Mohon tunggu...
pujaalmayah
pujaalmayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

E-Sports: Fenomena Global yang Mengubah Industri Hiburan dan Olahraga

15 Desember 2024   08:41 Diperbarui: 15 Desember 2024   08:41 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulungagung, 10 Desember 2024 --- Game online adalah permainan yang dimainkan melalui internet, baik di perangkat mobile maupun komputer. Di Indonesia, pasar game online terus berkembang pesat, dengan 46,2% pengguna berasal dari anak-anak usia 0-18 tahun . Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah unduhan game online di Indonesia mencapai 3,45 miliar , menunjukkan bahwa banyak anak yang memiliki lebih dari satu game dan berpotensi mengalami kecanduan. Dikutip dari https://muslimahnews.net/2024/01/14/26357/
https://nasional.sindonews.com/read/1392635/15/bps-catat-anak-usia-0-18-tahun-mendominasi-pasar-game-online-1717859173

Pengguna game online di Indonesia sebagian besar adalah anak-anak dan remaja. Data menunjukkan bahwa generasi muda mendominasi pasar ini, dengan banyak yang menghabiskan waktu berjam-jam setiap hari untuk bermain. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan bahwa kecanduan game dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental anak-anak, serta prestasi akademik mereka. Dikutip dari https://nasional.sindonews.com/read/1392635/15/bps-catat-anak-usia-0-18-tahun-mendominasi-pasar-game-online-1717859173
https://www.liputan6.com/bisnis/read/5435487/orang-indonesia-habiskan-rp-30-triliun-untuk-game-online-sayang-uangnya-langsung-kabur-ke-luar-negeri

Fenomena ini terjadi di seluruh Indonesia, dengan akses internet yang luas dan penggunaan ponsel pintar yang tinggi. Indonesia tercatat sebagai negara dengan pasar game online terbesar ketiga di dunia, di mana masyarakat menghabiskan rata-rata 6 jam per hari menggunakan perangkat bergerak untuk bermain game. Dikutip dari https://nasional.sindonews.com/read/1392635/15/bps-catat-anak-usia-0-18-tahun-mendominasi-pasar-game-online-1717859173

https://www.liputan6.com/bisnis/read/5435487/orang-indonesia-habiskan-rp-30-triliun-untuk-game-online-sayang-uangnya-langsung-kabur-ke-luar-negeri
Game online diminati oleh masyarakat Indonesia terlihat sejak beberapa tahun terakhir, terutama selama pandemi COVID-19. Pada tahun 2023, pengeluaran untuk game mobile di Indonesia mencapai US$0,41 miliar , meningkat dari tahun sebelumnya. Tren ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin terikat dengan aktivitas bermain game online. Dikutip dari https://muslimahnews.net/2024/01/14/26357/
https://nasional.sindonews.com/read/1392635/15/bps-catat-anak-usia-0-18-tahun-mendominasi-pasar-game-online-1717859173
https://www.rri.co.id/cek-fakta/799281/fenomena-game-online-dan-dampaknya-di-masyarakat

Maraknya game online di Indonesia telah menjadi fenomena yang tidak bisa diabaikan, terutama di kalangan anak muda dan pelajar. Menurut survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), sekitar 24,27% masyarakat Indonesia pernah bermain game online, dengan Mobile Legends menjadi yang paling popular. Dikutip dari https://goodstats.id/article/deretan-game-online-populer-2024-gNF3O

Alasan utama maraknya game online adalah kemudahan akses dan daya tarik dari gameplay yang interaktif. Game online juga menawarkan kesempatan untuk bersosialisasi dan berkompetisi secara virtual. Namun, hal ini juga membawa risiko seperti kecanduan yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan kesehatan mental pemain.

Popularitas game online ini tidak hanya terlihat dari jumlah pemainnya, tetapi juga dari waktu yang dihabiskan untuk bermain. Sebagian besar responden menghabiskan 1-3 jam per hari untuk bermain, yang menunjukkan tingkat keterlibatan yang signifikan.

Faktor- faktor yang mempengaruhi maraknya game di Indonesia adalah akses  Internet yang semakin Mudah dan Cepat. Dengan perkembangan teknologi, jaringan internet semakin luas, cepat, dan terjangkau. Hal ini memungkinkan lebih banyak orang untuk mengakses game online kapan saja dan di mana saja. Kemajuan Teknologi Gadget dan Komputer Smartphone, tablet, dan komputer gaming kini lebih canggih dan terjangkau. Grafis yang semakin realistis dan performa perangkat yang mumpuni membuat pengalaman bermain game online semakin menyenangkan.

Ada berbagai jenis game online, mulai dari battle royale, MMORPG, MOBA, hingga game kasual. Ragam pilihan ini memungkinkan setiap orang menemukan game yang sesuai dengan preferensi mereka. Banyak game online menggunakan model freemium, di mana pemain bisa bermain secara gratis, tetapi bisa membeli item atau fitur tambahan. Ini memudahkan orang mencoba game tanpa harus mengeluarkan uang di awal.

Game online sering dipromosikan melalui media sosial, streamer, atau influencer, sehingga popularitasnya semakin meningkat. Komunitas gamer yang solid juga mendorong pemain baru untuk bergabung. Banyak game online menggunakan model freemium, di mana pemain bisa bermain secara gratis, tetapi bisa membeli item atau fitur tambahan. Ini memudahkan orang mencoba game tanpa harus mengeluarkan uang di awal.

Game online sering dipromosikan melalui media sosial, streamer, atau influencer, sehingga popularitasnya semakin meningkat. Komunitas gamer yang solid juga mendorong pemain baru untuk bergabung. Game online juga memiliki elemen kompetitif dan mendukung turnamen esports. Hal ini menarik pemain yang ingin menunjukkan keterampilan mereka dan bahkan mencari penghasilan dari bermain game. Game online sering menawarkan fitur bermain bersama teman atau pemain lain dari seluruh dunia. Hal ini menciptakan elemen sosial, kompetisi, dan kolaborasi yang membuat pemain lebih betah.

Selain itu, banyak jenis game online yang banyak diminati yaitu, Mobile Legends : 78,74% responden memilihnya sebagai game favorit, Free Fire : Menjadi pilihan 8,60% responden, dan PUBG : Dikenal sebagai pionir game battle royale, dengan 3,72% responden. Dikutip dari https://panturanews.com/index.php/panturanews/baca/260194

Meskipun seringkali dianggap negatif, game online juga membawa beberapa dampak positif diantaranya yaitu pengembangan  keterampilan strateginya yang dimana  dalam permainan game memerlukan strategi dan kerja sama tim, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi. Hiburan dan Relaksasi yang dapat menjadi sarana untuk mengurangi stres dan memberikan hiburan setelah aktivitas belajar yang padat. Peningkatan Kreativitas beberapa permainan, seperti Minecraft , memungkinkan pemain untuk berimajinasi dan menciptakan dunia mereka sendiri.

Namun, dampak negatif dari maraknya game online juga tidak bisa diabaikan seperti Kecanduan, banyak pelajar yang lebih memilih bermain game daripada belajar. Kecanduan ini dapat menyebabkan gangguan dalam aktivitas sehari-hari dan mengurangi fokus pada pendidikan. Gangguan Kesehatan, Penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan penglihatan dan kurang tidur. Perilaku Sosial yang Buruk, Ketergantungan pada permainan dapat mengubah pola pikir dan gaya hidup anak-anak, membuat mereka lebih fokus pada dunia maya daripada interaksi sosial di dunia nyata. Dikutip dari https://wartaeq.com/gaming-disorder-dan-dampak-bagi-remaja/
https://suaramubalighah.com/2024/05/15/game-online-tsunami-digital-perusak-generasioleh-mutiara-aini

Kesimpulan
Maraknya game online di Indonesia mencerminkan perubahan besar dalam cara masyarakat, terutama generasi muda, menghabiskan waktu luang mereka. Sementara game online menawarkan berbagai manfaat seperti hiburan dan pengembangan keterampilan, dampak negatifnya seperti kecanduan dan gangguan kesehatan harus menjadi perhatian bagi orang tua dan pendidik. Oleh karena itu, penting untuk menemukan keseimbangan antara bermain game dan menjalani aktivitas lainnya agar dampak positifnya dapat dimaksimalkan.

penulis : Muroqobatus Puja Almaiyah dan Robitha Sayyida Tsania

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun