Rencana aksi nyata terkait asesmen membaca dan menulis memuat lima komponen yaitu:.
1. Kegiatan yang dipilih.
A. Kompetensi Awal
Peserta didik dapat mengenali bentuk dan bunyi huruf
Peserta didik dapat membaca suku kata ba, bi, bu, be, dan bo.
Peserta didik dapat menulis nama sendiri.
B. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf "b", menulis huruf "B" dan "b", serta menulis namanya sendiri.
2. Strategi yang digunakan.
Strategi Pembelajaran Ekspositori
3. Alokasi waktu.
2 JP (2x 35 menit)
4. Langkah-langkah kegiatan.
Tahap
Kegiatan
Estimasi waktu
Pendahuluan
- Guru memberikan salam pembuka
- Guru meminta salah satu siswa memimpin siswa membacakan doa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
- Siswa dicek kehadirannya oleh guru.
- Siswa diajak bersama sama menyanyikan menyanyikan lagu Garuda Pancasila.
- Mengajak siswa tepuk semangat
- Sebelum pembejaran guru mengajak mereka berbincang tentang yang mereka lihat  dalam perjalanan ke sekolah hari ini
- Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang:
Pernahkah kalian mendengar suara "Duk! Duk!"?
Biasanya, apa yang berbunyi "Duk! Duk!"?
Bagaimana cara merawat indera pendengar?
- Guru mengajak siswa mengamati gambar dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan
10 menit
Inti
- Guru membacakan cerita bacaan "Duk! Duk!"
- Siswa menyimak guru membaca dan kemudian siswa secara bersama-sama menirukan guru membaca.
- Guru mendiskusikan pertanyaan yang terdapat pada buku siswa
- Guru mengajak siswa membaca huruf secara berturut dengan menunjuk apda poster abjad di kelas atau kartu huruf.
- Siswa diminta untuk menyanyikan lagu abjad
- Guru meminta siswa menirukan setiap abjad  dan lafalkan bunyinya.
- Siswa diminta membedakan bentuk huruf kapital dan huruf kecil.
- Guru meminta siswa untuk bergantian menyebutkan nama huruf yang ditunjuk oleh guru.
- Guru dapat melakukan kegiatan membaca huruf secara rutin.
- Guru dapat melakukan pemetaan dan menuliskan nama peserta dan kemampuannya untuk dapat memperoleh bantuan yang tepat pada kegiatan berikutnya.
- Setelah itu, guru dapat mengajarkan anak-anak berlatih menulis
- Sebelum itu, guru memastikan siswa dalam keadaan postur tubuh yang baik dan sesuai untuk menulis.
- Guru membagikan kertas karton yang telah dipotong-potong dengan ukuran yang lebih besar daripada kartu nama yang disematkan di dada peserta didik (ukuran kertas A5, atau kurang lebih 6 x 8,5 cm).
- Peserta didik menuliskan namanya di salah satu sisi kartu tersebut.
- Guru melakukan pendampingan melatih siswa yang belum mampu menulis namanya
- Guru meminta siswa menghias kartu nama, dengan menggambar benda kesukaan mereka dan mewarnainya.
- Guru meminta siswa menunjukkan kartu nama masing-masing di depan kelas, memperkenalkan nama lengkap beserta dengan benda kesukaannya.
- Guru mengapresiasi siswa yang mau maju di depan kelas dengan tepuk salut.
- Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pekerjaan siswa yang telah dipresentasikan
- Siswa diberikan ice breaking
45 menit
Penutup
- Siswa dan guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari
- Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami
- Melakukan penilaian asesmen secara tertulis
- Siswa bersama guru merefleksikan pembelajaran hari ini: apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
- Siswa diberikan pesan moral yang bisa diambil dari pelajaran ini, yaitu untuk senantiasa belajar mengenali abjad, merangkai suku kata.
menit
5. Asesmen yang digunakan.
Asesmen formatif  aspek kognitif
      LEMBAR KERJA SISWA
Nama : Kelas : Petunjuk!
Â
Â
Nilai
Paraf Orang Tua
Â
Â
Tabel 1.2 Contoh Rubrik Penilaian Pengenalan Huruf Contoh Rubrik Penilaian Pengenalan Huruf (Beri tanda centang pada baris nama peserta didik sesuai nilainya)
Â
Â
Â
Nama Peserta Didik
Dapat menyebutkan 5 huruf Nilai = 1
Dapat menyebutkan 5-12 huruf Nilai = 2
Dapat menyebutkan lebih dari 12 huruf Nilai =3
Dapat menyebutkan semua huruf Nilai = 4
Â
Â
Â
Â
Â
1 = kurang         2= cukup     3= Baik            4= sangat baik
Â
Asesmen formatif aspek psikomotorik
Tabel 1.3 contoh rubik penilaian menulis nama sendiri (beri tanda centang pada baris nama peserta didik sesuai nilainya)
Nama Peserta Didik
Peserta Didik Belum Dapat Meniru Nama yang Telah Dibuat Guru
Nilai = 1
Peserta Didik Mampu Menulis Namanya dengan Meniru Nama yang Telah Dibuat Guru Nilai = 2
Peserta Didik Mampu Menulis Namanya Secara Mandiri Nilai = 3
Peserta Didik Mampu Menulis Nama Lengkapnya Secara Mandiri
Nilai = 4
1= kurang           2= Cukup     3= Baik            4= Sangat Baik
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H