Implementasi Strategi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi
Hasil wawancara dengan guru-guru penggerakan pada saat gelar panen karya guru penggerak.
Pemahaman Tentang Pembelajaran Berdiferensiasi
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik. dalam pembelajaran berdiferensiasi guru harus bisa mengenal karakteristik dari peserta didik seperti:
- Kesiapan belajar
- Minat belajar
- Profil belajar
Setelah mengetahui karakteristik peserta didik, guru merespon hal tersebut dengan diferensiasi proses, konten, produk dan lingkungan belajar dalam kegiatan pembelajaran. Ciri khas lain dari pembelajaran berdiferensiasi adalah membimbing peserta didik sesuai dengan kemampuan mereka.
Penerapan pembelajaran berdiferensiasi
- Penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang saya laksanakan adalah diferensiasi konten, proses, produk dan lingkungan belajar
- Mengajarkan materi sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik
Strategi penerapan pembelajaran berdiferensiasi
Strategi yang saya terapkan dalam pembelajaran berdiferensiasi yang pertama sekali mengenal karakteristik peserta didik, kemampuan, minat dan profil gaya belajar, kemudian strategi lain dalam penerpan pembelajaran berdiferensiasi yaitu mengelompokan peserta didik berdasarkan kemampuan dan berdasarkan gaya belajar mereka.
Tantangan yang dihadap dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi
Tantangan yang saya hadapi dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi adalah merancang kegiatan pembelajaran dengan membutuhkan waktu yang lama, ketersediaan fasilitas pembelajaran yang belum memadahi.
Solusi mengatasi tantangan pembelajaran berdiferensiasi