Mohon tunggu...
Putri aisahFadhilla
Putri aisahFadhilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

jurusan ekonomi syariah, IAIN Kendari

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Contoh Usaha Marketing dan Selling Serta Perbedaannya

27 Maret 2022   14:57 Diperbarui: 28 Maret 2022   11:14 2773
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Proses marketing dan selling adalah sebuah proses yang berbeda, dimana seseorang yang telah melakukan marketing sudah pasti melakukan selling. Sedangkan  orang yang melakukan selling belum tentu melakukan marketing. 

Untuk itu pada artikel ini saya akan memberikan contoh dari usaha yang melakukan proses marketing dan Usaha yang melakukan proses Selling. 

Contoh dari salah satu usaha yang melakukan proses marketing adalah Wardah.  Wardah merupakan salah satu brand kecantikan dari Indonesia,  yang mulai diperkenalkan sejak tahun 1995. Sedangkan salah satu contoh dari usaha yang melakukan proses selling adalah toko bangunan. Toko bangunan adalah toko  yang bergerak dibidang penjualan bahan-bahan material bangunan yang digunakan untuk tujuan konstruksi. 

Mengapa wardah dikategorikan kedalam marketing dan toko bangunan dikategorikan kedalam selling? 

Karena Wardah dan toko bangunan melakukan proses yang berbeda dalam usahanya. Adapun perbedaannya yaitu

1. Wardah

Wardah merupakan brand kecantikan Indonesia yang diproduksi oleh perusahaan besutan Nurhayati Subakat yaitu PT Paraghon Technology Innovation dengan tujuan menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi orang lain. Tujuan ini pernah disampaikan oleh ibu Nurhayati Subakat di Sindonews.com

Produk wardah sendiri telah mencapai lebih dari  400 jenis dari skincare hingga makeupmakeup. Harga dari produk wardah juga beragam dari belasan ribu hingga ratusan ribu. 

Dalam proses usahanya wardah banyak menggunakan strategi promosi seperti iklan di TV ataupun media sosial dan menjadikan artis sebagai brand ambassador mereka seperti Sandra Dewi dan Dinda Hauw. 

Berikut beberapa contoh promosi yang wardah lakukan dibeberapa media sosial

-instagram (https://instagram.com/wardahbeauty?utm_medium=copy_link) 

-Twitter 

(https://twitter.com/wardahbeauty?t=Ig4wxnKkz4wXvmjc4VOwBQ&s=08) 

img-20220327-134617-623ffa49274a7a26ff6a5ff2.jpg
img-20220327-134617-623ffa49274a7a26ff6a5ff2.jpg
Selain Promosi di media sosial wardah juga pernah berkolaborasi dengan beberapa desainer. Contohnya seperti tahun 2021 wardah pernah berkolaborasi dengan 2 disainer yaitu Vibi Zubaeidi dan Khanaan Shamlan dalam acara dunia Dubai Fashion Week 2021, dengan adanya kolaborasi ini membuat wardah semakin dikenal luas. 

img-20220327-142313-624002e5bb44863d5e227112.jpg
img-20220327-142313-624002e5bb44863d5e227112.jpg
img-20220327-142300-624002fabb448639136032f2.jpg
img-20220327-142300-624002fabb448639136032f2.jpg
Tak hanya kolaborasi wardah juga seringkali membuat kampanye contohnya seperti kampanye Beauty Moves You. Kampanye ini adalah gerakan untuk mengajak seluruh perempuan menjadi penggerak perubahan. 

img-20220327-142621-6240040bbb44864d643d24c3.jpg
img-20220327-142621-6240040bbb44864d643d24c3.jpg
Dari penjelasan diatas jelas sekali bahwa wardah merupakan salah satu jenis usaha yang melakukan proses marketing. 

2. Toko bangunan

Toko bangunan merupakan toko  yang bergerak dibidang penjualan bahan-bahan material bangunan yang digunakan untuk tujuan konstruksi. Toko bangunan banyak ditemui di banyak tempat, baik kota maupun desa. Toko bangunan memiliki tujuan memperoleh peluang keuntungan. 

Adapun produk yang dijual ditoko bangunan diantaranya yaitu : semen, paku, cat, thinner, triplek,  keramik, besi, pipa, dan lainnya. 

Dalam prosesnya untuk memperoleh keuntungan dengan cepat biasanya toko bangunan menggunakan metode B2B (Bussines to Bussines) yaitu bekerjasama dengan tukang yang terlibat dalam proyek pembangunan. 

Setiap toko bangunan pasti memiliki jasa pengiriman babarang menggunakan mobil, biasanya mereka memberikan biaya pengiriman tergantung seberapa jauh barang yang yang hendak dikirimnya. 

untuk promosi, tidak semua toko bangunan melakukan promosi biasanya mereka hanya mengandalkan tempat jualan mereka, dimana toko bangunan selalu berada di tempat yang dekat dengan permukiman warga. 

dari penjelasan diatas bisa dilihat bahwa toko bangunan merupakan salah satu jenis usaha selling. 

Dengan adanya penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa marketing bertujuan untuk mengenalkan prodak secara luas, sedangkan selling bertujuan untuk memperoleh keuntungan dari pembeli. 

(Artikel ini ditulis untuk memenuhi tugas mata kuliah manajemen pemasaran yang diampuh oleh Bapak Dosen Miftahur Rahman Hakim, SEI. ME) 

Disusun Oleh Kelompok 7

Nama :

Putri aisah fadhilla (19050101076) 

Dwiyana Lestari (19050101101) 

Nurliana (19050101116) 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun