Mohon tunggu...
Prilly Naftalika
Prilly Naftalika Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Materi kuliah jurusan S1 PGSD

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kaidah-Kaidah Dalam Penyusunan Bahan Ajar

27 Januari 2024   23:05 Diperbarui: 27 Januari 2024   23:10 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kaidan-Kaidah Dalam Penyusunan  Bahan Ajar

Dalam penyusunan bahan ajar ini harus memperhatikan serta susuai dengan rencana kegiatan pembelajaran yang talah ditetapkan. Bahan ajar yang dibentuk harus sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai serta dalam kurikulum berbasis kompetensi hal ini bahan ajar dijadikan alat untuk mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Dalam  menyusunan bahan ajar arus sesuai dengan kaidah yang ditetapkan diantaranya  Menururt sitepu 2008, dalam menyusun naskah buku teks harus memperhatikan:

  • Isi
  • Metode yang digunakan
  • Bahasa
  • Ilustrasi
  • Unsur unsur grafika

Berikut ini penjelasan dari kaidah dalam penyusunan naskah buku teks diatas , sebagai berikut ini:

1. Isi

Dalam bagian isi buku ini berkaitan dengan semua hal yang akan dicapai atau tuntutan yang ada di dalam kurikulum seperti pada standar kompetensi atau KD yang akan dicapai serta indikator yang akan diselesaikan oleh guru terhadap pelajaran yang akan dipelajari. Dalam mencapai tujuan tersebut ataupun untuk mencapai kompetensi tersebut kita harus berpatokan atau sesuai dengan bahan ajar yang telah disusun. Dalam pembuatan atau penyusunan buku ini harus memuat materi pokok, sehingga dapat diuraikan terhadap materi-materi pendukung lainnya. Dalam mencapai kompetensi dasar yang telah dijadikan patokannya atau pedoman  ketajaman dan kedalaman materi tergantung kepada indikator yang akan dicapai bukan tergantung kepada tuntutan kurikulum. Pembahasan yang terdapat di dalam isi harus sesuai dengan pokok bahasan dan didasarkan kepada disiplin ilmu yang ada dalam. Menyusun materi yang berupa konsep. Dalam penghubungan ini harus bersifat hierarkial, procedural maupun kelompok. Adapun contohnya adalah mengunakan aplikasi yang diambilkan dari lingkungan atuapun dari kehidupan siswa. Dengan demikian hal ini dapat dijadikan isi dalam bahan ajar.

2. Metode Pembelajaran

Dalam penyusunan buku tidak hanya memperhatikan metode pembelajaran saja tetapi juga memperhatikan berbagai prinsip yang akan digunakan dalam hal tersebut sehingga memberikan kesempatan siswa dalam berperan aktif dalam pembelajaran serta memberikan pandangan bagi guru bagaimana siswa akan mampu untuk menerima bahan ajar tersebut dengan baik. Contohnya memberikan ruang kepada siswa berperan aktif yaitu siswa diberikan waktu untuk memecahkan masalah yang telah diberikan sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuannya yang sesuai dengan pokok pembahasan.

Dengan demikian siswa mampu mengembangkan kemampuannya dalam pengamatan sehingga mampu mengeluarkan idenya melalui diskusi bersama teman. Hal ini sangat bermanfaat dalam penyampaian pembelajaran karena dengan hal tersebut pembelajaran menjadi beraneka ragam. Proses pembelajaran tidak hanya berlangsung di tempat sekolah saja tetapi dapat berlangsung di sekitar lingkungan seperti pasar, perpustakaan, laboratorium, museum dan lain sebagainya. Karena pembelajaran bukan hanya materi saja tetapi kepada sikap penalaran siswa terhadap hubungan dengan lingkungan. Dalam memilih metode pembelajaran yang akan digunakan untuk pembuatan bahan ajar harus memperhatikan beberapa hal:

  • tujuan pembelajaran, tujuan ini berdasarkan kepada indikator yang akan kita pelajari setiap pertemuan
  • karakteristik peserta didik atau tingkah laku pola pikir peserta didik yang harus kita pahami
  • karakteristik bahan ajar bahan ajar seperti apa yang akan kita buat apakah media berbentuk video ataupun audio visual
  • lingkungan belajar, lingkungan belajar maksudnya yaitu suasana yang akan kita bentuk di dalam tersebut Apakah interaksi, monoton atau tidak.
  • sumber belajar, dapat kita akses melalui internet ataupun sumber belajar yang dapat kita dapatkan dalam buku yang telah diterbitkan atau telah diedarkan oleh Kementerian
  • alokasi waktu atau waktu pembelajaran yang efektif dengan hal tersebut kita dapat memastikan bahwa pembelajaran tersebut mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan berdasarkan kepada kompetensi dasar.

Hal ini sangat berpengaruh kepada efektivitas ataupun efisiensi kegiatan belajar yang akan disampaikan kepada guru dalam pembelajaran yang berlangsung sehingga dengan pemilihan metode yang tepat dapat mempengaruhi sejauh mana proses belajar yang kita libatkan itu apakah aktif kreatif Inovasi Atau menyenangkan bagi siswa dapat dilihat terhadap pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

3. Bahasa

Alat komunikasi yang biasa digunakan dalam penyusunan bahan ajar oleh guru yaitu bahasa dalam hal ini bahasa sangat diperlukan karena dengan bahasa guru dapat menyusun buku teks pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa. Dalam menyusun bahan ajar tersebut harus memperhatikan materi isi materi isi harus berurut sesuai dengan metodologi pembelajaran yang akan dipelajari serta dapat memberikan manfaat atau kelebihan kepada siswa sebagai sumber belajar kalau disajikan atau disampaikan dengan bahasa yang komunikatif atau dapat dipahami oleh siswa mudah dimengerti sehingga guru tidak terlalu sulit untuk menjelaskannya. Dalam menyusun bahan ajar guru harus memperhatikan kaidah bahasa yang digunakan baik pemilihan kata atau diksi baik dengan hal-hal lainnya seperti penyusunan kalimat yang benar serta struktur kalimat paragraf gaya bahasa dan lain sebagainya.

Adapun poin-poin penting yang harus diperhatikan oleh guru dalam menyusun bahan ajar yang lebih mendalam mengenai bahasa yaitu

  • memperhatikan kemampuan berbahasa peserta didik
  • kaidah bahasa yang akan digunakan
  • karakteristik bahan ajar yang akan dibuat
  • lingkungan sosial atau budaya setempat dalam artian lingkungan peserta didik sehingga bahan ajar yang dihasilkan dapat diuji coba sebelum diberikan kepada siswa.

4. Ilustrasi

Pada bahan ajar dilengkapi dengan ilustrasi, ilustrasi ini biasa berupa table, gambar, grafik dan lain sebagainya. Dalam membentuk sebuah ilustrasi guru harus membuat ilustrasi tersebut menjadi lebih singkat padat dan jelas. Bebrapa persoalan yang bias disampaikan dalam bentuk grafisialah permasalahan bursa, permaslahatan tentang keselamatan di jalanraya sehingga hal iini dapat dijelaskan dengan gambar. Dalam pembuatan ilustrasi ini harus mempertimbangkan beberapa hal diantaranya:

  • Kesesuaian ilustrasi dengan konsep dan materi yang di ajarkan.
  • Kererkaitan antara ilustrasi dengan materi atau konsep yang akan dijelaskan.
  • Pemilihan tema dan warna yang menarik.
  • Serta peletakan ilustrasi, ilustrasi diletakkan pada posisi yang dekat dengan konsep yang dijelaskan.

5. Grafika

Grafika merupakan suatu desain yang akan digunakan dalam bahan ajar dalam membentuk Grafika guru harus memuat semua aspek yang harus dimuat dalam grafik kata tersebut:

  • desain buku desain buku yaitu seperti apa buku yang ingin dibentuk
  • kertas dan ukuran buku yang akan kita gunakan
  • tipografi serta
  • tata letak kulit atau isi buku di dalam struktur buku.

Isi buku ini dapat memotivasi siswa dalam minat baca dan untuk mempelajarinya sehingga tanpa tidak langsung dengan hal tersebut dapat mempengaruhi pola pikir siswa. Pada umumnya grafik ini akan dipelajari oleh si perancang buku dengan demikian si perancang buku akan bekerja sama dengan penerbit serta penyusun atau juga bekerja sama dengan penerjemah buku. Grafik ini bukan hanya untuk daya tarik tapi untuk daya jual nilai semakin indah grafik semakin tertarik siswa sehingga daya jual nilainya semakin tinggi di masyarakat.

Sumber:

Educhannel. 2021. Pengertian Bahan Ajar. https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-bahan-ajar.html, diakses pada 23 Oktober 2023

Pendidikan Infoasn.id. 2022. Jenis-Jenis Bahan Ajar Dalam Kurikulum Merdeka. https://pendidikan.infoasn.id/jenis-jenis-bahan-ajar-dalam-kurikulum-merdeka/, diakses pada 23 Oktober 2023

Nurlaeli. 2017. Pengembangan Bahan Ajar. Program Pasca Sarjana UMP.

MyDiklat MY indobot. 2023. Bahan Ajar, Jenis dan Karakteristiknya. https://mydiklat.com/guru/bahan-ajar-jenis-dan-karakteristiknya/, diakses pada 23 Oktober 2023

Risma Sihotang. 2014. Mengembangkan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di SD . Jurnal Kewarganegaraan, Volume 23, Nomor 02, Nopember 2014 13. Hal. 14-21

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun