Pada bulan Agustus 2020, saya memasuki periode semester baru di perkuliahan. Sebagai mahasiswa S1 jurusan Ilmu Komunikasi, saya memilih Penulisan Naskah Digital sebagai salah satu mata kuliah pilihan di semester 5.
Harapan saya ketika memilih mata kuliah Penulisan Naskah Digital adalah untuk mengumpulkan ilmu sebanyak-banyaknya terkait praktik penulisan berbagai macam output digital writing.
Saya berekspektasi bahwa pada mata kuliah ini, pembelajaran dari aspek teori dan praktik akan diberikan secara seimbang.
Mengingat bahwa saya dan teman-teman lainnya sudah memasuki kategori “semester tua” dan harus mulai bersiap untuk terjun ke dunia kerja.
Mulai tanggal 24 Agustus 2020 hingga 8 Desember 2020, semester 5 saya telah berjalan dengan baik meskipun dengan segala keterbatasan akibat pandemi Covid-19.
Dalam kurun waktu tersebut, saya telah mendapatkan berbagai pengetahuan baru terkait digital writing.
Tidak hanya berupa pengetahuan teoritis, namun saya juga mendapatkan skill yang saya harapkan ketika memilih mata kuliah Penulisan Naskah Digital.
Serba-Serbi Penulisan Naskah Digital
Beberapa capaian pembelajaran yang saya dapatkan antara lain adalah mengenai pentingnya mempelajari penulisan naskah digital, prinsip-prinsip penulisan naskah digital, perbedaan media digital dan media analog, prinsip penulisan multiplatform, dan perbedaan SEO dan SEM serta penerapannya.
Terkait materi-materi tersebut, saya telah menuliskannya di akun Kompasiana milik saya.
Dengan menulis di Kompasiana, saya dan teman-teman mahasiswa dilatih untuk multitasking.
Ketika sudah memahami materi teoritis, kami diminta untuk menuangkan kembali apa yang telah kami pelajari lewat bentuk artikel media online. Sehingga kami tidak hanya belajar teori, tapi juga langsung melatih keterampilan penulisan kami.
Menulis secara umum adalah hal yang mudah, siapapun dapat melakukannya. Namun yang menantang adalah bagaimana cara untuk menuliskan kembali sebuah materi yang kompleks, dengan target pembaca seluruh golongan usia.
Karena itu, selama perkuliahan berlangsung saya telah berlatih menulis artikel media online sebanyak 6 kali.
Dalam setiap artikelnya saya berusaha untuk menerapkan teori yang saya dapatkan seperti perihal menerapkan SEO dan SEM pada penulisan judul artikel, penulisan lead in dan deck, pencantuman sumber pada ilustrasi yang digunakan, pemilihan diksi yang sederhana dan lugas, penyusunan kalimat yang efisien, bridging atau menyambungkan antar kalimat atau antar paragraph dengan baik, dan lain-lain.
Selain menulis artikel, saya juga belajar untuk melakukan editing pada artikel teman.
Tidak hanya belajar menulis artikel, saya juga mendapatkan keterampilan dalam membuat email dan konten marketing, menulis opini, menuliskan rilis pers, menulis surat pembaca, membuat naskah iklan visual, audio, dan video.
Saya pun sempat mengirimkan artikel opini saya yang berjudul Hoaks dan Peranan Media Online ke media online nasional, Republika.co.id
Saya juga mengirimkan surat pembaca saya mengenai Top Up Saldo GO-PAY Tidak Bertambah, Keluhan Pelanggan Di-Resolved Tanpa Penyelesaian ke media online nasional Kompas.com
Pada ujian tengah semester, saya membuat rilis pers, email marketing, serta poster iklan yang diunggah di akun media sosial Twitter milik saya mengenai Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Satu kemampuan lain yang tidak saya sangka akan didapatkan di mata kuliah ini adalah desain poster iklan. Meskipun masih menggunakan aplikasi yang sederhana, namun saya berhasil membuat poster iklan yang cukup menarik dan komunikatif.
Lalu terakhir, pada ujian akhir semester saya secara berkelompok memproduksi dua jenis iklan, yaitu Iklan Layanan Masyarakat (ILM) mengenai ajakan berhenti menyebarkan hoax serta iklan format video mengenai Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Saya mengucapkan terima kasih kepada rekan kelompok saya, atas kerja sama dan brainstorming yang menyenangkan.
Secara keseluruhan, saya merasa cukup puas dengan pengetahuan serta keterampilan yang saya dapatkan melalui mata kuliah Penulisan Naskah Digital.
Selama perkuliahan, saya mendapat banyak feedback berupa saran ataupun kritik mengenai teknik penulisan produk naskah digital yang saya buat, baik dari dosen, sesama rekan mahasiswa, ataupun dari pembaca artikel saya di Kompasiana.
Hal tersebut saya terima sebagai dorongan untuk semakin giat melatih keterampilan menulis saya. Untuk itu saya ucapkan terima kasih khususnya kepada dosen pengampu mata kuliah Penulisan Naskah Digital, Bapak Yohanes Widodo, S.Sos., M.Sc.
Keterampilan dan pengetahuan saya terkait penulisan naskah digital memang masih memiliki banyak kekurangan, namun dapat saya katakan bahwa saya puas atas capaian tersebut.
Saya telah mengikuti perkuliahan dari awal hingga akhir dengan baik, pun selalu mengerahkan kemampuan terbaik saya dalam tugas-tugas yang diberikan.
Hingga pada artikel ini diunggah, karya-karya saya di Kompasiana pun telah dibaca oleh 715 pembaca. Karena itu, saya layak mendapatkan nilai terbaik dalam mata kuliah ini.
Ilmu yang saya dapatkan dalam mata kuliah penulisan naskah digital saya yakini akan sangat berguna baik untuk perkuliahan semester-semester berikutnya, ataupun kelak ketika terjun ke dunia kerja.
Saya harap artikel ini berguna bagi siapapun yang sedang mempertimbangkan untuk mengambil mata kuliah Penulisan Naskah Digital, ataupun bagi teman-teman yang sedang mencari tahu mengenai perkuliahan jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Adapun portofolio produk mata kuliah Penulisan Naskah Digital akan saya lampirkan di bawah.
Terima kasih dan Salam Sukses.
Portofolio Produk Mata Kuliah Penulisan Naskah Digital (24 Agustus 2020 - 8 Desember 2020)
- Kompasiana
- Digital Writing di Era Digital; Jumlah Pembaca: 113
- Prinsip Dasar Penulisan Naskah Digital; Jumlah Pembaca: 134
- Memahami Perbedaan Analog dan Digital pada Media; Jumlah Pembaca: 239
- Kamu Wajib Tahu, Pedoman yang Bantu Tingkatkan Kemampuan Menulismu; Jumlah Pembaca: 110
- Cara Jitu Menambah Jumlah Viewer Website dengan Metode SEM dan SEO; Jumlah Pembaca: 95
- Kuliah Tanpa Terhalang Biaya dengan Program Beasiswa S-2 UAJY (Ujian Tengah Semester); Jumlah Pembaca: 66
- Surat Pembaca "Top Up Saldo GO-PAY Tidak Bertambah, Keluhan Pelanggan Di-Resolved Tanpa Penyelesaian"
- Dikirim ke media: Kompas.com
- Press Release "Press Release Komoidoumenoi Stand-Up Comedy World Tour 2020 Batch Yogyakarta"
- Marketing E-mail "Hadiah voucher berbelanja untuk pelanggan setia"
- Opini "Hoaks dan Peranan Media Online"
- Dikirim ke media: Republika.co.id
- Ujian Tengah Semester
- Marketing Email: Potongan Biaya Kuliah Bagi Alumni S-1 UAJY
- Press Release "Siaran Pers Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Magister Universitas Atma Jaya Yogyakarta
- Poster Iklan Media Sosial Twitter
- Ujian Akhir Semester
- Iklan Layanan Masyarakat (kelompok)
- Video Iklan Magister Ilmu Komunikasi UAJY (kelompok)
- Refleksi Mata Kuliah Penulisan Naskah Digital
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H