Mohon tunggu...
Latifatun Nadya
Latifatun Nadya Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi saya bersepeda, dan konten yang saya gemari adalah konten pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

T3.7 Aksi Nyata Literasi Dasar

9 Januari 2025   11:53 Diperbarui: 9 Januari 2025   11:53 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Rencana aksi nyata terkait asesmen membaca dan menulis memuat lima komponen yaitu:.

1. Kegiatan yang dipilih.

A. Kompetensi Awal

Peserta didik dapat mengenali bentuk dan bunyi huruf

Peserta didik dapat membaca suku kata ba, bi, bu, be, dan bo.

Peserta didik dapat menulis nama sendiri.

B. Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat mengenali abjad, merangkai suku kata yang diawali huruf "b", menulis huruf "B" dan "b", serta menulis namanya sendiri.

2. Strategi yang digunakan.

Strategi Pembelajaran Ekspositori

3. Alokasi waktu.

2 JP (2x 35 menit)

4. Langkah-langkah kegiatan.

Tahap

Kegiatan

Estimasi waktu

Pendahuluan

  1. Guru memberikan salam pembuka
  2. Guru meminta salah satu siswa memimpin siswa membacakan doa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
  3. Siswa dicek kehadirannya oleh guru.
  4. Siswa diajak bersama sama menyanyikan menyanyikan lagu Garuda Pancasila.
  5. Mengajak siswa tepuk semangat
  6. Sebelum pembejaran guru mengajak mereka berbincang tentang yang mereka lihat  dalam perjalanan ke sekolah hari ini
  7. Siswa menjawab pertanyaan dari guru tentang:

Pernahkah kalian mendengar suara "Duk! Duk!"?

Biasanya, apa yang berbunyi "Duk! Duk!"?

Bagaimana cara merawat indera pendengar?

  1. Guru mengajak siswa mengamati gambar dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan

10 menit

Inti

  1. Guru membacakan cerita bacaan "Duk! Duk!"
  2. Siswa menyimak guru membaca dan kemudian siswa secara bersama-sama menirukan guru membaca.
  3. Guru mendiskusikan pertanyaan yang terdapat pada buku siswa
  4. Guru mengajak siswa membaca huruf secara berturut dengan menunjuk apda poster abjad di kelas atau kartu huruf.
  5. Siswa diminta untuk menyanyikan lagu abjad
  6. Guru meminta siswa menirukan setiap abjad  dan lafalkan bunyinya.
  7. Siswa diminta membedakan bentuk huruf kapital dan huruf kecil.
  8. Guru meminta siswa untuk bergantian menyebutkan nama huruf yang ditunjuk oleh guru.
  9. Guru dapat melakukan kegiatan membaca huruf secara rutin.
  10. Guru dapat melakukan pemetaan dan menuliskan nama peserta dan kemampuannya untuk dapat memperoleh bantuan yang tepat pada kegiatan berikutnya.
  11. Setelah itu, guru dapat mengajarkan anak-anak berlatih menulis
  12. Sebelum itu, guru memastikan siswa dalam keadaan postur tubuh yang baik dan sesuai untuk menulis.
  13. Guru membagikan kertas karton yang telah dipotong-potong dengan ukuran yang lebih besar daripada kartu nama yang disematkan di dada peserta didik (ukuran kertas A5, atau kurang lebih 6 x 8,5 cm).
  14. Peserta didik menuliskan namanya di salah satu sisi kartu tersebut.
  15. Guru melakukan pendampingan melatih siswa yang belum mampu menulis namanya
  16. Guru meminta siswa menghias kartu nama, dengan menggambar benda kesukaan mereka dan mewarnainya.
  17. Guru meminta siswa menunjukkan kartu nama masing-masing di depan kelas, memperkenalkan nama lengkap beserta dengan benda kesukaannya.
  18. Guru mengapresiasi siswa yang mau maju di depan kelas dengan tepuk salut.
  19. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pekerjaan siswa yang telah dipresentasikan
  20. Siswa diberikan ice breaking

45 menit

Penutup

  1. Siswa dan guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari
  2. Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami
  3. Melakukan penilaian asesmen secara tertulis
  4. Siswa bersama guru merefleksikan pembelajaran hari ini: apakah pembelajaran hari ini menyenangkan?
  5. Siswa diberikan pesan moral yang bisa diambil dari pelajaran ini, yaitu untuk senantiasa belajar mengenali abjad, merangkai suku kata.

menit

5. Asesmen yang digunakan.

Asesmen formatif  aspek kognitif

            LEMBAR KERJA SISWA

Nama : Kelas : Petunjuk!

 

 

Nilai

Paraf Orang Tua

 

 

Tabel 1.2 Contoh Rubrik Penilaian Pengenalan Huruf Contoh Rubrik Penilaian Pengenalan Huruf (Beri tanda centang pada baris nama peserta didik sesuai nilainya)

 

 

 

Nama Peserta Didik

Dapat menyebutkan 5 huruf Nilai = 1

Dapat menyebutkan 5-12 huruf Nilai = 2

Dapat menyebutkan lebih dari 12 huruf Nilai =3

Dapat menyebutkan semua huruf Nilai = 4

 

 

 

 

 

1 = kurang                 2= cukup        3= Baik                      4= sangat baik

 

Asesmen formatif aspek psikomotorik

Tabel 1.3 contoh rubik penilaian menulis nama sendiri (beri tanda centang pada baris nama peserta didik sesuai nilainya)

Nama Peserta Didik

Peserta Didik Belum Dapat Meniru Nama yang Telah Dibuat Guru

Nilai = 1

Peserta Didik Mampu Menulis Namanya dengan Meniru Nama yang Telah Dibuat Guru Nilai = 2

Peserta Didik Mampu Menulis Namanya Secara Mandiri Nilai = 3

Peserta Didik Mampu Menulis Nama Lengkapnya Secara Mandiri

Nilai = 4

1= kurang                    2= Cukup        3= Baik                      4= Sangat Baik

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun