DIMENSI #3: KETERLIBATAN DAN KEGEMBIRAAN (4/10)
Ikhtisar
Dalam konteks Kurikulum Merdeka, untuk landasan pengajaran yang efektif ini akan digunakan empat jalur penelitian yang pernah dilakukan:
- Penelitian meta-analitik Robert Marzano (2007) tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan siswa;
- Robert Marzano dan Debra Pickering (2010) meneliti tentang apa yang membuat ruang kelas menarik;
- Kerangka kerja Charlotte Danielson (2007) untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran; dan
- Penelitian Silver & Perini (2010) yang menyelidiki dorongan motivasi inti yang memengaruhi tingkat komitmen siswa di kelas.
Dari empat penelitian tersebut, diekstraksikan prinsip-prinsip utama dan diidentifikasi serangkaian pertanyaan untuk penilaian diri guru. Dengan demikian kita dapat menyimpulkan bahwa betapa pentingnya arti keterlibatan kelas. Untuk melihat sejauh mana pembelajaran sebagai suatu hal yang menggembirakan perlu pula dimasukkan pertanyaan penilaian diri tentang hal-hal seperti semangat yang menginspirasi untuk belajar dan kapasitas kelas untuk mengejutkan dan menyenangkan siswa.
Gunakan skala peringkat 1-4 berikut untuk menanggapi setiap pertanyaan di halaman berikutnya.
1 Â Â Novis - Saya tidak melakukan ini di ruang kelas saya, atau penggunaan praktik ini tidak memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.
2 Â Â Berkembang - Saya melakukan ini di kelas saya, tetapi penggunaan praktik ini terkadang memiliki efek positif pada pembelajaran siswa saya.
3   Mahir - Saya melakukan ini dengan baik dan saya memperhatikan adanya efek positif yang konsisten pada pembelajaran siswa.
4 Â Â Pakar - Saya melihat ini sebagai kekuatan saya. Saya dapat mengadaptasinya agar sesuai dengan kebutuhan siswa saya dan melihat hasil positif yang konsisten dan signifikan dalam prestasi siswa.
NA Not Applicable - Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
Indikator Instruksional
Bagaimana Anda menilai diri sendiri pada dalam hal ... (beri tanda centang)
3.1 Â Melibatkan siswa dalam berbagai bentuk pemikiran (misalnya praktis, analitis, kreatif, mengeksplorasi perasaan dan nilai-nilai)?
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
3.2 Â Menggunakan kunci "tuas motivasi" seperti kontroversi, alternative pemecahan masalah, dan kompetisi untuk meningkatkan komitmen siswa untuk belajar?
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
3.3 Â Menggunakan berbagai alat dan strategi untuk menjaga pengajaran Anda tetap segar dan membuat siswa Anda bersemangat dan aktif?
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
3.4 Â Mengkomunikasikan dan mempertahankan hasrat untuk mengajar, belajar, dan pekerjaan berkualitas di seluruh pelajaran dan unit karya Anda?
¨ Novice (1)  ¨  Berkembang (2)  ¨   Mahir (3)  ¨  Pakar (4)?  ¨  NA  Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
3.5 Â Memanfaatkan kekuatan "kemandirian"(selfhood): mendorong siswa untuk mengejar minat mereka sendiri, membuat pilihan sendiri, mengembangkan perspektif mereka sendiri, dan mengekspresikan nilai dan impian mereka tanpa bergantung pada orang lain?
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
3.6 Â Menciptakan lingkungan kelas yang memiliki kapasitas yang mengejutkan dan menyenangkan (misalnya melalui antusiasme, humor, kebaruan, warna, gerakan)?
... Novice (1)  ... Berkembang (2)  ... Mahir (3)  ... Pakar (4)?  ... NA Ini tidak berlaku untuk pekerjaan saya di sekolah.
Dampak Terhadap Pembelajaran Siswa
Ingat: hasil akhir dari pengajaran berkualitas adalah pembelajaran berkualitas. Cari perilaku siswa ini, yang merupakan beberapa indikator yang pasti efektivitas guru.
Siswa ... (beri tanda centang)
... energik dan antusias.
... mengupayakan tampilan yang terbaik.
... menikmati diri mereka di kelas.
... mengekspresikan minat, ide, dan wawasan mereka sendiri.
... siap sedia dalam tugas dan termotivasi.
... meregangkan pikiran mereka dan terbuka dengan berbagai.
... bentuk pemikiran mereka sendiri-sendiri.
Penilaian Diri Guru & Refleksi
Bukti komitmenku pada dimensi ini adalah …
Gagasan untuk meningkatkan perencanaan ...
Gagasan untuk meningkatkan implementasi ...
(Bersambung DIMENSI #4: BUDAYA BERPIKIR DAN BELAJAR (5/10))
References
Brown, R., Pressley, M., Van Meter, P., & Schuder, T. (1996). A quasi-experimental validation of transactional strategies instruction with low-achieving second grade readers. Journal of Educational Psychology, 88, 18-37.
Costa, A. L. & Kallick, B. (2008). Learning and leading with habits of mind: 16 essential characteristics for success. Alexandria, VA: ASCD.
Costa, A. L. & Kallick, B. (2009). Habits of mind across the curriculum: Practical and creative strategies for teachers. Alexandria, VA: ASCD.
Danielson, C. (2007). Enhancing professional practice: A framework for teaching (2nd ed.). Alexandria, VA: ASCD.
Hunter, M. (1984). Knowing, teaching, and supervising. In P. Hosford (Ed.), Using what we know about teaching (pp. 169-192). Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J. (2003). What works in schools: Translating research into action. Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J. (2007). The art and science of teaching: A comprehensive framework for effective instruction. Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J., Frontier, T., & Livingston, D. (2011). Effective supervision: Supporting the art and science of teaching. Alexandria, VA: ASCD.
Marzano, R. J. & Pickering, D. J. (2010). The highly engaged classroom. Bloomington, IN: Marzano Research Laboratory.
Saphiers, J., Haley-Speca, M. A., & Gower, R. (2008). The skillful teacher: Building your teaching skills (6th ed.). Acton, MA: Research for Better Teaching.
Silver, H. F. & Perini, M. J. (2010a). Classroom curriculum design: How strategic units improve instruction and engage students in meaningful learning. Ho-Ho-Kus, NJ: Thoughtful Education Press.
Silver, H. F. & Perini, M. J. (2010b). The Eight Cs of engagement: How learning styles and instructional design increase student commitment to learning. In R. J. Marzano (Ed.), On excellence in teaching (pp. 319–344). Bloomington, IN: Solution Tree.
Strong, R. W., Silver, H. F., & Perini, M. J. (2001). Teaching what matters most: Standards and strategies for raising student achievement. Alexandria, VA: ASCD.
Tucker, P. D. & Stronge, J. H. (2005). Linking teacher evaluation and student learning. Alexandria, VA: ASCD.
Wiggins, G. & McTighe, J. (2005). Understanding by design (2nd ed.). Alexandria, VA: ASCD.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H