Nama  : Zaenatul FirdausÂ
NIM Â Â : 240211920068
Kelas  : PGSD H/06
T6-8 Aksi Nyata
Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia
1. Mulai dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?Â
= Pada bagian ini yang saya pikirkan tentang topik ini adalah isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dan bagaimana faktor faktor ini dapat mempengaruhi pendidikan di Indonesia.
2. Eksplorasi Konsep
Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari pada topik ini?
= Dalam topik ini saya mempelajari tentang tantangan yang ada pada penerapan scaffolding dalam ZPD. Seperti yang kita ketahui bersama di topik sebelumnya, scaffolding adalah strategi yang cukup efektif sebagai jembatan antara kemampuan aktual kognitif dan potensi kognitif siswa. Namun, para guru maupun orang tua harus memperhatikan beberapa kendala yang mungkin terjadi dalam implementasi scaffolding dalam praktik pembelajaran. Adapun tantangan dalam penerapan scaffolding ialah kurangnya interaksi sosial, keterbatasan dukungan sosial dan emosional yang ada di rumah dan di lingkungan sosial.