Mohon tunggu...
Qonita SifaulQolbi
Qonita SifaulQolbi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

saya adalah mahasiswa universitas jember program studi agronomi fakultas pertanian angkatan 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Grandrowosari: Program Branding Desa Guna Tingkatkan Potensi Desa Oleh Kelompok 27 KKN UMD UNEJ

30 Januari 2024   10:29 Diperbarui: 30 Januari 2024   10:49 364
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Akun Tiktok Grandrowosari https://www.tiktok.com/@grandrowosari?_t=8jMqkkVqr0U&_r=1

Branding potensi desa merupakan hal yang menjadi langkah awal dari proses pemasaran serta promosi yang dilakukan guna mengembangkan potensi desa. Oleh karena itu kelompok 27 KKN UMD Unej membantu memberikan pengarahan serta sosialisasi terkait branding potensi yang dimiliki oleh Desa Rowosari. Seiring dengan program kerja yang dimiliki oleh kelompok 27 yakni "Grandrowosari" atau Gerakan Rowosari Angkat Potensi Desa, kelompok 27 membantu melakukan branding khususnya pada branding desa dan branding UMKM desa. Branding dilakukan dengan pembuatan social media desa, produk unggulan, logo UMKM, packaging produk, dan label produk.

Branding desa dilakukan dengan pembuatan Logo Grandrowosari, sosial media desa antara lain Instagram, Tiktok, dan YouTube. Berikut akun dan link sosial media Grandrowosari.

 

Akun YouTube Grandrowosari https://youtube.com/@grandrowosari?si=sUekE6K1d5w16X1U
Akun YouTube Grandrowosari https://youtube.com/@grandrowosari?si=sUekE6K1d5w16X1U

Akun Instagram Grandrowosari
Akun Instagram Grandrowosari

Selain itu, kami juga membuatkan logo Grandrowosari sebagai berikut:

Dokumentasi Pribadi Kelompok 27
Dokumentasi Pribadi Kelompok 27

Logo diatas memiliki filosofi antara lain:

1. 2 TANGAN : Melambangkan GRAND (Gerakan Rowosari Angkat Potensi Desa)

2. Warna Biru : Air Terjun dan Kekayaan Sumber Daya Alam

3. Warna Kuning : Durian

Produk unggulan yang telah dikembangkan oleh KKN UMD Kelompok 27 adalah grand coffee, keripik kopi, donat susu, T5 Sandal, dan olahan produk durian.

Grand coffee adalah bubuk kopi asli Rowosari yang diolah langsung oleh warga lokal Rowosari yakni UMKM Donat Titan

Dokumentasi Pribadi Kelompok 27
Dokumentasi Pribadi Kelompok 27

Kripik kopi adalah olahan turunan dari bubuk kopi yang diolah menjadi keripik sehingga dapat dinikmati dengan cara yang berbeda. Keripik ini diolah oleh warga lokal rowosari yakni UMKM Donat Titan

Dokumentasi Pribadi Kelompok 27
Dokumentasi Pribadi Kelompok 27
T5 Sandals adalah produk sandal kreatif yang diproduksi oleh warga lokal rowosari yang mempunyai keunikan sendiri. Sandal ini dapat menerima custom nama sehingga akan menciptakan nilai tambah dari sandal biasanya

Dokumentasi Pribadi Kelompok 27
Dokumentasi Pribadi Kelompok 27
Selain itu, kami juga turut membuat produk baru yakni kue basah dari olahan durian. Kue basah tersebut antara lain bika ambon, nogosari, dan bakpao. Kue tersebut mempunyai bahan dasar durian. Seperti yang kita ketahui bahwasanya durian adalah komoditas unggulan dari desa rowosari. Jadi melalui pengembangan produk tersebut dapat menambah nilai jual dari buah durian khas rowosari

Dokumentasi Pribadi Kelompok 27
Dokumentasi Pribadi Kelompok 27

Branding UMKM dilakukan dengan membuatkan logo, packaging produk dan label. Pembuatan logo dilakukan pendampingan kepada 3 UMKM yakni UMKM Donat Titan, T5 Sandals, dan Gun's Cake. Berikut logo dari 3 UMKM diatas:

Logo UMKM Titan Donat
Logo UMKM Titan Donat
Logo UMKM Gun's Cake
Logo UMKM Gun's Cake
Logo UMKM Penegrajin Sandal Kreatif
Logo UMKM Penegrajin Sandal Kreatif
Selain logo, kami juga turut membuatkan packaging untuk produk yang memerlukan packaging seperti grand coffee, keripik kopi dan donat susu. Pembuatan packaging ini diperlukan agar branding produk menjadi lebih baik dan hal tersebut juga menambah value dari sebuah produk.

Desain Kemasan UMKM Titan Donat oleh Kelompok KKN UMD 27
Desain Kemasan UMKM Titan Donat oleh Kelompok KKN UMD 27
Desain Kemasan Kripik Kopi UMKM Titan Donat oleh Kelompok KKN UMD 27
Desain Kemasan Kripik Kopi UMKM Titan Donat oleh Kelompok KKN UMD 27
Desain Kemasan Bubuk Kopi UMKM Titan Donat oleh Kelompok KKN UMD 27
Desain Kemasan Bubuk Kopi UMKM Titan Donat oleh Kelompok KKN UMD 27

Kemudian, kami juga membuatkan label untuk T5 Sandal. Label tersebut nantinya akan ditempel di strap sandal. Hal tersebut diperlukan agar branding produk menjadi lebih baik dan hal tersebut juga menambah value dari sebuah produk.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun