Kampus Mengajar merupakan salah satu kebijakan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Bapak Nadhiem Makariem dengan adanya kebijakan Kampus Merdeka untuk menciptakan Merdeka Belajar. Merdeka Belajar adalah proses menggali potensi terbesar para guru dan siswa untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri. Mandiri bukan hanya mengikuti proses birokrasi pendidikan, tapi benar-benar inovasi pendidikan. Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kegiatan mengajar di sekolah dari program Kampus Merdeka yang bertujuan membantu pembelajaran di sekolah terutama untuk SD di daerah 3T, menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi, membantu adaptasi teknologi, membantu administrasi sekolah dan menjadi mitra guru dalam melakukan kreativitas dan inovasi dalam kegiatan  pembelajaran dan mengajar. Selain itu, mahasiswa Kampus Mengajar memiliki tanggung jawab dalam memperbaiki karakter siswa dan meningkatkan minat belajar siswa. Selama kegiatan kampus mengajar 3 di SD Negeri Lagadar 01 ini dapat dikatan cukup berhasil dan bermanfaat bagi pihak sekolah dalam hal literasi, numerasi, administrasi dan Adaptasi teknologi, yang dapat dilihat dari hasil-hasil rancagan kegiatan / proker yang telah dilakukan selama ini. Adapun tujuan dari keikutsertaan mahasiswa dalam program Kampus Mengajar ini merupakan sebuah proses dalam menambah relasi, menambah pengalaman di luar dunia perkuliahan, mengembangkan wawasan, karakter dan soft skills mahasiswa, mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi siswa untuk berpartisipasi dalam pembangunan, serta meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan pendidikan di Indonesia serta mengikuti motivasi program kampus mengajar yaitu belajar sambil berdampak.
Tujuan dilaksanakannya program Kampus Mengajar adalah memberdayakan mahasiswa untuk membantu proses pengajaran di Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama di sekitar desa/kota tempat tinggalnya. Secara rinci, tujuan Program Kampus Mengajar adalah sebagai berikut:
- Menanamkan empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap permasalahan kehidupan kemasyarakatan yang ada di sekitarnya
- Mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja bersama dalam lintas bidang ilmu dan ragam asal mahasiswa dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi
- Mengembangkan wawasan, karakter, dan softskill mahasiswa
- Mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan melalui pendidikan yang unggul
- Meningkatkan peran dan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional melalui bidang pendidikan
- Mendukung terwujudnya kecerdasan melalui berbagai peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan, perluasan akses, serta relevansi dalam penerapan teknologi sehingga mampu mewujudkan pendidikan kelas dunia dengan berdasar pada keterampilan kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis, dan kreatif.
SD Negeri Lagadar 01 merupakan sekolah yang beralamatkan di jalan irigasi Cikuya, Kampung Cikuya rt.005 Rw.015 Desa Lagadar Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung Kode Pos 40216, Provinsi Jawa Barat, Status Sekolah Negeri dengan Akreditasi B, NPSN 20205754 yang Kepala Sekolahnya bernama Ibu Yeti Rusiawati, S.Pd. dengan jumlah guru 12 orang (8 Orang berstatus PNS dan 4 orang berstatus non PNS) jumlah muridnya mencapai 465 (siswa laki-laki 256 orang dan siswa perempuan 209 orang), menggunakan kurikulum SD 2013, dengan ruang kelas 8 ruangan, 2 toilet dan 4 ruang kelas memiliki toilet di dalam kelas yang tidak dipakai, 2 ruang kantor 1 ruang gudang dan 1 ruang dapur). Awal pertemuan tatap muka sekitar tahun 2021 semester ganjil sekolah ini menjadi di marger dari yang asalnya 2 sekolah yakni SDN Lagadar 04 dan SDN Lagadar 01 menjadi satu sekolah yakni SDN Lagadar 01, sehingga pembagian jadwal masuk sekolah terbagi menjadi 2 rombel antara kelas A dan kelas B yang saling bergantian hari dan kelas sehingga masing-masing kelas tidak full satu minggu hadir ke sekolah karena jumlah murid yang banyak dan ruang kelas yang terbatas, untuk perpustakaan masih terletak di bagian-bagian kelas yang memiliki lahan kosong seperti di area pojok / belakang bangku paling ujung untuk menyimpan buku yang tersusun di rak buku. Sebelumnya sempat diceritakan bahwa ruang perpustakaannya terpisah tidak menyatu dengan sekolah namun lokasinya aga berjauhan dan belum beroperasi secara baik karena berada ditengah pemukiman warga yang sering kali ruangannya digunakan oleh kepentingan lain warganya. Untuk kegiatan ekstrakurikuler berfokus kepada kegiatan Pramuka yang rutin diadakan padan hari sabtu dan kegiatan mengaji bersama guru ngaji pada hari jum'at, 4 Maret 2022.
Rencana Program dan Kegiatan :
Melalui Program Kampus Merdeka Angkatan 3 ini, mahasiswa memiliki kegiatan yang menjadi tanggung jawab yaitu membantu kegiatan belajar mengajar khususnya berbasis literasi dan numerasi, membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi. Rencana Program dan Kegiatan berdasarkan hasil observasi, diskusi dengan pihak sekolah, dan DPL. Adapun penjelasan dari masing-masing kegiatan tersebut, yakni sebagai berikut.
1. Kegiatan Mengajar
- Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan oleh kelompok KM3 di SDN Lagadar 01 dalam kegiatan pembelajaran mengajar Tim kami memiliki rencana kegiatan belajar Numerasi dan Literasi selain itu pula di SDN Lagadar 01 masih memerlukan proses belajar mengajar yang menyenangkan agar peserta didik mudah dalam memahami mata pelajaran.
- Membantu guru dalam melakukan pembelajaran tatap muka di kelas.
- Membuat media pembelajaran menarik berupa alat peraga maupun berbasis teknologi
- Membawa perubahan bagi guru dan siswa dalam pembelajaran ke arah yang lebih baik.
- Memperbaiki karakter siswa
- meningkatkan minat siswa untuk belajar melalui outdoor learning, pembelajaran berbasis lingkungan, media yang telah kami buat baik bentuk fisik maupun bentuk teknologi dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang tersedia di sekolah seperti infocus dan layar proyektor.
- Kelas pojok baca bagi siswa-siswi yang belum lancar membaca dan ingin membaca buku bacaan anak, Tim kampus mengajar 3 akan menyiapkan buku literasi anak dan buku baca yang disusun rapi pada tempat rak buku yang tersedia pada ruang kelas dan membantu mendampingi siswa belajar membaca bagi yang belum lancar membaca.
2. Membantu Adaptasi Teknologi
- Observasi yang telah lakukan oleh tim KM 3 di SDN Lagadar 01, kegiatan yang direncana dalam membantu adaptasi teknologi ialah membantu menerapkan media pembelajaran dengan menggunakan teknologi seperti power point interaktif yang ditayangkan pada saat pematerian di kelas, games interaktif yang menggunakan teknologi dan ditayangkan melalui infocus, dan melakukan pelatihan & post test AKM guna mengukur pemhaman literasi dan numerasi siswa melalui teknologi. Dalam kegiatan ini diharapkan guru dan siswa dapat memahami pembelajarn menggunakan IT yang dapat dilakukan  dalam ketersediaan teknologi yang ada dan kemudahan dalam IT.
- Membantu guru dan siswa melek teknologi
- Membantu penerapan sistem pembelajaran yang berbasis teknologi. Misalnya, penggunaan power point dan games interaktif dalam pembelajaran tatap muka di kelas.
- melaksanakan AKM kelas bersama siswa kelas 5
3. Membantu Administrasi
- Kegiatan Admnistrasi ini dilakukan untuk membantu guru dalam pendataan siswa, mengolah nilai siswa, membereskan buku-buku administrasi sekolah dari periode beberapa tahun lalu hingga sekarang yang berserakan belum tersusun rapi dan tercampur dengan buku literasi siswa di ruang-ruang kelas pada rak buku dan lemari buku, pelatihan pengolahan perpustakaan sesuai klasifikasi, dan kegiatan administratif yang akan berguna untuk kepentingan semua murid dan guru, dimana guru dapat memahami kegiatan administrasi dan akan berdampak terhadap para siswa.
- Mengisi laporan pembelajaran tatap muka
- Melengkapi perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, Bahan Ajar, Materi Ajar, Media Pembelajaran, LKPD, Instrumen Evaluasi/Penilaian, dan Bahan Evaluasi Siswa
- membantu guru membuat file data siswa pada microsoft excel
- membantu operator sekolah mengupload data siswa kelas 6 untuk PPDB ke SMP sesuai zonasi.
Persiapan :
Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 3 terdiri dari kegiatan persiapan yang dilakukan mulai dari Pembekalan, Penerjunan, Observasi, dan Perencanaan Program.
Perencanaan Program
- Berdasarkan hasil observasi, diskusi dengan pihak sekolah dan DPL, dalam program kampus mengajar 3 ini dilakukan penyusunan rancangan kegiatan program diantaranya sebagai berikut :
- Mahasiswa menyusun rancangan kegiatan selama penugasan berdasarkan hasil observasi sekolah mengenai kegiatan belajar mengajar yang akan dilakukan, metode yang akan diterapkan dan model pembelajaran yang akan diterapkan, kelengkapan administrasi pembelajaran dan kegiatan adaptasi teknologi oleh mahasiswa kepada guru dan siswa
- Mahasiswa mengkonsultasikan rancangan kegiatan pada Guru Pembimbing dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
- Mahasiswa meminta persetujuan rancangan kegiatan kepada Dosen Pembimbing lapangan dan mengagendakan sharing session disetiap akhir pekannya untuk evaluasi dan saran
- meningkatkan minat siswa untuk belajar melalui outdor learning, pembelajaran berbasis lingkungan, media yang telah kami buat baik bentuk fisik maupun bentuk teknologi dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang tersedia di sekolah seperti infocus dan layar proyektor
- Mengadakan kelas pojok baca bagi siswa-siswi yang belum lancar membaca dan ingin membaca buku bacaan anak, Tim kampus mengajar 3 akan menyiapkan buku literasi anak dan buku baca yang disusun rapi pada tempat rak buku yang tersedia pada ruang kelas
- Membantu adaptasi teknologi dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi seperti power point interaktif yang ditayangkan pada saat pematerian di kelas, games interaktif yang menggunakan teknologi dan ditayangkan melalui infocus
- Melakukan pelatihan & post test AKM guna mengukur pemhaman literasi dan numerasi siswa melalui teknologi. Dalam kegiatan ini diharapkan guru dan siswa dapat memahami pembelajarn menggunakan IT yang dapat dilakukan  dalam ketersediaan teknologi yang ada dan kemudahan dalam IT
- Membantu Administrasi seperti melengkapi data siswa, perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, Bahan Ajar, Materi Ajar, Media Pembelajaran, LKPD, Instrumen Evaluasi/Penilaian, dan Bahan Evaluasi Siswa.
Pelaksanaan Program
1. Mengajar
   Dalam kegiatan belajar dan mengajar mahasiswa memfokuskan ke beberapa mata pelajaran yang akan kamu ajarkan, hususnya sesuai dengan prodi masing-masing yang berbeda dan berkolaborasi atau saling membantu pada saat mekanisme pelaksanaan di kelas baik dengan guru maupun dengan rekan mahasiswa lain seperti pada bidang tematik, bahasa inggris, PAI, Outdoor learning dengan belajar ke alam dekat sekolah, pembelajaran berbasis lingkungan, pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi maupun media alat peraga pembelajaran literasi dan numerasi. Selain itu mahasiswa juga akan membantu meningkatkan kesadaran siswa akan kebersihan dan kedisiplinan. Selanjutnya mengagendakan kelas pojok baca bagi siswa-siswi yang belum lancar membaca dan ingin membaca buku bacaan anak, Tim kampus mengajar 3 akan menyiapkan buku literasi anak dan buku baca yang disusun rapi pada tempat rak buku yang tersedia pada ruang kelas dan membantu mendampingi siswa belajar membaca bagi yang belum lancar membaca.
2. Membantu Adaptasi Teknologi
   Program selanjutnya ialah mahasiswa kampus mengajar membantu adaptasi teknologi di sekolah seperti membantu guru untuk membuat materi pembelajaran berbasis teknologi, penulis membantu membuat pengemasan materi pembelajaran melalui media vidio animasi yang penulis buat menggunakan aplikasi vidioscribe dan animaker, kemudian untuk bahan ajar interaktif saya membuat power point dengan menambahkan games interaktif didalamnya, lalu untuk pengenalan pembelajaran berbasis lingkungan penulis menggunakan games labirin untuk kelas rendah dengan menggunakan laptop, dan infokus untuk dimainkan pada papan tulis. Selain itu mahasiswa juga bertugas untuk mensosialisasikan dan melaksanakan post test AKM bersama siswa kelas 5, karena disekolah tidak tersedia komputer jadi mahasiswa memanfaatkan perangkat lain yaitu menggunakan handphone android para siswa yang memilikinya. Mahasiswa membantu proses berjalannya AKM mulai dari pemasangan server aplikasi, import dan ekspor data siswa dan file soal, serta menginput hasil post test AKM yang telah dilaksanakan.
3. Membantu Administrasi Sekolah dan Guru
   Dalam administrasi sekolah Mahasiswa membantu menata ulang buku-buku dan data administrasi guru dan sekolah yang sebelumnya tercampur dan belum tersusun rapih pada meja dan lemari di setiap kelas, kami mengelompokan buku dan berkas-berkas sekolah sesuai jenisnya dan membantu memberi sampul plastik dan label pada buku tema yang baru. Selain itu, saya juga membantu guru kelas menyediakan perangkat pembelajaran sebagai kelengkapan administrasi dalam pembelajaran yakni RPP, Bahan Ajar dan Materi Ajar, Media Pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Instrumen Evaluasi/Penilaian, serta Bahan Evaluasi pada Tema yang diajarkan. Selanjutnya kami juga melaksanakan proker dari masing-masing mahasiswa dengan mengembangkan strategi pembelajaran kreatif untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa dengan membawakan kreatifitas media pembelajaran alat peraga yang interaktif dengan siswa. Kemudian kami membantu penilaian dan pemberian skor ujian siswa yang kemudian akan diolah kembali oleh guru, membantu penyusunan dan pengemasan kertas rapor kedalam buku rapor, membantu mengupload pendataan siswa kelas 6 yang akan melaksanakan PPDB zonasi ke jenjang SMP.
Analisis Hasil Pelaksanaan Program
1. Mengajar
- Dari pelaksanaan program-program seperti kegiatan mengajar, kegiatan membantu adaptasi teknologi, dan membantu administrasi sekolah dan guru memiliki hasil yang signifikan. Hal ini terefleksi dengan baik dari terbantunya pihak sekolah dalam kegiatan pengajaran di kelas. Dengan adanya kehadiran mahasiswa Kampus Mengajar pihak sekolah terbantu dari sisi kekurangan tenaga pengajar dalam memberikan pengajaran kepada siswa secara konvensional dengan model tatap muka maupun pembelajaran daring saat bergiliran masuk sekolah karena kelas tidak full setiap hari hadir dikarenakan bergantian dengan siswa lain yang sebelumnya sekolah telah di marger sehingga murid sangat banyak sedangkan kelas sedikit dan tenaga pendidik yang kurang karena ada guru yang Purna Bhakti dan pindah tugas.
- Selain itu, dengan adanya kolaborasi mengajar bersama guru kelas, guru juga terbantu mampu mengoperasikan teknologi pembelajaran seperti pembuatan power point interaktif untuk media pembelajaran siswa. Dengan Program Kampus Mengajar ini pula mahasiswa diharapkan mampu mengasah keterampilan berpikir dalam bekerja sama antar lintas jurusan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi, program ini juga mampu mengembangkan wawasan, karakter serta soft skills mahasiswa, mahasiswa mampu untuk ikut serta mendorong dan memacu pembangunan nasional dengan kontribusi nyata perguruan tinggi dan mahasiswa dalam pembangunan nasional melalui pendidikan.
      Kegiatan program Kampus Mengajar ini telah selesai sesuai dengan rencana awal, hal ini memberikan hasil serta dampak positif bagi siswa, guru dan sekolah khususnya di SDN Lagadar 01. Adapun dampak yang dirasakan siswa yakni meningkatnya motivasi dan minat belajar siswa baik dari segi literasi maupun dari segi numerasi dengan berbagai media dan metode. Hal tersebut telah sesuai dengan ketercapaian yang termuat dalam tujuan Program Kampus Mengajar. Sedangkan dampak yang dirasakan oleh guru dan sekolah yakni dapat memudahkan dan membantu guru dalam melakukan pembelajaran baik dari segi penerapan metode, penilaian evaluasi siswa maupun media pembelajaran.
2. Membantu Adaptasi Teknologi
   Analisis hasil pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 3 dalam memandu adaptasi teknologi baik bagi siswa, guru, dan Tenaga kependidikan di SDN Lagadar 01 telah sesuai dengan ketercapaian tujuan dari Program Kampus Mengajar yakni siswa, guru dan sekolah diharapkan mampu mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar yang sesuai dengan pembelajaran yang berbasis teknologi maupun beradaptasi dengan keterbatasan dan ketersediaan teknologi yang ada di sekolah, seperti saat pelaksanaan AKM yang tetap bisa terlaksana dengan menggunakan hp. Oleh karena itu, dibutuhkan pemahaman kepada guru dan siswa tentang pentingnya teknologi pada masa sekarang ini. Dampak dirasakan dengan adanya penggunaan teknologi pada pembelajaran di kelas dapat berlangsung dengan efektif dan efisien.
3. Membantu Administrasi Sekolah dan Guru
   Analisis hasil pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 3 dalam membantu administrasi sekolah dan guru khususnya di SDN Lagadar 01 telah sesuai dengan ketercapaian tujuan yang diharapkan oleh program kampus mengajar yakni membantu administrasi sekolah seperti membantu menata ulang buku-buku dan data administrasi guru dan sekolah, mengelompokan buku dan berkas-berkas sekolah sesuai jenisnya. Selain itu, mahasiswa juga membantu administrasi guru dalam kelengkapan administrasi pembelajaran dari segi kelengkapan perangkat pembelajaran (RPP, bahan ajar dan materi ajar, media pembelajaran, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Instrumen penilaian/evaluasi dan bahan evaluasi pada Tema pembelajaran. serta dalam kegiatan penilaian tengah semester maupun penilaian akhir semester. Dampaknya dapat meringankan beban guru dan bagi mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam administrasi pembelajaran dalam mengolah perangkat pembelajaran (RPP, bahan ajar dan materi ajar, media pembelajaran, LKPD, instrumen penilaian/evaluasi dan bahan evaluasi per tema pembelajaran) serta dalam kegiatan penilaian tengah semester maupun penilaian akhir semester siswa beserta berbagai ujian akademik yang dihadapi oleh siswa kelas 6 menuju kelulusan.
Kesimpulan :
   Tujuan dari Program Kampus Mengajar diantaranya menambah empati atau kepekaan sosial terhadap permasalahan yang ada, mengasah keterampilan berpikir dan bekerjasama, mengembangkan wawasan, karakter, dan soft skill, meningkatkan peran dan kontribusi serta pengabdian mahasiswa civitas akademisi terhadap pendidikan nasional. Berbagai permasalahan yang ada di sekolah tersebut dari segi aspek pembelajaran, adaptasi teknologi dan administrasi mampu teratasi dengan baik. Pada pelaksanaan proses mengajar penulis membantu proses pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) serta menggunakan video pembelajaran dan Power Point interaktif beserta media pembelajaran alat peraga. Selain itu, penulis juga melaksanakan kegiatan peduli membaca kepada siswa untuk melatih dan menambah referensi bacaan siswa. Pada tahap adaptasi teknologi, penulis mengenalkan kepada guru tentang media pembelajaran power point dan pelaksanaan post test AKM bersama siswa kelas 5. Dalam administrasi penulis membantu dalam menyiapkan kelas pojok baca yang dijadikan sebagai tempat belajar membaca bagi siswa yang belum lancar membaca.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H