Mohon tunggu...
Yohana Krisna A S
Yohana Krisna A S Mohon Tunggu... Guru - Guru muda yang idealis

Salah satu penulis kumpulan cerpen Color of Heart (2011, Universal Nikko), Malang Dalam Aksara (2017, AnisaAE Publishing). Sarjana Keguruan, sedang mendalami Bahasa Inggris dan Dunia Anak-Anak. *Y Kriesta S*

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Curcol Empat Sekawan

23 November 2018   08:05 Diperbarui: 23 November 2018   08:46 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Tentang Adha sang juara karate yang jago Matematika.

Kami empat sekawan menamai diri ADLY alias Adha, Devi, Lucy dan Yohana. Kami dipertemukan di SMP yang sama saat MOS atau masa orientasi sampai saat ini dan dikelas yang sama selama 3 tahun berturut-turut. Awalnya mungkin karena bangku kami berdekatan sehingga perkenalan itu dengan cepat mengakrabkan kita berempat.

Aku suka banget Matematika gak cuma itu sih pokoknya pelajaran berbau menghitung. Buatku keren banget itung-itungan. Persis kehidupan. Harus tepat dalam setiap penghitungan. Kalo gak tepat, ya pasti berantakan. Ada yang harus dibagi dengan orang lain, ada yang harus dikurangi dari setiap kegiatan negatif, juga ada yang ditambah dalam semangat-semangat positif.

Aku jutek, ngeyelan alias keras kepala, karena itu aku jadi sering perang sama Yohana. Hahaha. Aku hoby olahraga dan jago karate. Sampai pernah salah satu temanku bilang aku cewek macho saking terbentuknya otot-ototku karena banyak olahraga dan latihan karate. Asal tau saja aku juara lomba karate tingkat SMP se-Kabupaten Banyuwangi selama tiga tahun berturut-turut.

Dalam persahabatan kami tak ada yang namanya kekurangan. Aku merasakan sebuah kesempurnaan dalam setiap perbedaan kami. Yohana yang cuek tapi gokil, humor-humor segarnya yang kocak dibawakan dengan gayanya yang emang asli gokil membuat perut kram karena banyak tertawa. Devi yang jaim saja bisa terpingkal-pingkal melihat gaya Yohana yang kocak habis. 

Ada juga Lucy yang tenang dalam menghadapi setiap masalah. Kami tak pernah kehabisan penasehat karena Lucy bersedia memuntahkan kata-kata bijak yang bisa menguatkan satu sama lain. Kekompakan kami begitu terasa saat kami banyak ditimpa masalah. Entah masalah sekolah, masalah dengan keluarga masing-masing maupun masalah dengan cowok yang kala itu kami sebut cintanya monyet karena kami masih SMP.

Pernah aku dan Yohana naksir satu cowok yang sama, yaitu kakak kelas satu tingkat diatas kami, namun demi persahabatan kami lebih memilih untuk jomblo saja. Pengalaman lucu menurutku, seleraku dan Yohana sama persis karena sifat kami juga sama. Sama-sama lahir dibulan April dan berzodiak Aries membuat aku dan Yohana merasa saling kenal masing-masing pribadi. Sebenarnya bukan hanya aku dan Yohana yang lahir dibulan April. Ada salah satu sahabat bernama Lucy yang juga lahir dibulan April. 

Tapi sungguh perangainya berbeda dariku dan Yohana. Dia anak yang kalem, meskipun juga keras kepala, tapi setiap dia marah tak akan lama, sejam kemudian sudah baik-baik saja. Mungkin diantara kami berempat hanya Devi yang lahir dibulan yang berbeda. Tapi itulah persahabatan, perbedaan pun akan terasa sangat menyenangkan jika cinta dan rasa saling menjaga melandasi semua itu.

___

Tentang Devi penari yang jago IPS

Aku pendiam, bukan tanpa alasan, tapi aku takut menyakiti hati orang lain dengan ucapan. Kata orang yang baru kenal aku, pasti aku dianggap sombong. Fuuuah. Padahal bukan itu, aku takut memulai sebuah perkenalan. Tapi sejak aku mengenal Yohana yang menyapaku saat aku masuk kelas 7A, aku jadi berani untuk menyapa orang lain. Pembawaan Yohana yang supel, ramah dan baik membuatku ingin seperti dia. Dia juga yang membuatku punya pandangan tentang sebuah arti kehidupan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun