Salam sejahtera bagi kita semua,Â
Penulis ingin berbagi pengalaman dengan teman-teman semua yang kebetulan berprofesi sebagai guru dan semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat tentunya.
Pada Kamis 25 Januari 2024 kebetulan tugas mengajar mulai pukul 06.30-08.00 WIB disela-sela jam kosong ingin sekali berkeliling lingkungan sekolah melihat kondisi siswa lainnya. Ada yang membuat tertarik pada kegiatan siswa kelas XII TMPO 2, terlihat ada anak yang sedang merekam teman mereka yang sedang praktek. Penasaran apa yang mereka lakukan saya menghampiri mereka lalu bertanya kepada salah satu anak bernama Azizi Bintang. "Sedang apa zi?" tanya penulis kepada Azizi. "Mengerjakan tugas pak, berperan sebagai SA (Service Advisor)" Jawab Azizi.Â
Ternyata salah satu teman guru sedang memberikan tugas Role Playing sebagai SA. Nah pertanyaannya macam mana pula itu "ROLE PLAYING"?
Role playing atau bermain peran menurut Zaini, dkk (2008:98) adalah suatu aktivitas pembelajaran terencana yang dirancang untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang spesifik. Prinsip bermain peran adalah untuk memerankan peran-peran yang ada didunia nyata ke dalam pertunjukkan peran di dalam kelas, yang kemudian dijadikan bahan refleksi siswa yang lain memberikan penilaian terhadap pemeran.
Sementara itu Role Playing menurut Huda (2013:209) adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan majinasi dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan siswa dengan memerankan diri sebagai tokoh hidup atau benda mati. Berdasarkan pengertian para ahli dapat disimpulkan bahwa Role playing adalah pembelajaran yang disusun dengan melibatkan siswa untuk memerankan diri sebagai tokoh agar tujuan pembelajaran tercapai.
Menurut Van Ments dalam Zaini dkk (2008:100) hasil dari interaksi pembuat peran dengan skenario, individu-individu, atau teman lain dalam kelas, atau kedua-duanya belajar sesuatu tentang seseorang, problem dan/atau situasi yang spesifik dari bidang tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa model role playing merupakan model pembelajaran termasuk rumpun sosial yang menekankan individu dengan orang lain atau masyarakat.
Jadi artinya setiap siswa memiliki peran masing-masing didalam kegiatan pembelajaran, yang terjadi diatas adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan bermain peran saat ada kegiatan di bengkel bahwa ada prosedur dalam menerima job. maka sang guru menugaskan untuk mendalami karakter sebagai SA (service advisor) dibantu teman lainnya sebagai mekanik, customer dan juga admin. Sehingga terjadilah kolaborasi antara mereka sebagai satu tim yang kompak.
taklupa juga mereka menyiapkan skenario dari awala customer datang diterima oleh SA, lalu service mobil oleh mekanik sampai dengan penyelesaian administrasi oleh bagian admin.Â
Lantas bagaimana langkah-langkah Model Pembelajaran Role Playing sih ?