Â
Tazkiyat al-Nafs atau penyucian jiwa merupakan konsep sentral dalam ajaran islam yang terfokus pada pembersihan jiwa dari sifat-sifat negatif dan pengembangan potensi spiritual agar lebih mendekatkan diri kepada Allah. Dalam ajaran islam, tazkiyat al-nafs bukan hanya bertujuan untuk mencapai ketenangan batin, tetapi juga untuk mencapai tujuan hidup yang lebih tinggi, yaitu untuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat dengan memperbaiki kualitas moral dan spiritual. Konsep ini juga berperan penting dalam membangun masyarakat yang lebih beretika dan harmonis.
 Pengertian Tazkiyat al-Nafs
Secara etimologi, kata tazkiyah berasal dari Bahasa arab yang berarti suci, bersih, atau tumbuh berkembang. Dalam konteks ini, tazkiyah mengarah pada penyucian jiwa dari sifat-sifat buruk dan dosa serta pengembangan potensi kebaikan yang ada dalam diri seseorang. Tazkiyat al-nafs berarti proses menumbuh kembangkan jiwa seorang muslim agar menjadi lebih baik dan melahirkan kebaikan dalam perilaku serta hubungan dengan Allah dan sesama.
Sementara itu, al-nafs (jiwa) memiliki berbagai makna dalam bahasa arab. Beberapa di antaranya mengacu pada roh, hati, atau potensi baik dan buruk dalam diri manusia. Dalam Alquran, jiwa sering digambarkan sebagai wujud yang dapat diarahkan kepada kebaikan atau keburukan, dan mempengaruhi tindakan serta perilaku seseorang. oleh karena itu, tazkiyat al-nafs merupakan proses untuk mengarahkan jiwa menuju kebaikan, menghapuskan sifat-sifat tercela, dan memperkuat karakter dengan nilai-nilai spiritual yang mulia.
 Pembagian Nafs menurut Alquran
Dalam upaya mencapai tazkiyat al-nafs, alquran membagi jiwa atau nafs manusia ke dalam tiga tingkatan, yang masing-masing menggambarkan kondisi spiritual  seseorang :Â
- Nafs al-Ammarah yaitu jiwa yang mendorong kepada perbuatan buruk atau mengikuti nafsu tanpa kendali.Â
- Nafs al-Lawwama yaitu jiwa yang menggambarkan kesadaran individu untuk memilih di antara tarikan hawa nafsu dan dorongan rohani. Pada tingkat ini, seseorang mulai merasa menyesal dan mempertanyakan perbuatannya, antara mengikuti nafsu atau berpegang pada prinsip kebaikan. Nafs al-lawwama adalah jiwa berbeda dalam fase pertarungan batin untuk meraih ketenangan dan keikhlasan.Â
- Nafs al- Muthama'innah yaitu jiwa yang tenang dan damai, jiwa yang sepenuhnya mengikuti arahan rohani dan mencapai kedamaian batin. pada tingkat ini, individu telah berhasil mengatasi dorongan hawa nafsu dan menjadi pribadi yang seimbang serta dekat dengan Allah. Nafs al-Mutma'innah mencerminkan jiwa yang mencapai kesucian dan kesempurnaan spiritual.
 Proses Penyucian Jiwa dalam Alquran
Penyucian jiwa atau tazkiyat al-nafs dalam alquran tidak terlepas dari pengalaman ibadah dan perbaikan akhlak yang baik. Tazkiyah adalah bagian hakiki dari kehidupan seorang muslim yang dimulai dengan pengendalian diri, introspeksi, doa, serta amal saleh. Dalam surah As-Syams (91:9-10), Allah menyatakan bahwa "Sesungguhnya beruntung lah orang yang menyucikan jiwa itu, dan sungguh merugi lah orang yang mengotori nya." Ayat ini menegaskan bahwa orang yang berhasil menyucikan jiwanya dari dosa dan penyakit hati adalah orang yang beruntung, sementara mereka yang gagal dalam proses ini akan merugi.
 Ibadah Sebagai Sarana Penyucian Jiwa
Dalam upaya mencapai tazkiyat al-nafs, ibadah memainkan peran yang sangat penting. setiap ibadah dalam islam, Â baik itu shalat, zakat, puasa, maupun haji, bukan hanya sekedar ritual eksternal, tetapi juga berfungsi sebagai sarana untuk membersihkan jiwa dan mendekatkan diri kepada Allah. Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Anas Ahmad Kazon, ibadah merupakan media yang sangat efektif dalam menyucikan jiwa. Misalnya, shalat yang dilakukan dengan khusyuk dapat membantu seseorang untuk mengingat Allah dan menjaga hati tetap bersih, sedangkan zakat membantu membersihkan harta dan jiwa dari keserakahan serta kepedulian terhadap sesama.