Mohon tunggu...
Puguh Mardiyanto
Puguh Mardiyanto Mohon Tunggu... Wiraswasta - guru

hidup itu penuh perjuangan apapun yang kita lakukan akan menjadikan pengalaman untuk diri sendiri

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice PPG dalam Jabatan Kategori 1 2022

2 Oktober 2022   21:35 Diperbarui: 2 Oktober 2022   21:43 613
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

ARTIKEL 

Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Menggunakan model Problem besed lerning (PBL)

SMP NGERI 1 DORO

30 Agustus 2022 & 13 September 2022

PUGUH MARDIYANTO, S.Pd

Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn)

UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL

PPG DALAM JABATAN KATEGORI 1 2022

Situasi 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini ?

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah yaitu:

  • Kesulitan peserta didik mencerna meteri pelajaran
  • Kurangnya minat siswa dalam dalam proses pembelajaran
  • Peserta didik kurang aktif dalam kegiatan diskusi
  • Guru belum menerapkan model pembelajaran yang bervariasi

Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang sangat besar dalam proses pembelajaran yaitu:

  • Dalam pembelajaran juga menggunakan TPACK dengan menggunakan media power point interaktif yang berupa video dan gambar menarik serta menggunakan google form dalam LKPD
  • Dalam pembelajaran sudah menggunakan pembelajaran yang bervariasi dan tidak monoton menggunakan metode ceramah tetapi adanya model PBL dimana siswa mampu melakukan diskusi kelompok, presentasi serta tanya jawab dengan peserta didik lain
  • Dalam pembelajaran sudah ada HOTS yakni dapat dilihat dari peserta didik menganalisis permasalah
  • Guru telah mampu menyusun bahan ajar, LKPD
  • Peserta didik yang telah mampu menganalisis permasalahan dari permasalahan yang dimunculkan
  • Peserta didik mampu berpikir kritis dalam diskusi memecahkan masalah tentang pelanggaran nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan

Yang menjadi peran dan tanggung jawab saya sebagai guru dalam praktik ini yaitu:

  • Mengunggah perangkat pembelajaran PPL Siklus aksi ke 1 dan ke 2 di LMS.
  • Melaksanakan PPL Siklus Aksi Ke 1 dan ke 2 berdasarkan perangkat pembelajaran ke 1 dan ke2
  • Mendokumentasikan dalam bentuk video proses pelaksanaan PPL Siklus Aksi ke1 dan ke2.
  • Mengunggah video tanpa editing (original) pada LMS.
  • Mengunggah video yang sudah di edit durasi 15 menit pada LMS.
  • Melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Tantangan 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan yaitu:

  • Kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang disajikan
  • kurang aktifnya peserta didik dalam kegiatan diskusi kelompok
  • Kurang maksimalnya dan belum terbiasanya penggunaan model pembelajaran inovatif yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran

 

Pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PPL siklus 1 dan 2 adalah guru, peserta didik, dosen dan guru pamong selaku pembimbing dan rekat sejawat

 

Aksi 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah:

  • Guru lebih memperhatikan dan membimbing saat peserta didik sedang diskusi kelompok supaya semua peserta didik bisa aktif dalam diskusi kelompok
  • Guru memberikan memotivasi dan memberikan penguatan kepada peserta didik yang belum aktif
  • Guru harus bisa menggunakan menggunakan metode dan model pembelajaran yang inovatif sehingga dapat menarik minat belajar siswa lebih aktif

Pihak yang terlibat dalam strategi ini adalah: guru, peserta didik, kepala sekolah, dosen pembimbing dan guru pamong, serta rekan sejawat.

Dalam pembelajaran diperlukan sumber daya yang memadai seperti ketersediaan laptop/komputer, LCD, serta wifi yang mencukupi.

 

Refleksi

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan adalah:

  • Dengan menggunakan media yang berbasis TPACK yang berupa PPT dan video pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar dan daya tarik siswa dalam proses pembelajaran
  • Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning membuat peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional yang selama ini sering digunakan. Hal ini terlihat dari indikator keaktifan peserta didik yang meningkat dibandingkan dengan sebelum menggunakan model PBL

 Apakah hasilnya efektif Atau tidak efektif?  Mengapa?

Hasilnya sangat efektif, karena dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan menggunakan media yang berbasis TPACK yang berupa PPT dan video pembelajaran peserta didik sangat antusias saat proses pembelajaran berlasung, mulai dari pendahuluan hingga proses pembelajaran selesai

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan

  • Peserta didik merasa senang dan antusias mengikuti pembelajaran, hal tersebut terlihat saat peserta didik dalam memperhatikan video pembelajaran dan mereka antusias dalam menanggapi video tersebut.
  • Dari teman sejawat dan Kepala Sekolah : secara keseluruhan sudah dapat mengkondisikan kelas dan terarah, peserta didik dapat terlibat aktif dan kegiatannya menyenangkan
  • Dari dosen pembimbing : Model PBL mampu meningkatkan kemampuan analisis peserta didik
  • Dari guru pamong : Dengan PBL  siswa lebih bersemangat dan tidak bosan mengikuti pembelajaran, siswa lebih termotivasi dengan model pembelajaran yang digunakan

Apa yang menjadi faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan adalah :

Penguasaan guru terhadap model dan metode pembelajaran, pengkondisian kelas, dan langkah langkah dalam pembelajaran yang telah dibuat dengan melihat kondisi yang ada disekitar

Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan

  • Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan guru tentunya dapat menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan mengembangkan model dan metode pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun