DIMENSI #7: BELAJAR MENDALAM (8/10)
Ikhtisar
Fase konstruksi pengetahuan dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka ini memiliki dua bagian yang berbeda, tetapi masing-masing memiliki tujuan yang sama untuk memperdalam pengetahuan siswa. Mari kita mulai memahaminya. Berlatih tentang materi tertentu yang diajarkan bersinggungan dengan sisi prosedural pengetahuan – yakni pada keterampilan dan prosedur yang diharapkan akan dikuasai siswa selama pembelajaran. Seringkali, guru akan menggunakan sesi pemodelan dan pembinaan (coaching) untuk membantu siswa mengembangkan basis keterampilan yang solid, kemudian menggunakan sesi latihan yang dipandu dan umpan balik untuk mendorong kemandirian dalam menerapkan keterampilan ini.
Setengah atau bagian lainnya, dalam fase konstruksi pengetahuan ini berkaitan dengan pemrosesan pengetahuan deklaratif. Pengetahuan deklaratif adalah informasi. Selama fase perolehan pengetahuan, siswa mengumpulkan dan memahami informasi. Sekarang mereka perlu memaknainya, untuk mengubahnya menjadi pengetahuan yang mereka miliki dan siap untuk terapkan. Tujuan memindahkan siswa dari pemahaman yang dangkal ke pemahaman yang dalam ini dapat dicapai melalui antara lain diskusi dan debat, teknik bertanya, strategi analitis, dan strategi berpikir kreatif.
Source: From Classroom Curriculum Design: How Strategic Units Improve Instruction and Engage Students in Meaningful Learning (p. 81), by H. F. Silver & M. J. Perini, 2010a, Ho-Ho-Kus, NJ: Thoughtful Education Press. © 2010 Thoughtful Education Press.
Gunakan skala peringkat 1-4 berikut untuk menanggapi setiap pertanyaan di halaman berikutnya.
1 Â Â Novis - Saya tidak melakukan ini di ruang kelas saya, atau penggunaan praktik ini tidak memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.
2 Â Â Berkembang - Saya melakukan ini di kelas saya, tetapi penggunaan praktik ini terkadang memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.
3   Mahir - Saya melakukan ini dengan baik dan saya memperhatikan adanya efek positif yang konsisten pada pembelajaran siswa.
4 Â Â Pakar - Saya melihat ini sebagai kekuatan saya. Saya dapat mengadaptasinya agar sesuai dengan kebutuhan siswa saya dan melihat hasil positif yang konsisten dan signifikan dalam prestasi siswa.
NA Not Applicable - Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
Indikator Instruksional
Bagaimana Anda menilai diri sendiri pada dalam hal ... (beri tanda centang)
7.1 Â Mengidentifikasi titik-titik kritis dalam urutan pembelajaran, menetapkan target yang harus dicapai siswa pada setiap titik waktu, dan menggunakan berbagai kegiatan penilaian formatif untuk membantu siswa menilai kemajuan mereka menuju target yang diinginkan?
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
7.2 Â Melibatkan siswa dalam penulisan berbasis konten secara teratur yang membantu mereka mengklarifikasi pemikiran mereka dan memperdalam pemahaman mereka?
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
7.3 Â Membangun tinjauan berkala dan peluang praktik terbimbing untuk membantu siswa menguasai keterampilan dan konten utama?
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
7.4 Â Memberikan umpan balik yang jelas dan deskriptif untuk membantu siswa memperbaiki penggunaan keterampilan kunci mereka dan/atau memperdalam pemahaman mereka?
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
7.5 Â Menggunakan kelompok heterogen dan homogen untuk memaksimalkan pembelajaran siswa (misalnya mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuan, minat, gaya belajar, dll.)
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
7.6 Â Menyediakan berbagai sumber daya (misalnya model manipulatif, pusat pembelajaran, multimedia) untuk meningkatkan praktik dan pembelajaran?
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
7.7 Â Memberikan siswa kesempatan untuk memproses pengetahuan baru secara mendalam melalui pertanyaan, diskusi, dan kegiatan berpikir kritis.
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
7.8 Â Menetapkan pekerjaan rumah yang bertujuan dan sesuai dengan kelas bagi siswa untuk berlatih dan memperkuat pembelajaran?
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
Dampak Terhadap Pembelajaran Siswa
Ingat: hasil akhir dari pengajaran berkualitas adalah pembelajaran berkualitas. Cari perilaku siswa ini, yang merupakan beberapa indikator yang pasti efektivitas guru.
Siswa ... (beri tanda centang)
... dapat membedakan antara apa yang mereka ketahui, tidak tahu, dan apa yang perlu mereka kerjakan.
... berlatih.
... menggunakan strategi menulis dan berpikir.
... saling melatih.
... menggunakan umpan balik (apa yang mereka lihat, dengar) untuk menilai dan memodifikasi kinerja mereka.
... berpikir kritis — mensintesiskan dan diskusikan ide-ide, dan memberikan penjelasan, buat hipotesis baru.
Penilaian Diri Guru & Refleksi
Bukti komitmenku pada dimensi ini adalah …
Gagasan untuk meningkatkan perencanaan ...
Gagasan untuk meningkatkan implementasi ...
(Bersambung DIMENSI #8 : MENGAPLIKASIKAN PEMBELAJARAN  (9/10))
Â
References
Brown, R., Pressley, M., Van Meter, P., & Schuder, T. (1996). A quasi-experimental validation of transactional strategies instruction with low-achieving second grade readers. Journal of Educational Psychology, 88, 18-37.
Costa, A. L. & Kallick, B. (2008). Learning and leading with habits of mind: 16 essential characteristics for success. Alexandria, VA: ASCD.
Costa, A. L. & Kallick, B. (2009). Habits of mind across the curriculum: Practical and creative strategies for teachers. Alexandria, VA: ASCD.
Danielson, C. (2007). Enhancing professional practice: A framework for teaching (2nd ed.). Alexandria, VA: ASCD.
Hunter, M. (1984). Knowing, teaching, and supervising. In P. Hosford (Ed.), Using what we know about teaching (pp. 169-192). Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J. (2003). What works in schools: Translating research into action. Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J. (2007). The art and science of teaching: A comprehensive framework for effective instruction. Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J., Frontier, T., & Livingston, D. (2011). Effective supervision: Supporting the art and science of teaching. Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J. & Pickering, D. J. (2010). The highly engaged classroom. Bloomington, IN: Marzano Research Laboratory.
Saphiers, J., Haley-Speca, M. A., & Gower, R. (2008). The skillful teacher: Building your teaching skills (6th ed.). Acton, MA: Research for Better Teaching.
Silver, H. F. & Perini, M. J. (2010a). Classroom curriculum design: How strategic units improve instruction and engage students in meaningful learning. Ho-Ho-Kus, NJ: Thoughtful Education Press.
Silver, H. F. & Perini, M. J. (2010b). The Eight Cs of engagement: How learning styles and instructional design increase student commitment to learning. In R. J. Marzano (Ed.), On excellence in teaching (pp. 319–344). Bloomington, IN: Solution Tree.
Strong, R. W., Silver, H. F., & Perini, M. J. (2001). Teaching what matters most: Standards and strategies for raising student achievement. Alexandria, VA: ASCD.
Tucker, P. D. & Stronge, J. H. (2005). Linking teacher evaluation and student learning. Alexandria, VA: ASCD.
Wiggins, G. & McTighe, J. (2005). Understanding by design (2nd ed.). Alexandria, VA: ASCD.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H