RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Â
Sekolah           : MI AlfarizqI Baahir
Mata Pelajaran    : Fikih
Kelas/ Semester       : IV/ 2 (Genap)
Alokasi Waktu        : 1X35 Menit
Materi Pokok     : Salat Idain; Memberi dan meminta informasi terkait ketentuan, tata cara pelaksanaan salat idain.
Â
                 Kompetensi Dasar
Indikator PembelajaranÂ
- Memahami ketentuan salat 'idain.
- Menjelaskan tata cara salat 'idain.
- Mempraktikkan tata cara salat 'idain.
- Memahami pengertian hukum, waktu, tata cara  salat 'idain
- Memahami keutamaan salat 'idain
- Mempraktikan tata cara salat 'idain dengan benar
Â
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
- Melalui diskusi dan penugasan, peserta didik dapat menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran yang dianutnya serta menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
- Mengidentifikasi tentang pengertian salat 'idain
- Menemukan perbedaan dan  persamaan dari ketentuan masing-masing salat 'idain
- Mencermati penjelasan guru tentang  tata cara pelaksanaan salat 'idain
Media, Alat/bahan, Sumber, dan Pendekatan PembelajaranÂ
Media
:
Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar  penilaian, Visual
Alat/Bahan
:
Penggaris, spidol, papan tulis, Laptop, infocus. LCD Proyektor
Sumber Belajar
:
Buku Penunjang Mata Pelajaran Fikih MI Kelas IV Kemenag RI 2020, Ensiklopedi Islam, Kitab Fikih
Pendekatan Pembelajaran
:
Pendekatan Inquiry, dan pendekatan langsung
- Mempresentasikan hasil analisis perbedaan dan persamaan dari ketentuan masing-masing salat
- idain
Â
- KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Â Â
- Pertemuan Ke-1
- Pendahuluan (10 menit)
1.
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran, memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
2.
Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi selanjutnya.
3.
Menyampaikan motivasi tentang apa yang dapat diperoleh (tujuan & manfaat) dengan mempelajari materi :
 Pengertian, ketentuan, dan tata cara pelaksanaan salat idain
4.
Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, kompetensi yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh.
- Â
Kegiatan Inti
(15 Menit)
Â
Sumber Belajar Buku Mata Pelajaran Fikih MI kelas IV, Kitab Fikih
Â
Â
Metode Ceramah, metode modelling
KEGIATAN LITERASI
- Peserta didik diberi motivasi dan panduan untuk melihat, mengamati, membaca dan menuliskannya kembali. Mereka diberi tayangan dan bahan bacaan terkait materi Pengertian, ketentuan, dan tata cara pelaksanaan salat idain
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
- Guru memberikan kesempatan peserta didik untuk mengidentifikasi pengetahuannya terkait materi yang akan dibahas
- Guru menjelaskan meteri terkait Pengertian, ketentuan, dan tata cara pelaksanaan salat idain
- Guru menjelaskan hikmah mempelajari materi terkait Pengertian, ketentuan, dan tata cara pelaksanaan salat idain
- Guru menjelaskan hal yang belum dipahami, dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik. Pertanyaan ini harus tetap berkaitan dengan materi Pengertian, ketentuan, dan tata cara pelaksanaan salat idain.
COLLABORATION (KERJASAMA)
- Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, mempresentasikan ulang, dan saling bertukar informasi mengenai Pengertian, ketentuan, dan tata cara pelaksanaan salat idain
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
- Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan kemudian ditanggapi kembali oleh kelompok atau individu yang mempresentasikan
CREATIVITY (KREATIVITAS)
- Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait Pengertian, ketentuan, dan tata cara pelaksanaan salat idain . Peserta didik kemudian diberi kesempatan untuk menanyakan kembali hal-hal yang belum dipahami
- Penutup (15 menit)
1.
Peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
2.
Guru membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
3
Guru memberikan beberapa pertanyaan (review) materi terkait Pengertian, ketentuan, dan tata cara pelaksanaan salat idain
4
Guru menyinggung materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya
5
Guru memberikan semangat dan motivasi kepada siswa
6
Guru dan siswa berdoa bersama sebagai penutup pembelajaran
Â
- PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
                                                      Penilaian
Sikap
Pengetahuan
Ketrampilan
Berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru
berupa tes tertulis pilihan ganda & tertulis uraian, tes lisan / observasi terhadap diskusi tanya jawab dan percakapan serta penugasan
berupa penilaian unjuk kerja, penilaian proyek, penilaian produk dan penilaian portofolio
Mengetahui,
Rembang, 7 Nopember 2022
Kepala Madrasah Ibtidaiah
Guru Kelas
Slamet Kasmuri., S. Pd
NIP.
Qurotul Ainiyah., S. Pd
NIP.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H