Nama   : Muhamad Ari Abdul BassyrÂ
Nim    : 181011200347
Mata Kuliah EDP Audit Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
ariabdulbassyr99@gmail.com
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendalami bagaimana implementasi sistem COBIT bekerja dalam skala kecil di salah satu platform e-commerce Lazada. Riset dilakukan berdasarkan pengguna situs web atau aplikasi Lazada itu sendiri untuk memberikan analitik deskriptif dan memungkinkan akuntabilitas.Â
 Kata Kunci : Analisis COBIT, Analisis Deskriptif, E-Commerce, Lazada
1. PendahuluanÂ
dapat didefinisikan. Keputusan mendukung pengambilan keputusan dan manajemen dalam suatu organisasi. Manajer dan karyawan menganalisis masalah dan menjelaskan masalah yang kompleks. Fakta dan jumlah produk baru yang mendukung terciptanya. COBITÂ
 menyediakan tur domain dan kerangka kerja yang menggambarkan aktivitas TI dalam struktur dan proses yang disesuaikan. Gambaran kerangka kerja COBIT ditunjukkan pada diagram di bawah ini.Â
 Dengan kata lain, COBIT dapat memiliki kerangka pedoman (guidelines) dari beberapa arah. Selain itu, implementasi visi strategis harus direncanakan, dikomunikasikan dan dikelola, dengan mempertimbangkan perspektif yang berbeda. Ini pada akhirnya menciptakan organisasi dan infrastruktur teknis yang unggul. Proses yang dilakukan di area ini adalah:Â
 1. Persiapan perencanaan strategis TIÂ
 2. Persiapan sistem informasiÂ
 3. Keputusan kebijakan teknisÂ
 4. Membangun Hubungan dan Organisasi TIÂ
 5. Mengelola Investasi TIÂ
 6. Mengkomunikasikan Arah dan Tujuan BisnisÂ
 7. Mengelola Sumber Daya ManusiaÂ
 8. Memastikan Persyaratan Eksternal TerpenuhiÂ
 9. PENILAIAN RISIKOÂ
 10. MANAJEMEN PROYEKÂ
 11. MANAJEMEN KUALITASÂ
 1.1 PENGADAAN DAN IMPLEMENTASIÂ
 Implementasi strategi TI mencakup identifikasi, pengembangan atau pengadaan solusi TI, implementasi dan integrasinya ke dalam proses bisnis. Selain itu, modifikasi dan pemeliharaan sistem yang ada harus tercakup dalam area ini untuk mempertahankan siklus hidup sistem ini. Berikut langkah-langkah untuk domain ini:Â
 1. Identifikasi Solusi OtomasiÂ
 2. Akuisisi dan Pemeliharaan Perangkat Lunak AplikasiÂ
 3. Pengembangan dan Pemeliharaan ProsedurÂ
4. Instalasi dan Persetujuan SistemÂ
 5. Manajemen PerubahanÂ
 1.2 Penerapan dan DukunganÂ
Domain ini mencakup area seperti operasi dan hasil aplikasi pada sistem TI dan proses pendukung yang memungkinkan sistem TI ini beroperasi secara efektif dan efisien. Proses dukungan ini mencakup masalah dan masalah keamanan, serta pelatihan. Proses yang terjadi di area ini adalah:Â
1. Penetapan dan pengendalian tahapan pelayaran
2. Mengelola Layanan untuk Pihak Ketiga
3. Mengelola Kinerja dan Kapasitas
4. Memastikan Kontinuitas Layanan
5. Memastikan Keamanan SistemÂ
 6. Mengidentifikasi Atribut BiayaÂ
 7. Pelatihan PenggunaÂ
 8. Layanan Pelanggan TIÂ
 9. Manajemen Konfigurasi/PeringatanÂ
 10. Manajemen Masalah dan InsidenÂ
 11. Manajemen DataÂ
 12. Manajemen FasilitasÂ
 13. Manajemen OperasiÂ
 1.3 Pemantauan dan EvaluasiÂ
 Semua proses TI harus dievaluasi secara berkala untuk menjaga kualitas dan memenuhi persyaratan manajemen. Area ini berkaitan dengan kebutuhan untuk memantau proses pengendalian dalam suatu organisasi dan kebutuhan akan penilaian independen yang dilakukan oleh auditor internal dan eksternal atau diperoleh dari sumber alternatif lain. Proses yang terjadi di area ini adalah:Â
 1. Pemantauan prosesÂ
 2. Evaluasi kecukupan pengendalian internalÂ
 3. Memperoleh Independent EndorsementÂ
 Lazada, perusahaan yang bergerak di bidang jasa jual beli online dan retail e-commerce, lahir dari pengembangan Rocket Internet, perusahaan inkubator teknologi Internet Jerman. Dan Rocket Internet, yang berkantor pusat di Berlin, Jerman, telah berhasil membangun perusahaan yang inovatif dan kreatif di seluruh dunia. Proyek Rocket Internet lainnya di Indonesia antara lain zalora, foodpanda dan traveloka. Rocket Internet banyak membantu kami di tahap awal pengembangan, mulai dari merekrut pakar hingga mendanai dan mengimplementasikan platform teknologi. Namun, setelah Lazada merdeka, Rocket Internet tidak lagi terlibat dalam kegiatan operasionalnya. Rocket Internet sekarang jauh lebih terlibat dalam investasi dan penggalangan dana.Â
 Tujuan Perusahaan adalah menjadi salah satu toko online terbaik dan terpenting di Indonesia, memberikan layanan terbaik kepada konsumen, menginspirasi belanja dan menjadi yang terdepan dalam pemilihan produk online. Pengalaman Orang-orang yang bekerja di perusahaan ini memiliki jiwa kewirausahaan karena mereka berasal dari sekolah bisnis dan perusahaan terbaik di seluruh dunia. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi bahwa kualitas terjamin dalam pemberian pelayanan kepada konsumen. Berikan pengalaman berbelanja dan konsumen saat memilih produk secara online.Â
 2. Diskusi/PembahasanÂ
 Rencana dan OrganisasiÂ
 Untuk membahas rencana dan organisasi e-commerce Lazada, kita perlu mengetahui visi dan misi Lazada.Â
 • Visi Menjadi tujuan belanja online terpercaya yang memberikan kualitas dan pelayanan terbaik kepada konsumen.Â
 • Misi Memenuhi segala kebutuhan baik pembeli, mulai dari pemesanan sampai pengiriman barang ke lokasi pembeli.Â
 Selain mewujudkan visi dan misi, TI harus mendukung penuh Lazada dalam mencapai tujuan bisnisnya.Â
 2.1 Rencana Strategis TI AdapunÂ
 perusahaan,Â
 Lazada mengandalkan teknologi (Internet) untuk berbisnis. Lazada menggunakan internet untuk memiliki website yang digunakan untuk memasarkan produk yang dijual. Situs web Lazada adalah https://www.lazada.co.id/. Website ini juga menerima pesanan dari konsumen yang berminat. Website/situs ini juga memuat informasi tentang Lazada.Â
 Implikasi penggunaan website/situs IT di Lazada adalah:Â
 • Pangsa Pasar yang LuasÂ
 Dengan situs web Internet yang paling luas dan tidak terbatas, siapa pun dapat mengakses Internet kapan saja, di mana saja, dan dari jarak jauh. daerah. Anda dapat melanjutkan bisnis Anda dengan satu klik meskipun perusahaan yang diakuisisi berada di luar negeri.Â
 Analisis Deskriptif: Analisis kami pada poin ini menunjukkan bahwa pengguna aplikasi Lazada juga merasakan jangkauan internet dan kemudahan mengunduh aplikasi serta kemudahan penggunaan fitur saat berbelanja di Lazada karena sudah benar. , mulai dari ragam produk yang ditawarkan, ragam metode pembayaran, hingga ragam jasa pengiriman. Semua bisa mencapai jangkauan pasar yang lebih luas bahkan menjangkau setiap penjuru dunia. Namun, penting juga untuk dicatat bahwa tidak semua penjuru dunia, termasuk Jepang, dilengkapi dengan fasilitas internet dan smartphone, dan survei menggunakan data statistik menunjukkan bahwa banyak orang mungkin masih belum menggunakannya. Seiring berkembangnya bidang, kita akan dapat menggunakan Internet, situs web, dan ponsel cerdas dengan tepat.
• Biaya produksi yang lebih rendahÂ
 Biaya operasional Lazada secara otomatis berkurang karena tidak diperlukan transaksi pribadi. Misalnya, Anda tidak perlu membayar angkutan umum untuk mengunjungi pasar.Â
 Analisis Deskriptif: Menurut analisis kami saat ini, membuat pengecer/toko online di platform Lazada pada dasarnya secara tidak langsung bergantung pada menjalankan bisnis Anda sendiri. tepat. Saya merancang semua proses bisnis. Ini berarti Anda dapat menjalankan bisnis yang  tidak memerlukan bisnis offline, dan semua biaya operasional  dapat dikurangi secara signifikan atau lebih efisien secara signifikan. Di sisi lain, ada juga komisi yang biasanya tidak dibayarkan di toko batu bata dan mortir. Beriklanlah agar lebih banyak orang dapat melihatnya.Â
 • Penggunaan waktu yang efisienÂ
 Misalnya, website menghemat waktu dengan tidak harus mengunjungi pelanggan yang sedang membeli produk di pasar.Â
 Analisis Deskriptif: Menurut analisis di sini, kehadiran Lazada sebagai platform e-commerce di Indonesia menguntungkan  terutama segmen kecil hingga besar dan berbagai jenis pelanggan esensial. Efisiensi terbukti dalam proses pengiriman produk. Ketika pelanggan yang sibuk mengunjungi toko offline kami secara langsung, kami dapat memprediksi dari jarak jauh di mana mereka ingin berbelanja, sehingga tidak perlu mengunjungi toko offline kami secara langsung, dan kami hanya bekerja sama dengan pengecer online yang tersedia di Lazada. Platform, barang  sampai di alamat tujuan melalui jasa pengirimanÂ
 b. Tentang PenggunaÂ
 • Website yang User-FriendlyÂ
 Konsumen terkadang kesulitan untuk berbelanja di toko online karena website yang membingungkan, namun website Lazada memiliki tampilan yang sangat menarik dan sangat user-friendly Dengan navigasi yang  jelas di , konsumen dapat dengan mudah berbelanja di Lazada belanja. Selain itu, Lazada juga menampilkan produk-produk unggulan (highlight), sehingga memudahkan konsumen menemukan produk mana yang laris dan mana yang direkomendasikan.Â
 Analisis Deskriptif: Setelah menganalisis poin ini, kami menemukan bahwa kami, pengguna platform Lazada, benar, aplikasinya lebih ramah pengguna, lebih mudah dipahami, dan penjelasan berbagai poin sangat jelas. Selain itu, kami telah mengklarifikasi tanggal pengiriman dan telah menyiapkan berbagai pilihan sesuai dengan keinginan pelanggan. Selain itu, ada banyak metode  dan menu pembayaran, sehingga Anda dapat menggunakannya dengan percaya diri. Poin-poin ini saya rasakan tentang kemudahan dan kenyamanan aplikasi Lazada. Namun, minat dan pemahaman pelanggan tentang teknologi memiliki dampak terbesar.Â
 • Website Stabil Menjalankan bisnis online membutuhkan website yang stabil untuk mendukung aktivitas pembeli.Â
 Analisis Deskriptif: Analisis  di sini menunjukkan bahwa sebagai pengguna platform Lazada, Anda menyediakan situs web atau aplikasi dengan kualitas yang konsisten dan  mengalami sangat sedikit kesalahan atau hang saat menggunakan situs web atau aplikasi. Situs web dan aplikasi yang bekerja untuk Anda dapat memengaruhi Anda minat  menggunakan dan berbelanja di platform Lazada. Belum, tapi sejauh ini kualitas internet di Indonesia jauh lebih baik daripada di pelosok.ware: komputer sebagai server. Komputer untuk kantor dan pegawai.Â
 Analisa Deskriptif : Menurut analisa kami atas point ini bahwa perusahaan penggerak platform Lazada ini memang memanfaatkan faisilat komputer sebagai server juga sebagai sarana bagi kantor dan pegawai. Yang mana komputer ini sendiri di gunakan oleh para pegawai sebagai busat menitoring dan kontrol pada sistem aplikasi Lazada itu sendiri, agar senantiasa para pengguna dapat menggunakan selalu aplikasi Lazada itu sendiri dan tidak ada kendal apapun setiap saat.Â
2.2 Acqusition and Implementation
Penerapan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi yang Ada Di Lazada
Aplikasi dan penggunaan teknologi informasi dan sistem informasi yang tersedia di LazadaÂ
 • Hardware: Komputer sebagai server. Komputer untuk kantor dan karyawan.Â
 Analisis Deskriptif: Analisis kami dalam hal ini menunjukkan bahwa operator platform Lazada menggunakan fasilitas komputer sebagai server, serta fasilitas kantor dan staf. Komputer sendiri digunakan oleh karyawan sebagai pusat monitoring dan kontrol dari sistem aplikasi Lazada itu sendiri, sehingga pengguna selalu dapat menggunakan aplikasi Lazada sendiri dan tidak memiliki kontrol sewaktu-waktu.
 • Software: Merupakan software yang digunakan untuk membuat Lazada, digunakan untuk Eksekutif dan Manager, Penjual dan pembeli, dalam kasus ini merupakan Aplikasi Web dan Mobile Apps dari Lazada sendiri, Aplikasi Android/IOS untuk kelas manager dan eksekutif, aplikasi standar untuk penjual dan pembeli.Â
 Analisa Deskriptif : Menurut analisa kami atas point ini bahwa perusahaan penggerak platform Lazada sudah jelas memperhatikan bagimana software itu berjalan bagi masing masing pengguna, dibuktikan dengan sangat mudah nya akses pagi website dan aplikasi Lazada itu sendiri yang mana mampu di buka dengan berbagai platform sebsite yang tersedia juga sangat mudah di unduh di berbagai jenis atau tingkatan dari sistem andrioid dan IOS.Â
 • Proses: Biasanya ditemukan di database bank dan perusahaan, muncul dalam bentuk operasi dan transaksi di awal dan akhir database. Misalnya, proses pembayaran, proses pengiriman produk, proses entri data, dll. Meminimalkan kesalahan pelanggan/pengguna dalam proses aplikasi Lazada. Contoh proses Lazada  sendiri yang sedang berlangsung ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Karenanya Lazada tidak hanya mengelola layanan untuk pelanggan dan konsumen yang ingin berbelanja di platform ini, tetapi juga membangun hubungan dengan pemasok, pedagang, penyedia layanan pengiriman, berbagai penyedia metode pembayaran, dan investor. . Kami memastikan bahwa tidak hanya kenyamanan pelanggan kami, tetapi juga pihak lain yang ingin berpartisipasi dalam promosi dan memanjakan pelanggan kami di platform Lazada dikelola dengan  baik oleh Lazada.Â
• Pengelolaan Layanan untuk Pihak LainÂ
 Analisis Deskriptif: Menurut analisis Anda sebagai pengguna, platform Lazada mengelola layanan untuk pihak lain. Karena itu Lazada tidak hanya mengelola layanan bagi pelanggan dan konsumen yang ingin berbelanja di platform ini, tetapi juga membangun hubungan dengan pemasok, merchant, penyedia jasa pengiriman, berbagai penyedia metode pembayaran, dan investor.  tetapi juga pihak lain yang ingin berpartisipasi dalam promosi dan memanjakan pelanggan kami di platform Lazada dikelola dengan  baik oleh Lazada.
 • Memastikan Keamanan SistemÂ
 Analisis Deskriptif: Berdasarkan analisis saya sebagai pengguna platform Lazada, Lazada sangat memperhatikan sistem keamanan data pelanggannya. Beri pelanggan Anda keamanan di sekitar akun mereka, dimulai dengan mengakses situs web atau aplikasi Anda dengan nama pengguna dan kata sandi. Hal lain yang dilakukan Lazada adalah membuat sistem konfigurasi sebagai langkah menghindari kegagalan sistem. Semua transaksi yang dilakukan pada sistem dapat mengeluarkan peringatan bahwa pelanggan/pengguna harus memverifikasi keakuratan akunnya. Konfirmasi Masukkan PIN atau konfirmasi akun untuk setiap metode pembayaran yang dipilih pelanggan Anda.Â
 • Menangani Masalah dan InsidenÂ
 Analisis Deskriptif: Berdasarkan analisis kami sebagai pengguna platform Lazada, Lazada berperan aktif dalam hal ini dengan permasalahan yang diangkat oleh pelanggan kami. Lazada sendiri menyediakan layanan atau menu bantuan kepada pelanggan/pengguna aplikasi lazada ini. Kami telah mempermudah Anda untuk melaporkan masalah di pusat bantuan ini.Â
Â
Daftar Pustaka
Muklis, Tugas 1 – 886755 3, Fasilitas Audit Sistem Informasi Lazada Rossa Cahyaningsih, Muhammad Risyad, Erlika Putri Abadi, Alvin Christian
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H