Mohon tunggu...
P Joko Purwanto
P Joko Purwanto Mohon Tunggu... Guru - Teacher

Becoming added value for individual and institute, deeply having awareness of personal branding, being healthy in learning and growth, internal, external perspective in order to reach my vision in life, and increasingly becoming enthusiastic (passion), empathy, creative, innovative, and highly-motivated.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Human Focus Skill dan System Thinking: Kunci Menghadapi Kompleksitas Dunia Modern bagi Siswa

7 November 2024   23:45 Diperbarui: 18 November 2024   12:22 758
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendahuluan

Di era modern yang ditandai oleh kompleksitas dan dinamika yang terus berkembang, kemampuan untuk berpikir dan bertindak secara menyeluruh menjadi semakin penting, khususnya bagi para siswa yang akan menjadi bagian dari generasi mendatang. Human Focus Skill dan System Thinking adalah dua keterampilan krusial yang berperan besar dalam menyiapkan siswa untuk menghadapi tantangan ini. Sementara Human Focus Skill membantu siswa dalam mengelola perhatian dan konsentrasi mereka, System Thinking memungkinkan mereka untuk memahami dan menganalisis masalah secara lebih holistik dengan memperhatikan hubungan antar-komponen dalam suatu sistem.

Artikel ini membahas secara mendalam pengertian dan ciri-ciri dari kedua keterampilan tersebut serta menjelaskan bagaimana keduanya saling melengkapi dalam konteks pembelajaran. Dengan memahami konsep-konsep ini, siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, serta kesadaran untuk berkolaborasi dan melihat masalah dari perspektif yang lebih luas. Melalui artikel ini, diharapkan pembaca dapat mengapresiasi pentingnya Human Focus Skill dan System Thinking sebagai fondasi untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia nyata yang kompleks.

Human Focus Skill

Human Focus Skill merupakan kemampuan individu untuk mempertahankan konsentrasi, mengelola perhatian, dan meminimalkan gangguan dalam situasi yang membutuhkan ketekunan dan fokus tinggi. Kemampuan ini bukan hanya keterampilan yang berkaitan dengan kapasitas kognitif untuk fokus, tetapi juga mencakup kemampuan untuk mengatasi distraksi internal dan eksternal, mengelola beban mental, serta mengembangkan ketahanan mental terhadap faktor-faktor yang dapat menghambat produktivitas. Kemampuan ini menjadi semakin penting di era digital, di mana informasi berlimpah dan gangguan sangat mudah mengganggu konsentrasi (Goleman, 2013).

Daniel Goleman, seorang psikolog terkenal dalam bidang kecerdasan emosional, menjelaskan bahwa keterampilan fokus merupakan inti dari berbagai keterampilan manusia yang kompleks, termasuk pengambilan keputusan, kreativitas, dan produktivitas (Goleman, 2013). Keterampilan fokus manusia dapat dikembangkan melalui praktik kesadaran (mindfulness), latihan ketahanan kognitif, dan teknik pengelolaan waktu, yang semuanya membantu meningkatkan efisiensi dan kualitas kerja (Brown, Ryan, & Creswell, 2007).

Menurut Brown, Ryan, dan Creswell (2007), fokus dan perhatian penuh juga dapat dilatih melalui mindfulness, yang mengurangi pikiran negatif yang bisa mengganggu konsentrasi, seperti stres atau kecemasan. Mindfulness berperan dalam menekan "default mode network" dalam otak yang sering kali menyebabkan pikiran melayang, sehingga seseorang dapat lebih terfokus pada tugas di depan mereka (Zeidan, Johnson, Diamond, David, & Goolkasian, 2010).

Keterampilan fokus manusia memiliki implikasi luas dalam berbagai bidang, dari produktivitas profesional hingga kesejahteraan pribadi. Dalam dunia kerja, kemampuan untuk menjaga fokus berbanding lurus dengan efektivitas kerja dan produktivitas individu (HBR, 2018). Di sisi lain, fokus yang baik juga berkaitan erat dengan kesehatan mental, karena keterampilan ini dapat membantu individu mengelola stres dan tekanan yang mungkin muncul dari lingkungan kerja atau sosial mereka (Zeidan et al., 2010).

System Thinking

System Thinking adalah pendekatan dalam memahami masalah dan fenomena yang berfokus pada cara bagian-bagian yang berbeda saling berinteraksi dalam suatu sistem yang lebih besar daripada hanya melihat bagian-bagian tersebut secara terpisah. Pendekatan ini mengutamakan pandangan holistik, di mana individu berupaya melihat keterkaitan, pola, dan aliran dalam sistem untuk memahami bagaimana komponen-komponen bekerja bersama membentuk suatu keseluruhan (Meadows, 2008). System thinking tidak hanya berlaku pada bidang teknik atau ilmu komputer, tetapi juga relevan dalam memahami dinamika sosial, lingkungan, organisasi, dan ekonomi (Senge, 2006).

Peter Senge, seorang ahli dalam bidang dinamika organisasi, menggambarkan system thinking sebagai landasan dari pembelajaran organisasi. Dalam bukunya The Fifth Discipline, Senge menjelaskan bahwa pemikiran sistem berfokus pada "feedback loops" atau lingkaran umpan balik, yaitu cara komponen sistem saling memengaruhi dan merespons satu sama lain secara terus-menerus (Senge, 2006). Senge juga menekankan bahwa dalam pendekatan ini, seseorang tidak hanya mencari penyebab langsung dari suatu masalah, tetapi juga melihat penyebab mendasar yang mungkin terhubung dalam pola yang lebih besar.

Meadows (2008) menjelaskan bahwa pendekatan system thinking membantu dalam mengidentifikasi leverage points, yaitu titik-titik dalam sistem yang memiliki pengaruh besar pada hasil keseluruhan sistem. Ini sangat penting dalam pengambilan keputusan karena membantu individu atau organisasi untuk berfokus pada perubahan kecil yang dapat menghasilkan dampak signifikan.

Pendekatan ini sangat berguna dalam memahami kompleksitas, terutama dalam masalah yang melibatkan berbagai variabel yang saling terkait. Dengan melihat masalah dari perspektif sistemik, seseorang dapat memahami bagaimana perubahan dalam satu elemen dapat memengaruhi elemen lain, sehingga mereka dapat menghindari solusi jangka pendek yang dapat memicu masalah baru di masa mendatang (Sterman, 2000).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun