Implementasi Strategi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi
Hasil wawancara dengan guru-guru penggerakan pada saat gelar panen karya guru penggerak.
Pemahaman Tentang Pembelajaran Berdiferensiasi
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik. dalam pembelajaran berdiferensiasi guru harus bisa mengenal karakteristik dari peserta didik seperti:
- Kesiapan belajar
- Minat belajar
- Profil belajar
Setelah mengetahui karakteristik peserta didik, guru merespon hal tersebut dengan diferensiasi proses, konten, produk dan lingkungan belajar dalam kegiatan pembelajaran. Ciri khas lain dari pembelajaran berdiferensiasi adalah membimbing peserta didik sesuai dengan kemampuan mereka.
Penerapan pembelajaran berdiferensiasi
- Penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang saya laksanakan adalah diferensiasi konten, proses, produk dan lingkungan belajar
- Mengajarkan materi sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
Strategi penerapan pembelajaran berdiferensiasi
Strategi yang saya terapkan dalam pembelajaran berdiferensiasi yang pertama sekali mengenal karakteristik peserta didik, kemampuan, minat dan profil gaya belajar, kemudian strategi lain dalam penerpan pembelajaran berdiferensiasi yaitu mengelompokan peserta didik berdasarkan kemampuan dan berdasarkan gaya belajar mereka.
Tantangan yang dihadap dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi
Tantangan yang saya hadapi dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi adalah merancang kegiatan pembelajaran dengan membutuhkan waktu yang lama, ketersediaan fasilitas pembelajaran yang belum memadahi.
Solusi mengatasi tantangan pembelajaran berdiferensiasi
Cara mengatasi tantangann tersebut yang saya lakukan adalah saya selalu merancang kegiatan pembelajaran jauh-jauh haris mempersiapkannya, untuk fasilitas pembelajaran yang belum memadhi, saya memakai alternative lain dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil dari penerapan pembelajaran berdiferensiasi
Sejauh penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang sudah saya lakukan, hasil penerapan pembelajaran berdiferensiasi sangat efektif dan efisien, peserta didik bisa dengan kreatif dalam kegiatan pembelajaran, karena mereka bisa menunjukan hasil diferensiasi produk pembelajaran sesaui dengan minat mereka. Penerappan pembelajaran berdiferensiasi dengan penyajian materi ajar sesuai dengan gaya belajar sangat efektif karena peserta didik bisa belajar sesuai dengan gaya belajar mereka.
Refleksi dari guru terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi
Komentar lain terhadap pembelajaran berdiferensiasi
Sejauh ini ketika diterapkan pembelajaran berdiferesiasi dalam kelas sangat sesuai dengan kebutuhan belajar dari ppeserta didik. menurut saya pembelajaran berdiferensiasi ini harus diterapkan di semua mata pembelajaran, sehingga ketika diterapkan di semua pembelajaran peserta didik akan aktif dalam kegiatann pembelajaran, karena tujuan dari pembelajarn berdiferensiasi itu sendiri berpusat kepada peserta didik, guru hanya memfasilitasi belajar peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajar mereka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H