Feedback Solusi 2021, "Ilmu dini hari" yang berguna... Lagi begadang sambil tiduran semalam ditemani kucing dan TV secara random, tak sengaja mendengar acara Trans TV, Sabtu.9 Januari 2021 jam 2 pagi.Â
Siapapun, tidak hanya pengusaha dan pedagang, PERLU tahu Trend Bisnis 2021. Pada Tahun Pandemi dimana perubahan terjadi dengan drastis dan cepat, mereka yang "tak mau belajar" pasti akan tertinggal, yang punya bisnis dapat tergulung. Sebaliknya mereka yang cepat adaptif dan antisipatif, bukan hanya survive, tapi dapat menjadi Pemenang pada masa krisisÂ
 Saya catat point-point penting dalam acara sekitar setengah jam ituÂ
"The New Value Proposition" : Â Perubahan Perilaku Konsumen pada masa Pandemi : Â
 • Stay @ Home LifestyleÂ
• Back to the Bottom Pyramid : kembali ke kebutuhan dasar (pangan dan kesehatan)Â
• Empathic society : tumbuhnya kedermawanan sosial dan gotong royongÂ
• Go virtual : kegiatan utama melalui online : WFH, Belajar dari rumah.
 4 rule of game bisnis 2020 :Â
- Â hygieneÂ
- no touchÂ
- less crowdÂ
- less mobility
 Sektor-sektor usaha non digital dan non kesehatan, harus beradaptasi secara cepat.Â
Inovasi Kreatif pada masa Pandemi berdasarkan ATS (bukan lagi ATM : Amati, Tiru, Modifikasi)
 • Amati perubahannya : membaca perubahan
 • Temukan keunikan yg berorientasi pada kebutuhan customer pd masa pandemi (bukan asal unik)Â
• SolusiÂ
 Trend Perubahan Perilaku Konsumen 2021 :Â
1. Ekonomi :   • Digital payment   • The fall of physical storeÂ
2. Kesehatan :   • Telemedicine   • Insurance
 3.Hiburan :  • Online event : 66,4 %  • Streaming servicesÂ
4. Hobi :   • Local Tourism (Wisata Lokal)   • Home Gardening (berkebun di rumah)Â
5. Gaya hidup : a.l Coffee sachet (dinikmati di rumah)
 6. Pendidikan : Online learningÂ
3 Bisnis paling prospek :
 1. Makan minum : basic needs
 2  Kesehatan, terutama untuk imunitas
 3. Digital : aplikasi virtualÂ
Kecenderungan tahun 2020 : Pendapatan menurun, pengeluaran meningkat (a.l karena WfH). Pengeluaran akan terus berkurang (karena kerugian bisnis, PHK) sehingga sampai tingkat "mantab" = makan tabungan.
Vaksin adalah "Game Changer" yang merubah kondisi, tapi pada dasarnya perubahan perilaku konsumen pada tahun 2021 ini masih berdasarkan pola 2020 3 hal yg harus dilakukan pada 2021 :Â
1. Keep Learning : Banyak dengar dan lihat. Terus belajar. Harus memperkaya diri dan menambah skill2 utk survive : skill utk resilient (tahan banting), managing stress.
 2. Agility : cepat merespons dan adaptif.Â
3. Eksekusi : pelaksanaan; Â melakukan action dari yang dipelajari pada 2020.Â
Satu hal lagi, "it's never only about you" : pengalaman 2020 menunjukkan bahwa bisnis yang berhasil adalah yang memikirkan orang lain. Perlunya Sinergi.Â
Semoga catatan dini hari ini BERMANFAAT bagiku serta bagi yang membuka pikiran dan hatinya untuk pekerjaan, bisnis dan kehidupan yang lebih baik pada tahun ini.
*Pandji Kiansantang, 9 Januari 2021
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H