Mohon tunggu...
Rachmat Fuadi
Rachmat Fuadi Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK di Negeri Laskar Pelangi

Satu Literasi Membangun Negeri

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aktualisasi Projek Penguatan Pelajar Pancasila (Part Dua)

26 Juli 2023   09:09 Diperbarui: 26 Juli 2023   09:14 380
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Profil Pelajar Pancasila dan Tujuan Pendidikan Nasional

Sumber: https://www.dpr.go.id/jdih/uu1945



“Kita punya modal (sosial) bagus, karena Indonesia satu-satunya negara yang membangun kemerdekaan karena mengusir penjajah,” katanya

Referensi : "Mahfud MD: Indonesia Satu-Satunya Negara Merdeka atas Perjuangan Sendiri" 

Pertanyaan yang muncul dari masa ke masa adalah " Bagaimana pembangunan (karakter) manusia Indonesia sesuai dengan tujuan pembangunan nasional". 

Referensi : NATION AND CHARACTER BUILDING MELALUI PENDIDIKAN YANG MENGINDONESIA oleh Drs. Slamet Sutrisno, M.Si dalam Jurnal Majelis Media Aspirasi Konstitusi “National and Character Building of Indonesia” halaman 33 Edisi 02 Tahun 2012.

Satu Literasi : (https://mpr.go.id/img/jurnal/file/050422_2012 _ Jurnal Majelis Edisi 2 - National & Character Building Indonesia.PDF)

Tujuan Negara Indonesia tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 pada alinea ke empat yaitu:

1.   Melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,

2. Memajukan kesejahteraan umum,

3. Mencerdaskan kehidupan bangsa,

4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Sumber: Materi Wokshop IKM pada P5 Guru SMKDinas Pendidikan Kep. Bangka Belitung Tahun 2023Nara Sumber: Drs. Nanang Yusuf Nurdin, M.Si.Tenaga Ahli Bidang P-SMK
Sumber: Materi Wokshop IKM pada P5 Guru SMKDinas Pendidikan Kep. Bangka Belitung Tahun 2023Nara Sumber: Drs. Nanang Yusuf Nurdin, M.Si.Tenaga Ahli Bidang P-SMK

Ki Hajar Dewantara sebagai menteri pendidikan nasional pertama  pernah berpesan:

Bagi pendidikan KH Dewantara, tujuan dari dilakukannya proses pendidikan adalah untuk “menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu, agar mereka sebagai manusia dan anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi- tingginya” (Dewantara, 1961: 20). 

Referensi : Relevansi Konsep Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara Dengan Pendidikan Islam oleh Siti Shafa Marwah dkk, UPI : 2018.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila, sebagai salah satu  sarana pencapaian profil pelajar Pancasila, memberikan  kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami  pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus  kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

“... perlulah anak anak  [Taman Siswa] kita dekatkan  hidupnya kepada  perikehidupan rakyat, agar  supaya mereka tidak hanya  memiliki ‘pengetahuan’ saja  tentang hidup rakyatnya,  akan tetapi juga dapat ‘mengalaminya’ sendiri , dan kemudian tidak hidup  berpisahan dengan  rakyatnya.”

Pencapaian Profil Pelajar Pancasila di Satuan Pendidikan

Visi:

"Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mendukung Visi dan Misi Presiden untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global"


Misi:

  1. Mewujudkan pendidikan yang relevan dan berkualitas tinggi, merata dan berkelanjutan, didukung oleh infrastruktur dan teknologi.
  2.  Mewujudkan pelestarian dan pemajuan kebudayaan serta pengembangan bahasa dan sastra.
  3.  Mengoptimalkan peran serta seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung transformasi dan reformasi pengelolaan pendidikan dan kebudayaan. 

Tujuan Kemendikbudristek pada 2020-2024: 

  1. Perluasan akses pendidikan bermutu bagi peserta didik yang berkeadilan dan inklusif.
  2. Penguatan mutu dan relevansi pendidikan yang berpusat pada perkembangan peserta didik.
  3. Pengembangan potensi peserta didik yang berkarakter.
  4. Pelestarian dan pemajuan budaya, bahasa dan sastra serta pengarus-utamaannya dalam pendidikan.
  5. Penguatan sistem tata kelola pendidikan dan kebudayaan yang partisipatif, transparan, dan akuntabel

Profil pelajar Pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu peserta didik melalui budaya satuan pendidikan, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan ekstrakurikuler.

Sumber: Materi Wokshop IKM pada P5 Guru SMKDinas Pendidikan Kep. Bangka Belitung Tahun 2023Nara Sumber: Drs. Nanang Yusuf Nurdin, M.Si.Tenaga Ahli Bidang P-SMK
Sumber: Materi Wokshop IKM pada P5 Guru SMKDinas Pendidikan Kep. Bangka Belitung Tahun 2023Nara Sumber: Drs. Nanang Yusuf Nurdin, M.Si.Tenaga Ahli Bidang P-SMK

Prinsip projek penguatan profil pelajar Pancasila

Bersambung ke Part 3

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun