Mulanya pemahaman kita mengenai pembagian kerja seksual adalah abstrak. Namun demikikan kita punya beberapa ide tentang bagaimana cara pembagian kerja seksual tersebut  membentuk kehidupan orang-orang, bagaimana ia direproduksi hari-demi hari melalui relasi-relasi didalam kerja, dan kontradiksi-kontradiksi yang terlibat di dalam proses ini.
Apa yang paling mencolok adalah kerasnya penyangkalan atas pembagian kerja seksual. Setiap orang 'tahu'bahwa mengoperasikan komputer adalah netral dan bahwa laki dan pekerja laki-laki dan perempuan bekerja berdampingan.
Namun bahkan hampir dalam nafas yang sama orang-orang akan mengatakan adalah 'alamiah' bagi laki-laki dan perempuan melakukan beberapa pekerjaan dan perempuan melakukan pekerjaan-pekerjaan lainnya.
Juga ada suatu pandangan ortodoksi yang berkembang bahwa pembagian kerja seksual sedang mengalami kegagalan.; bahwa perempuan mempunyai 'bayaran yang setara' dan 'kesetaraan kesempatan' dan bahwa laki-laki membantu pekerjaan rumah tangga. Sementara pembagian kerja seksual secara konstan sedang berubah yang sedang memperlihatkan sebuah daya pegas (per).
Pembagian kerja seksual memang berdaya pegas(per), tapi bukan berarti takbisa digoyah atau bukan tanpa kontradiksi. Perubahan-perubahan dalam teknologi dan proses kerja menyebabkan perubahan-perubahan di dalam pembagian kerja seksual, pada poin inilah yang basisnya yang paling mudah diserang atau tidak kebal, dan berpotensi bisa ditantang.
Jika pembagian kerja ini bekerja untuk menindas perempuan, ia juga memberikan kita banyak sumber kekuatan untuk menumbangkannya. Laki-laki tak memiliki kekuasaan absolut di dalam sebuah situasi patriarkal-relasi-relasi gender seperti relasi-relasi kelas dicirikan oleh perjuangan dan dan resistensi-resistensi.
Dengan sentralitasnya gender bagi kapitalisme, membangun kekuatan-kekuatan perempuan kelas pekerja akan menjadi esensial di dalam perjuangan untuk menciptakan masyarakat egaliter  nonpatriarkal.
Pembagian kerja seksual tak bisa dipahami murni di dalam istilah-istilah ekonomi, dan telah menjelaskan pentingnya seksual dan simbolik. Ini berarti bahwa ia juga mesti diperjuangakan pada tingkat simbolik. Sebagian berpikir bisa terima membicarakan seksual ketika komputer menyingkirkan orang-orang dari pekerjaanya.
Namun yang rasanya takbisa dipraktekkan mungkin pada akhirnya bisa dipraktekkan dan apa yang kelihatannya bisa dipraktekkan mungkin sama sekali tak bisa dipraktekkan. Untuk memproduksi lebih banyak fakta dan angka-angka bahwa komputer menggantikan orang bisa saja berguna. Tapi ia bisa jadi memiliki efek kebalikannnya yaitu menyebabkan pesimisme.
Salah satu dari perusahaan barang-barang perlengkapan rumahtangga elektronik nyata-nyata menunjukkan kepada para pekerjanya "Kini Komputer Sudah Tiba" untuk meyakinkan mereka akan ketakterelakkannya teknologi baru.
Dengan mengaitkan mesin dan komputer dengan kekuasaan maskulin dan seksualitas kita sedang menyelidiki proses-proses sosial yang menciptakan teknologi baru dan memberikannya makna sosialnya yang khusus. Ini membuka kemungkinan menemukan cara baru mencapai perubahan-perubahan di dalam hubungan sosial dari kerja.