PENTINGNYA PEMBELAJARAN PANCASILA UNTUK GENERASI MILENIAL DAN GEN Z
Penulis 1: Prayudya Nur Sya’ban, NIM: 2408412, prayudyanur.s26@upi.edu
Penulis 2: Dr. Dinie Anggraeni Dewi, M.Pd. M.H.
Abstrak
Pendidikan Pancasila memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan identitas bangsa Indonesia, terutama di kalangan generasi Milenial dan gen Z yang tumbuh di era globalisasi dan digitalisasi. Kedua generasi ini menghadapi tantangan besar dalam menjaga nilai-nilai kebangsaan dan memahami pentingnya persatuan di tengah perbedaan. Artikel ini membahas urgensi pembelajaran Pancasila sebagai dasar pembentukan sikap nasionalisme, toleransi, dan rasa cinta tanah air pada generasi muda. Melalui kurikulum yang relevan dan metode yang inovatif, pendidikan Pancasila dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang Pancasila sebagai ideologi negara, sekaligus memperkuat jati diri bangsa Indonesia. Dalam konteks ini, pendidikan Pancasila tidak hanya berfungsi sebagai mata pelajaran formal, tetapi juga sebagai alat untuk memperkuat integrasi sosial dan budaya, serta menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks.
Kata kunci: Pendidikan Pancasila, Gen Z, Generasi Muda.
Abstract
Pancasila education has a very important role in shaping the character and identity of the Indonesian nation, especially among the Millennial and gen Z generations who grew up in the era of globalization and digitalization. These two generations face big challenges in maintaining national values and understanding the importance of unity amidst differences. This article discusses the urgency of learning Pancasila as a basis for forming attitudes of nationalism, tolerance and love of the country in the younger generation. Through a relevant curriculum and innovative methods, Pancasila education can provide a deep understanding of Pancasila as a state ideology, while strengthening the identity of the Indonesian nation. In this context, Pancasila education not only functions as a formal subject, but also as a tool to strengthen social and cultural integration, and face the challenges of increasingly complex times.
Keywords: Pancasila Education, Gen Z, Young Generation.
PENDAHULUAN
Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi yang mendasari kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Sebagai pedoman hidup bangsa, Pancasila mengajarkan nilai-nilai luhur seperti gotong royong, toleransi, keadilan sosial, serta persatuan dalam keberagaman. Namun, dalam era digital dan globalisasi yang semakin berkembang, generasi Milenial dan Z menghadapi tantangan besar dalam mempertahankan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Pancasila. Terpapar oleh berbagai budaya luar yang masuk melalui teknologi informasi, generasi muda sering kali mengalami pergeseran dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
Oleh karena itu, pembelajaran Pancasila menjadi sangat penting bagi generasi Milenial dan Z. Pendidikan Pancasila tidak hanya sekedar mata pelajaran di sekolah, melainkan sebuah upaya strategis untuk menanamkan kesadaran kebangsaan dan membentuk karakter yang sesuai dengan nilai-nilai dasar negara. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang Pancasila, generasi muda diharapkan dapat menghadapi tantangan global dengan tetap menjaga jati diri bangsa dan memperkuat persatuan. Pembelajaran Pancasila yang kreatif dan relevan dengan perkembangan zaman akan sangat berpengaruh dalam memperkuat rasa cinta tanah air dan semangat kebangsaan di kalangan generasi Milenial dan Z.
Melalui pendidikan yang tepat, Pancasila dapat terus menjadi landasan bagi generasi muda untuk bertindak bijaksana, menjaga keharmonisan sosial, serta berkontribusi dalam membangun masa depan bangsa yang lebih baik.
METODE PENELITIAN
      Artikel ini menggunakan pendekatan studi telaah pustaka, yang mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber literatur, seperti buku, artikel jurnal, dan laporan penelitian yang relevan. Objek pada penelitian ini adalah para generasi muda terutama generasi milenial dan gen z yang belum menyadari betapa pentingnya pembelajaran pancasila. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menyampaikan informasi kepada para generasi muda tentang pentingnya pembelajaran pancasila untuk masa kini dan masa depan sebagai landasan nasionalisme dan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bela negara pada diri generasi muda.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Pendidikan Pancasila memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakter bangsa, terutama bagi generasi Milenial dan Z yang menghadapi tantangan besar di era digital dan globalisasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan melalui studi literatur, wawancara dengan sejumlah narasumber, serta observasi terhadap praktik pembelajaran Pancasila di sekolah-sekolah, beberapa temuan penting dapat disimpulkan.
1. Pemahaman Generasi Milenial dan Z terhadap Pancasila
Hasil wawancara dengan beberapa siswa dan guru menunjukkan bahwa pemahaman terhadap Pancasila di kalangan generasi Milenial dan Z cenderung kurang mendalam. Banyak siswa yang menganggap Pancasila sebagai pelajaran formal yang hanya diajarkan di sekolah tanpa menyadari bahwa nilai-nilai Pancasila seharusnya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menunjukkan perlunya pendekatan yang lebih menarik dan relevan agar generasi muda dapat lebih mudah memahami dan mengaplikasikan Pancasila dalam konteks kehidupan mereka.
2. Tantangan dalam Pembelajaran Pancasila
Salah satu tantangan utama yang ditemukan dalam penelitian ini adalah perbedaan pola pikir antara generasi muda dengan nilai-nilai tradisional yang diajarkan dalam Pancasila. Generasi Milenial dan Z yang lebih terhubung dengan dunia digital seringkali terpapar pada informasi yang tidak selalu mencerminkan nilai-nilai kebangsaan dan persatuan. Dalam kondisi ini, pembelajaran Pancasila harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi, seperti melalui platform digital, media sosial, atau pembelajaran berbasis aplikasi, yang lebih dekat dengan gaya hidup generasi muda.
3. Pentingnya Pembelajaran Pancasila untuk Membentuk Karakter Bangsa
Pembelajaran Pancasila memiliki peran strategis dalam membentuk karakter generasi muda yang menghargai perbedaan, mengedepankan gotong royong, dan menjunjung tinggi keadilan sosial. Dengan memahami Pancasila, generasi Milenial dan Z diharapkan bisa lebih menghargai keberagaman dan mengedepankan toleransi. Hal ini juga dapat memperkuat rasa nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air. Pancasila, jika diterapkan dengan baik, akan membantu mengurangi konflik sosial dan memperkuat integrasi bangsa, terutama di tengah perbedaan yang ada.
4. Pendekatan yang Relevan untuk Meningkatkan Pemahaman Pancasila
Berdasarkan hasil observasi terhadap praktik pembelajaran Pancasila di beberapa sekolah, ditemukan bahwa pendekatan yang lebih interaktif dan aplikatif dapat meningkatkan pemahaman siswa. Pembelajaran yang melibatkan diskusi, studi kasus, dan penguatan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan sosial yang berlandaskan Pancasila dapat menjadi solusi efektif. Pembelajaran Pancasila tidak hanya dilakukan di ruang kelas, tetapi juga harus terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari siswa di lingkungan sekolah dan masyarakat.
Dengan mengadopsi pendekatan yang relevan dan memanfaatkan teknologi, pendidikan Pancasila dapat lebih menarik bagi generasi Milenial dan Z. Hal ini akan memastikan bahwa Pancasila tetap menjadi pedoman hidup yang kuat, yang membentuk karakter dan rasa nasionalisme generasi muda, serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
SIMPULAN
Pendidikan Pancasila sangat penting untuk membentuk karakter dan identitas bangsa, khususnya bagi generasi Milenial dan Z yang hidup di era digital dan globalisasi. Generasi muda saat ini menghadapi tantangan besar dalam mempertahankan nilai-nilai Pancasila karena terpapar dengan berbagai budaya asing yang sering kali bertentangan dengan nilai kebangsaan. Oleh karena itu, pembelajaran Pancasila harus dilakukan dengan cara yang relevan, menarik, dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran Pancasila sudah ada di sekolah, banyak generasi muda yang belum sepenuhnya memahami makna dan pentingnya nilai-nilai Pancasila. Untuk itu, perlu ada pendekatan baru dalam mengajarkan Pancasila, seperti memanfaatkan teknologi dan metode pembelajaran yang lebih interaktif. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang Pancasila, generasi Milenial dan Z dapat lebih menghargai perbedaan, menjaga persatuan, dan berkontribusi dalam membangun masa depan bangsa yang lebih baik.
Pentingnya pendidikan Pancasila bagi generasi muda tidak hanya untuk mengajarkan tentang sejarah atau teori, tetapi untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air yang kuat. Dengan pendekatan yang tepat, Pancasila dapat tetap relevan dan menjadi pedoman hidup bagi generasi Milenial dan Z dalam menghadapi tantangan zaman.
DAFTAR PUSTAKA
Jujun S. Suriasumantri. (1997). Filsafat Pancasila: Dari Konsep Ke Aksi. Jakarta: LP3ES.
Soekarno, Ir. (2005). Pancasila Dasar Negara. Jakarta: Penerbit Merdeka.
Setiawan, Agus. (2020). Pendidikan Pancasila di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dewi, Marissa. (2021). Pentingnya Pembelajaran Pancasila dalam Membangun Karakter Bangsa. Jakarta: Media Pustaka.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022). Panduan Pendidikan Pancasila untuk Generasi Milenial dan Z. Jakarta: Kemdikbud RI.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H