DIMENSI #5: MEMPERSIAPKAN SISWA UNTUK PEMBELAJARAN BARU (6/10)
Ikhtisar
Hal pertama yang siswa perlu lakukan dalam Kurikulum Merdeka untuk membangun pengetahuan peserta didik adalah siap dengan pengetahuan tersebut sebagai modal awal untuk pembelajaran selanjutnya. Dengan demikian, knowledge anticipation tersebut biasanya menandai awal konten pembelajaran dan "menjadi mesin utama" untuk pembelajaran yang serius berikutnya. Pengalaman knowledge anticipation membantu siswa mengingat apa yang sudah mereka ketahui tentang topik unit sebelumnya dan menghubungkan pengetahuan latar belakang tersebut dengan konten yang akan datang.
Knowledge anticipation juga merupakan waktu (titik awal) untuk memperkenalkan pertanyaan-pertanyaan penting yang akan mendorong pembelajaran konten unit tersebut, menjelaskan harapan kedepan, menjelaskan produk dan tugas yang akan dibuat oleh siswa, membantu siswa menilai keterampilan dan pemahaman mereka, dan mendorong siswa untuk mengidentifikasi kepribadian minat mereka yang terkait dengan konten yang akan dipelajari.
Source: From Classroom Curriculum Design: How Strategic Units Improve Instruction and Engage Students in Meaningful Learning (p. 80), by H. F. Silver & M. J. Perini, 2010a, Ho-Ho-Kus, NJ: Thoughtful Education Press. © 2010 Thoughtful Education Press.
Gunakan skala peringkat 1-4 berikut untuk menanggapi setiap pertanyaan di halaman berikutnya.
1 Novis - Saya tidak melakukan ini di ruang kelas saya, atau penggunaan praktik ini tidak memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.
2 Berkembang - Saya melakukan ini di kelas saya, tetapi penggunaan praktik ini terkadang memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.
3 Mahir - Saya melakukan ini dengan baik dan saya memperhatikan adanya efek positif yang konsisten pada pembelajaran siswa.
4 Pakar - Saya melihat ini sebagai kekuatan saya. Saya dapat mengadaptasinya agar sesuai dengan kebutuhan siswa saya dan melihat hasil positif yang konsisten dan signifikan dalam prestasi siswa.
NA Not Applicable - Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
Indikator Instruksional
Bagaimana Anda menilai diri sendiri pada dalam hal ... (beri tanda centang)
5.1 Memilih standar yang relevan yang sesuai dengan konten dan tingkat kelas Anda?
... Novice (1) ... Berkembang (2) ... Mahir (3) ... Pakar (4)? ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
5.2 “Membongkar” standar dan mengubahnya menjadi tujuan dan sasaran pembelajaran yang jelas?
... Novice (1) ... Berkembang (2) ... Mahir (3) ... Pakar (4)? ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
5.3 Menggunakan pertanyaan-pertanyaan penting untuk memandu pembelajaran dan mempromosikan pemikiran yang mendalam?
... Novice (1) ... Berkembang (2) ... Mahir (3) ... Pakar (4)? ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
5.4 Pelajaran dan unit awal menggunakan dengan “kait” yang menarik — memikirkan kegiatan atau pertanyaan yang memancing minat siswa dan mengaktifkan pengetahuan mereka sebelumnya?
... Novice (1) ... Berkembang (2) ... Mahir (3) ... Pakar (4)? ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
5.5 Menilai pengetahuan latar belakang siswa, tingkat keterampilan, dan minat terhadap sasaran dan target pembelajaran?
... Novice (1) ... Berkembang (2) ... Mahir (3) ... Pakar (4)? ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
5.6 Memperkenalkan siswa pada istilah-istilah kosa kata kunci yang perlu mereka ketahui dan pahami untuk berhasil mempelajari kontennya?
... Novice (1) ... Berkembang (2) ... Mahir (3) ... Pakar (4)? ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
5.7. Membantu siswa mengembangkan wawasan tentang produk yang akan mereka ciptakan, pertunjukan yang akan mereka sampaikan, dan/atau tugas yang akan mereka selesaikan untuk menunjukkan apa yang telah mereka pelajari (misalnya menyediakan model pekerjaan berkualitas tinggi, rubrik, daftar periksa, dll.)
... Novice (1) ... Berkembang (2) ... Mahir (3) ... Pakar (4)? ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
5.8 Mendorong siswa untuk menetapkan tujuan dan rencana pembelajaran pribadi untuk mencapainya?
... Novice (1) ... Berkembang (2) ... Mahir (3) ... Pakar (4)? ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
Dampak Terhadap Pembelajaran Siswa
Ingat: hasil akhir dari pengajaran berkualitas adalah pembelajaran berkualitas. Cari perilaku siswa ini, yang merupakan beberapa indikator yang pasti efektivitas guru.
Siswa ... (beri tanda centang)
... memahami / menyatakan kembali tujuan pembelajaran dengan kata-kata mereka sendiri.
... memajukan pertanyaan tentang tujuan pembelajaran.
... mengetahui apa yang harus mereka hasilkan dan apa yang diharapkan dari mereka.
... menilai pengetahuan kosakata Anda sendiri.
... menhubungkan pengetahuan mereka sebelumnya.
... membuat pertanyaan tentang konten atau tujuan pribadi.
... memahami rencana untuk belajar.
Penilaian Diri Guru & Refleksi
Bukti komitmenku pada dimensi ini adalah …
Gagasan untuk meningkatkan perencanaan ...
Gagasan untuk meningkatkan implementasi ...
(Bersambung DIMENSI #6 : MEMPELAJARI PEMBELAJARAN BARU (7/10))
References
Brown, R., Pressley, M., Van Meter, P., & Schuder, T. (1996). A quasi-experimental validation of transactional strategies instruction with low-achieving second grade readers. Journal of Educational Psychology, 88, 18-37.
Costa, A. L. & Kallick, B. (2008). Learning and leading with habits of mind: 16 essential characteristics for success. Alexandria, VA: ASCD.
Costa, A. L. & Kallick, B. (2009). Habits of mind across the curriculum: Practical and creative strategies for teachers. Alexandria, VA: ASCD.
Danielson, C. (2007). Enhancing professional practice: A framework for teaching (2nd ed.). Alexandria, VA: ASCD.
Hunter, M. (1984). Knowing, teaching, and supervising. In P. Hosford (Ed.), Using what we know about teaching (pp. 169-192). Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J. (2003). What works in schools: Translating research into action. Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J. (2007). The art and science of teaching: A comprehensive framework for effective instruction. Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J., Frontier, T., & Livingston, D. (2011). Effective supervision: Supporting the art and science of teaching. Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J. & Pickering, D. J. (2010). The highly engaged classroom. Bloomington, IN: Marzano Research Laboratory.
Saphiers, J., Haley-Speca, M. A., & Gower, R. (2008). The skillful teacher: Building your teaching skills (6th ed.). Acton, MA: Research for Better Teaching.
Silver, H. F. & Perini, M. J. (2010a). Classroom curriculum design: How strategic units improve instruction and engage students in meaningful learning. Ho-Ho-Kus, NJ: Thoughtful Education Press.
Silver, H. F. & Perini, M. J. (2010b). The Eight Cs of engagement: How learning styles and instructional design increase student commitment to learning. In R. J. Marzano (Ed.), On excellence in teaching (pp. 319–344). Bloomington, IN: Solution Tree.
Strong, R. W., Silver, H. F., & Perini, M. J. (2001). Teaching what matters most: Standards and strategies for raising student achievement. Alexandria, VA: ASCD.
Tucker, P. D. & Stronge, J. H. (2005). Linking teacher evaluation and student learning. Alexandria, VA: ASCD.
Wiggins, G. & McTighe, J. (2005). Understanding by design (2nd ed.). Alexandria, VA: ASCD.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H