Mohon tunggu...
Salsa Ulwiyah Ulfiyana
Salsa Ulwiyah Ulfiyana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

T4.7 Aksi Nyata Literasi Dasar (Topik 4)

25 Desember 2024   09:24 Diperbarui: 25 Desember 2024   09:24 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lembar Keja 4.8

Mengamati Lingkungan Kaya Literasi

Berdasarkan pengamatan di sekolah pilihan Anda, diskusi kelompok, dan berbagai masukan, buatlah analisis terhadap sekolah yang sebelumnya Anda amati terkait lingkungan kaya literasi.

Analisis/evaluasi dengan pola 3-2-1:

3 hal yang sudah berjalan dengan baik

a. Ketersediaan sumber bacaan yang beragam

Sumber bacaan yang tersedia di sekolah untuk menunjang program literasi sekolah sudah beragam, mulai dari buku fiksi hingga non fiksi. Buku-buku ini dapat dipinjam di perpustakaan oleh peserta didik. Selain itu, buku yang tersedia pada program pojok baca di setiap kelas sudah bervariasi. Hal tersebut memfasilitasi minat baca peserta didik, sehingga dalam pelaksanaan program peserta didik dapat memilih buku yang disenangi untuk dibaca.  

b. Program Literasi yang dilaksanakan

Program-program literasi yang dilaksanakan di sekolah SD N Kalisari 1 sudah berjalan dengan baik. Warga sekolah sangat mendukung program yang telah dirancang ini untuk dapat dilaksanakan dengan optimal. Dari berbagai program literasi yang dilaksanakan, hampir semuanya berjalan dengan baik, diantaranya; pojok baca, Gerakan Literasi Sekolah (GLS), hiasan interaktif, majalah dinding, dan lomba bercerita.

c. Dukungan sekolah dan warga sekolah

Dukungan sekolah dan warga sekolah sudah berjalan dengan baik. Pihak sekolah sudah memfasilitasi sarana dan prasarana yang diperlukan dalam pelaksanaan program literasi. Selain itu warga sekolah baik kepala sekolah, bapak dan ibu guru mendukung program dengan menjalankan tugasnya masing-masing dalam pelaksanaan program. Misalnya pada program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), guru kelas sudah membimbing dan mengkoordinir peserta didiknya untuk membaca selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai.

2 hal yang bisa ditingkatkan

a. Program Literasi Kunjungan Perpustakaan

Semua program literasi yang dilaksanakan di SD N Kalisari 1 sudah berjalan dengan baik, hanya program literasi kunjungan perpustakaan yang masih perlu ditingkatkan. Hal ini dikarenakan program literasi kunjungan perpustakaan belum berjalan dengan optimal. Kunjungan ke perpustakaan seharusnya dilaksanakan secara rutin dan terjadwal sesuai dengan rencana yang telah disusun untuk masing-masing kelas. Namun, dalam praktiknya, tidak semua kelas melaksanakan kunjungan rutin ke perpustakaan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Hal tersebut dikarenakan kunjungan ini dilaksanakan pada saat jam istirahat. Kenyataan di lapangan, pada saat jam istirahat peserta didik lebih memilih main ataupun jajan ke kantin daripada berkunjung ke perpustakaan, meskipun kunjungan ini tidak dilaksanakan setiap hari untuk setiap kelas. Berdasarkan hal tersebut, dengan melihat karakteristik peserta didik, pihak sekolah dapat mencari alternatif solusi misalnya dengan mengganti jadwal kunjungan ke perpustakaan di waktu yang lebih fleksibel, seperti pada saat pelajaran Bahasa Indonesia atau pelajaran lain yang memungkinkan belajar di perpustakaan.

b. Keterlibatan dan dukungan orang tua

Keterlibatan dan dukungan orang tua dalam program literasi yang dilaksanakan di SD N kalisari 1 masih perlu ditingkatkan. Keterlibatan orang tua dalam program literasi yang dilaksanakan dan dukungan orang tua belum merata. Belum semua orang tua dari peserta didik terlibat dan mendukung kegiatan literasi yang ada di sekolah. Oleh karena itu, sekolah dapat meningkatkan keterlibatan dan dukungan orang tua, misalnya dengan membuat tim literasi yang bekerja sama antara guru dan orang tua. Jadi orang tua di setiap kelasnya dapat membantu pengelolaan pojok baca kelas, dan membimbing anaknya untuk dapat membaca buku yang dipinjam dari pojok baca.

1 hal yang perlu didiskusikan

Membangun kolaborasi dengan pihak luar sekolah

Pelaksanaan program literasi yang dilaksanakan di SD N Kalisari 1 sudah berjalan dengan baik. Namun dalam pelaksanaannya terkadang ada kendala yang terjadi, misalnya peserta didik yang tidak mau membaca dalam program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) karena bosan. Oleh karena itu, sekolah perlu mencari solusi agar peserta didik dapat terus meningkatkan minat membacanya. Sekolah dapat berkolaborasi dengan komunitas luar seperti perpustakaan umum, perpustakaan keliling, atau organisasi literasi yang ada di masyarakat. Tujuan dengan adanya kolaborasi literasi dengan pihak luar sekolah, akan memberikan pengalaman dan pembelajaran baru bagi peserta didik, serta menciptakan kesempatan untuk mengakses sumber daya, metode, dan kegiatan literasi yang lebih variatif, sehingga dapat terus meningkatkan minat baca peserta didik.

Berdasarkan analiisis tersebut, rancanglah sebuah kegiatan/program untuk menumbuhkan/meningkatkan lingkungan kaya literasi di sekolah tersebut. Rancangan anda setidaknya meliputi informasi berikut:

a. Nama Sekolah: SD N Kalisari 1

b. Program/Kegiatan yang sudah berjalan

    1) Pojok baca

    2) Gerakan Literasi Sekolah (GLS)

    3) Kunjungan perpustakaan

    4) Majalah dinding (Mading)

    5) Hiasan interaktif

    6) Lomba bercerita

c. Program yang bisa ditambahkan

Mendengarkan dongeng bersama

Program mendengarkan dongeng bersama ini merupakan program yang dilaksanakan dengan bekerjasama dengan pihak luar sekolah, yaitu pihak sekolah dapat mengundang pendongeng dari luar untuk mengisi pada program ini. Tujuannya untuk meningkatkan minat baca, keterampilan mendengarkan, dan kemampuan berbicara siswa melalui kegiatan mendengarkan cerita. Kegiatan dilaksanakan sebelum pembelajaran, tempatnya di aula sekolah. Seluruh peserta didik dan guru mengikuti kegitan mendengarkan dongeng bersama. Setelah kegiatan mendengarkan dongeng bersama selesai, peserta didik akan masuk ke kelas masing-masing dan kemudian merefleksikan apa yang telah didengar bersama-sama dengan guru kelas masing-masing.

d. Pihak yang dapat dilibatkan

     1) Warga sekolah

          Kepala sekolah, guru dan seluruh warga sekolah dapat mendukung program tersebut dan memfasilitasinya.

    2) Orang tua

          Orang tua dapat dilibatkan dengan turut serta hadir dalam pelaksanaan kegiatan mendengarkan dongeng bersama dan        memberikan dukungan serta dorongan untuk anak-anaknya.

     3)Pendongeng profesional

        Mengisi program literasi dengan membacakan dongeng.

e. Target waktu yang ditetapkan

    Waktu pelaksanaan: 1 bulan sekali

    Durasi : 60 -- 75 menit

    Waktu pelaksanaan : sebelum pembelajaran dimulai, tempatnya di aula sekolah

  •   Kegiatan 1: Mendengarkan dongeng

             Waktu: 20-25 menit

            Detail kegiatan : peserta didik akan duduk bersama di aula sekolah untuk mendengarkan dongeng bersama yang dibacakan oleh  pendongeng dari luar sekolah.

  • Kegiatan 2: Diskusi dan refleksi

           Waktu: 20 menit

           Detail kegiatan: peserta didik akan masuk ke kelasnya masing-masing dan kemudian berdiskusi dengan guru kelasnya, mengenai pesan moral yang terkandung dalam cerita, karakter-karakter dalam cerita, dan perasaan mereka terhadap cerita tersebut. Peserta didik diajak untuk berbicara atau menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

  • Kegiatan 3: Kreativitas anak

           Waktu: 30 menit

           Detail kegiatan: peserta didik diajak untuk membuat gambar, menulis ulang cerita dalam bentuk singkat, atau menceritakan kembali cerita yang telah mereka dengar.

f. Indikator keberhasilan program

    1)Peserta didik aktif berpartisipasi mengikuti program dengan hadir dalam kegiatan mendengarkan dongeng bersama.

    2)Peserta didik antusias mendengarkan dongeng dengan menunjukkan ekspresi misalnya tertawa, terharu, merasa takut pada saat mendengarkan dongeng.

    3)Peserta didik terlibat aktif tanya jawab bersama guru terkait cerita yang didengarkan pada kegiatan refleksi.

   4)Peserta didik dapat membuat karya berdasarkan cerita yang telah didengarkan baik itu bentuk gambar, puisi, pantun, menulis kembali isi cerita atau dapat menceritakan kembali isi cerita dengan tepat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun