Mohon tunggu...
Peserta PPG 15840
Peserta PPG 15840 Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

saya seorang mahasiswa yang hobi menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Topik 3 Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural

23 November 2024   21:42 Diperbarui: 23 November 2024   21:57 22
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Mulai dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Jawab: Pada topik 3 dalam mulai dari diri, di sediakan video untuk ditonton mengenai kondisi pendidikan di Indonesia tepatnya di pelosok. Dalam sub bab ini, diminta untuk menuliskan bagaimana kondisi pendidikan di daerah masing-masing dan juga menuliskan perbedaan proses pembelajaran dari setiap jenjang yang ada dalam pendidikan. 

Dalam topik mulai dari diri ini, hal pertama yang saya pikirkan tentang topik ini adalah mengenai perspektif budaya, sosial yang ada di dalam setiap ruang lingkup pendidikan.

Ekplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Jawab: Dalam eksplorasi konsep, saya mempelajari banyak hal mengenai isu isu dalam pembelajaran melalui perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik. Dalam isu -- isu ini, terdapat lima macam fenomena budaya dan sosial yang dapat memengaruhi karakter dan Tindakan seseorang dalam proses pembelajaran, diantaranya adalah: kegiatan berdasarkan budaya atau tradisi suatu masyarakat, nilai -- nilai budaya yang tertanam, materi fisik, fenomena psikologi, dan agency. 

Dengan adanya pedagogi kritis, manusia sebagai agen pendidik diharapkan untuk mengkritisi isu isu pendidikan yang terjadi dalam proses pembelajaran dan menghindari eksklusivitas kelompok atau kepentingan tertentu. Pendidikan semestinya dapat bersifat inklusif dengan memandang pendidikan sebagai hak kesetaraan bukan sebagai hak istimewa. Dengan demikian, benturan kepentingan politik dan ekonomi dapat terhindarkan.

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Jawab: Di dalam ruang kolaborasi, saya dan rekan -- rekan mempelajari bagaimana kondisi dua sekolah yang berbeda dengan melakukan wawancara terkait dengan problema yang terjadi selama proses pembelajaran, kemudian juga mengenai perbedaan latar belakang sosial yang terjadi di kelas tersebut, dan yang terakhir ialah strategi atau pendekatan pembelajaran yang seperti apa di gunakan oleh guru.

 Dengan melalui wawancara ini, saya dan rekan -- rekan saya mendapatkan banyak sekali informasi terkait 3 hal di atas, selain itu kami juga belajar banyak hal mengenai perbedaan latar belakang dan problema yang ada selama proses pembelajaran.

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Jawab: Pada demonstrasi kontekstual, saya bersama kelompok mendapatkan banyak sekali informasi mengenai sosial, budaya, politik dan ekonomi dari dua sekolah yang telah di wawancara. Bagaimana budaya disana, mempelajari banyak hal mengenai perbedaan sosial dan budaya. Penggunaan Bahasa sehari -- hari ketika berada di sekolah dan masih banyak lainnya.

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Jawab: Dalam topik ini, Menurut pemahaman saya, topik tentang perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pembelajaran mencakup berbagai aspek penting dalam dunia pendidikan. Topik ini melibatkan pemahaman mengenai karakteristik peserta didik yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti budaya, ekonomi, agama, dan politik. 

Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik juga memiliki dampak pada proses pendidikan, misalnya melalui pengaruh kekuatan politik terhadap sistem pendidikan nasional, peran ekonomi dalam pembelajaran, serta pengaruh budaya terhadap cara belajar siswa. Selain itu, topik ini juga mencakup elemen-elemen pribadi, seperti pengalaman individu yang berhubungan dengan pendidikan yang memanfaatkan sumber daya alam dan pendekatan yang beragam.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Jawab: Hal baru yang saya pahami dari pemahaman awal ialah Perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan memiliki dampak yang besar terhadap jalannya proses pembelajaran. 

Aspek-aspek yang terlibat meliputi pengaruh kekuatan politik terhadap sistem pendidikan nasional, peran ekonomi dalam dunia pendidikan, serta dampak budaya terhadap cara belajar siswa. Selain itu, saya juga memahami bahwa pendidikan dalam kerangka sosial, budaya, ekonomi, dan politik merupakan bagian dari pendidikan yang lebih luas, yang mencakup berbagai elemen seperti pendidikan moral, pendidikan sosial, dan pendidikan keterampilan

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Jawab: Saya ingin mempelajari lebih lanjut mengenai bagaimana mengatasi problema -- problema yang ada ketika terjadi saat proses pembelajaran. Bagaimana cara untuk melakukan pendeketan dan penggunaan strategi seperti apa yang cocok dalam mengatasi problema -- problema yang terjadi ketika proses pembelajaran.

Koneksi antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Jawab: Dalam koneksi antara materi yang saya pelajari melalui kegiatan ini, saya melihat bagaimana perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan saling terkait dengan mata kuliah lain, seperti filosofi pendidikan Indonesia, prinsip pengajaran dan penilaian, pemahaman peserta didik, serta pembelajaran yang berbeda-beda (diferensiasi).

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Jawab: Pembelajaran mengenai perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam pendidikan sangat berharga bagi persiapan saya sebagai calon guru. Dengan mempelajari perspektif ini, saya dapat lebih memahami karakteristik peserta didik berdasarkan kondisi lingkungan mereka, termasuk faktor sosial, budaya, politik, dan ekonomi. 

Pengetahuan ini akan membantu saya dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran yang tepat, sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing peserta didik.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Jawab: Menurut saya, tingkat kesiapan saya saat ini berada di angka 8 dari skala 1-10. Hal ini karena masih banyak aspek yang perlu saya pelajari dan pahami lebih dalam, agar saya bisa mengimplementasikan pembelajaran yang sesuai dengan kondisi sosial, budaya, ekonomi, dan politik peserta didik secara maksimal.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Jawab: Untuk dapat menerapkan hal ini dengan lebih efektif, saya perlu terus meningkatkan pengetahuan melalui berbagai sumber literatur. Seorang guru harus memperdalam pemahaman mengenai berbagai aspek sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang berkaitan dengan pendidikan agar bisa mengaplikasikannya dengan maksimal. 

Selain itu, bekerja sama dengan rekan guru, ahli, dan lembaga pendidikan lainnya juga penting, karena kolaborasi tersebut membuka peluang untuk berbagi ide dan praktik terbaik dalam mengintegrasikan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik ke dalam pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun