Branding potensi desa merupakan hal yang menjadi langkah awal dari proses pemasaran serta promosi yang dilakukan guna mengembangkan potensi desa. Oleh karena itu kelompok 27 KKN UMD Unej membantu memberikan pengarahan serta sosialisasi terkait branding potensi yang dimiliki oleh Desa Rowosari. Seiring dengan program kerja yang dimiliki oleh kelompok 27 yakni "Grandrowosari" atau Gerakan Rowosari Angkat Potensi Desa, kelompok 27 membantu melakukan branding khususnya pada branding desa dan branding UMKM desa. Branding dilakukan dengan pembuatan social media desa, produk unggulan, logo UMKM, packaging produk, dan label produk.
Branding desa dilakukan dengan pembuatan Logo Grandrowosari, sosial media desa antara lain Instagram, Tiktok, dan YouTube. Berikut akun dan link sosial media Grandrowosari.
Â
Selain itu, kami juga membuatkan logo Grandrowosari sebagai berikut:
Logo diatas memiliki filosofi antara lain:
1. 2 TANGAN : Melambangkan GRAND (Gerakan Rowosari Angkat Potensi Desa)
2. Warna Biru : Air Terjun dan Kekayaan Sumber Daya Alam
3. Warna Kuning : Durian
Produk unggulan yang telah dikembangkan oleh KKN UMD Kelompok 27 adalah grand coffee, keripik kopi, donat susu, T5 Sandal, dan olahan produk durian.
Grand coffee adalah bubuk kopi asli Rowosari yang diolah langsung oleh warga lokal Rowosari yakni UMKM Donat Titan
Kripik kopi adalah olahan turunan dari bubuk kopi yang diolah menjadi keripik sehingga dapat dinikmati dengan cara yang berbeda. Keripik ini diolah oleh warga lokal rowosari yakni UMKM Donat Titan
T5 Sandals adalah produk sandal kreatif yang diproduksi oleh warga lokal rowosari yang mempunyai keunikan sendiri. Sandal ini dapat menerima custom nama sehingga akan menciptakan nilai tambah dari sandal biasanya
Selain itu, kami juga turut membuat produk baru yakni kue basah dari olahan durian. Kue basah tersebut antara lain bika ambon, nogosari, dan bakpao. Kue tersebut mempunyai bahan dasar durian. Seperti yang kita ketahui bahwasanya durian adalah komoditas unggulan dari desa rowosari. Jadi melalui pengembangan produk tersebut dapat menambah nilai jual dari buah durian khas rowosari
Branding UMKM dilakukan dengan membuatkan logo, packaging produk dan label. Pembuatan logo dilakukan pendampingan kepada 3 UMKM yakni UMKM Donat Titan, T5 Sandals, dan Gun's Cake. Berikut logo dari 3 UMKM diatas:
Selain logo, kami juga turut membuatkan packaging untuk produk yang memerlukan packaging seperti grand coffee, keripik kopi dan donat susu. Pembuatan packaging ini diperlukan agar branding produk menjadi lebih baik dan hal tersebut juga menambah value dari sebuah produk.
Kemudian, kami juga membuatkan label untuk T5 Sandal. Label tersebut nantinya akan ditempel di strap sandal. Hal tersebut diperlukan agar branding produk menjadi lebih baik dan hal tersebut juga menambah value dari sebuah produk.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H