Mohon tunggu...
Posma Siahaan
Posma Siahaan Mohon Tunggu... Dokter - Science and art

Bapaknya Matius Siahaan, Markus Siahaan dan Lukas Siahaan. Novel onlineku ada di https://posmasiahaan.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Jangan Buat Diagnosis Gastritis Kronis, Dok. Nanti Asuransi 'Swasta' Saya Tidak Cair....

24 Januari 2015   13:29 Diperbarui: 17 Juni 2015   12:28 677
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_392974" align="aligncenter" width="600" caption="Foto:Kompas.com"][/caption]

"Dok, saya minta rawat inap..."Kata ibu-ibu usia menjelang 50 tahunan di poliklinik. Sekilas dia hanya mengeluh sering kembung saat bangun pagi hari dan pusing-pusing. Sesekali buang air besarnya lebih dari 3 hari sekali dan cair.

"Indikasi rawatnya tidak jelas, bu. Lagian kelas dua yang 'jatahnya' ibu sudah penuh."Jawab saya.

Si ibu ini di kantornya ada tanggungan biaya kesehatan sejumlah tertentu yang kalau tidak dipakai tahun itu maka akan 'hangus'. Padahal tahun berikutnya, kantor mereka sudah ikut BPJS di bulan Maret, jadi tidak memakai 'jatah' tahunan biasa lagi.

"Saya naik ke kelas satu juga tidak apa-apa,dok. Biar selisih bayar, yang penting 'jatah' asuransi kantor saya terpakai, kalau rawat jalan saya tidak bisa melakukan pemeriksaan yang menyeluruh." Si ibu ini ingin diperiksa lengkap semua kondisi kimiawi darahnya, fungsi ginjal, fungsi hati, CT-scan ini-itu, ronsen dan USG dan kalau perlu endoskopi.

Karena ini mirip 'general medical check up' yang dilakukan di negra-negara tetangga yang dirawat 1-3 hari walaupun tidak sakit, saya pun setuju saja dilakukan.

"Baiklah, saya buat saja 'general check up',ya."Kata saya.

"Jangan,dok. Kalau hanya 'general check up', kantor saya tidak mau kasih ganti rawat inap, harus ada penyakitnya."

"Kalau begitu, saya buat diagnosis gastritis kronis saja,ya. Karena yang saya temukan hanya itu."Jawabku.

"Waduh, jangan buat diagnosis awal itu juga dok. Saya ada asuransi 'swasta' juga. Yang sehari rawat jatahnya 1 juta. Bulan depan akan 'hangus' kalau tidak dipakai. Buat diagnosis lain yang lebih berat, supaya saya bisa dirawat 7 hari."Katanya seperti memohon.

Nah,lho. Ketahuan!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun