku baru yang menarik, baik fiksi maupun non-fiksi, dan Kegiatan pendukung seperti membaca bersama, kuis literasi, dan lomba mendongeng diadakan untuk menyemarakkan acara.
- Pelaksanaan : Peserta didik diberikan jadwal kunjungan ke perpustakaan keliling secara bergantian per kelas, dan Guru mendampingi siswa untuk memandu mereka memilih buku yang sesuai
- Pihak yang dilibatkan :Â
a. Pihak sekolahÂ
- Kepala sekolah untuk koordinasi dan pengambilan keputusan.
- Guru sebagai pendamping kegiatan literasi.
b. Pihak Dinas Pendidikan
- Memberikan dukungan dengan menyediakan fasilitas perpustakaan keliling.
- Menyediakan sumber daya berupa buku tambahan yang relevan dan menarik
- Indikator keberhasilan program
a. kuantitatif
- Meningkatnya jumlah buku yang dibaca oleh peserta didik setiap bulan.
- Bertambahnya koleksi buku baru dari perpustakaan keliling yang diakses peserta didik
b. Kualitatif
- Meningkatnya minat baca peserta didik yang terlihat dari antusiasme peserta didik dalam kegiatan Safari Buku.
- Peserta didik menunjukkan kemampuan membaca dan memahami materi dari buku yang dipinjam.
- Munculnya kreativitas peserta didik dalam karya tulis atau visual yang terinspirasi dari bacaan mereka
c. Evaluasi program
- Dilakukan survei kepuasan peserta didik dan guru terhadap keberadaan perpustakaan keliling.
- Catatan jumlah pengunjung perpustakaan keliling setiap kunjungan.
- Laporan peningkatan prestasi peserta didik dalam kegiatan literasi, seperti lomba membaca atau menulis
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H