Mohon tunggu...
Sri Wintala Achmad
Sri Wintala Achmad Mohon Tunggu... Penulis - Penulis, Editor Video, Graphic Designer

SRI WINTALA ACHMAD, pernah belajar di Fak. Filsafat UGM Yogyakarta. Karya-karya sastranya dipublikasikan di Kompas, Republika, Suara Karya, Suara Pembaruan, Suara Merdeka, Lampung Pos, Trans Sumatera, Bangka Pos, Solo Pos, Surabaya Pos, Banjarmasin Pos, Kedaulatan Rakyat, Minggu Pagi, Bernas, Masa Kini, Yogya Pos, Merapi, Fajar Sumatera, Amanah (Malaysia), Aksara International Journal of Indonesian Literature (Australia), Suara Muhammadiyah, Adiluhung, Trapsila, Bakti, Praba, Gong, Artista, Mata Jendela, Jaya Baya, Djaka Lodang, Penyebar Semangat, Mekarsari, Pagagan, Sempulur, Swaratama, Karas, dll. Antologi sastra dan esai kolektifnya: Pelangi (Karta Pustaka/Rasialima, 1988); Nirmana (Wirofens Group, 1990); Alif-Lam-Mim (Teater Eska/SAS, 1990); Zamrud Katulistiwa (Balai Bahasa Yogyakarta/Taman Budaya Yogyakarta, 1997); Sastra Kepulauan (Dewan Kesenian Sulawesi Selatan, 1999); Pasar Kembang (Komunitas Sastra Indonesia, 2000); Embun Tajali (FKY 2000); Lirik Lereng Merapi (Dewan Kesenian Sleman, 2000); Bilah Belati di Depan Cermin (Dewan Kesenian Sleman, 2002); Di Batas Jogja (FKY, 2002); Code (FKY, 2005); Musik Puisi Nasional (LKiS, 2006); Malioboro (Balai Bahasa Yogyakarta, 2008); Perempuan Bermulut Api (Balai Bahasa Yogyakarta, 2010); Tiga Peluru (Kumpulan Cerpen Pilihan Mingguan Minggu Pagi Yogyakarta, 2010); Pasewakan (2011), Kembali Jogja Membaca Sastra (Rumah Budaya Tembi, 2011); Suluk Mataram (Great Publisher, 2011); Jejak Sajak (Jambi, 2012); Dari Sragen Memandang Indonesia (Dewan Kesenian Sragen, 2012); Sauk Seloko – Pertemuan Penyair Nusantara VI (Dewan Kesenian Jambi, 2012); Indonesia di Titik 13 (Dewan Kesenian Pekalongan, 2013); Spring Fiesta [Pesta Musim Semi] (Indonesian & English Poetry Grup & Araska Publisher, 2013); Tifa Nusantara I (Temu Penyair Nusantara – Dewan Kesenian Tangerang, 2013); Sesotya Prabangkara ing Langit Ngayogya (Yogyakarta, 2014); Negeri Langit (Komunitas Radja Ketjil Jakarta, 2014); Rantau Cinta, Rantau Sejarah (Jurnal Sajak, 2014); Tifa Nusantara II (Temu Penyair Nusantara – Dewan Kesenian Tangerang, 2015); Pesta Rakyat Sleman (Digna Pustaka dan Lingkar Budaya Sleman, 2015); Jalan Remang Kesaksian (LPSK/Rumah Budaya Tembi, 2015); Jejak Tak Berpasar (Komunitas Sastra Indonesia/Yayasan Laksita, 2015); Memandang Bekasi (Dewan Kesenian Bekasi/Dinas Parbudpora Kabupaten Bekasi, 2015); Ngelmu Iku Kelakone Kanthi Laku (Balai Bahasa Yogyakarta, 2016); Ije Lela Tifa Nusantara 3 (Marabahan, 2016); Klungkung Tanah Tua, Tanah Cinta (Klungkung Bali, 2016); Matahari Cinta Samudra Kata (Yayasan Hari Puisi Indonesia, 2016); Seratus Puisi Qurani (2016); Kopi Penyair Dunia (2016); Pesan Damai untuk Seluruh Manusia (PCIUN Maroko, 2017); Kota Terbayang (Taman Budaya Yogyakarta, 2017); Puisi Tentang Bogor (2017); Puisi Tentang Masjid (2017); Dari Partai Demokrat untuk Indonesia (2017); Senja Jati Gede (2017); Jajah Desa Milang Kori (Balai Bahasa Yogyakarta, 2017); Menepis Sunyi Menyibak Batas (Balai Bahasa Jawa Tengah, 2018); Dari Cempuring ke Sunan Panggung (Balai Bahasa Jawa Tengah, 2018); Kembang Glepang (2018); Sesapa Mesra Selinting Cinta – Temu Penyair Nusantara XI (Kudus, 2019); Terus Berkarya di Usia Senja, Brengkesan 72 Tahun Ahmad Tohari (2020); Nalika Rembulan Bunder (Balai Bahasa Jawa Tengah, 2020); Nunggak Semi Dunia Iman Budhi Santosa (2021), naskah lakon terjemahan Dahuru ing Negeri Semut (Balai Bahasa Jawa Tengah, 2021); Sejuta Puisi untuk Jakarta (2022), dan Kembang Glepang 3 (2023). Novel, fiksi sejarah, cerita rakyat, cerita wayang: Centhini: Malam Ketika Hujan (Diva Press Yogyakarta, 2011); Dharma Cinta (Laksana, 2011); Jaman Gemblung (Diva Press Yogyakarta, 2011); Sabdapalon (Araska, 2011); Dharma Gandul: Sabda Pamungkas dari Guru Sabdajati (Araska, 2012); Ratu Kalinyamat: Tapa Wuda Asinjang Rikma (Araska, 2012); Kiamat: Petaka di Negeri Madyantara (In AzNa Books, 2012); Centhini: Kupu-Kupu Putih di Langit Jurang Jangkung (Araska, 2012); Serial Crita Rakyat Dahuru ing Praja Wilwatikta (Majalah Djaka Lodang, 2022); Serial Crita Rakyat Pletheke Surya Wilwatikta (Majalah Jayabaya, 2022-2023); dan Serial Crita Rakyat Sigare Bumi Wilwatikta (Majalah Penyebar Semangat, 2023); dan Serial Crita Wayang Kresna Duta (Majalah Jayabaya, 2024). Buku-buku lainnya yang sudah terbit: Membuka Gerbang Dunia Anak (Annora Media, 2009); Suyudana Lengser Keprabon (In AzNa Books, 2011); Kisah Jagad Pakeliran Jawa (Araska, 2011); Wisdom Van Java (In AzNa Books, 2012); Falsafah Kepemimpinan Jawa: Soeharto, Sri Sultan HB IX & Jokowi (Araska, 2013); Sejarah Kejayaan Singhasari & Kitab Para Datu (Araska, 2013); Babad Tanah Jawa (Araska, 2014); Sejarah Raja-Raja Jawa (Araska, 2014); Satriya Piningit (Araska, 2014); Geger Bumi Mataram (Araska, 2014); Geger Bumi Majapahit (Araska, 2014); Ensklopedia Kearifan Jawa (Araska, 2014); Sejarah Perang di Bumi Jawa (Araska, 2014); Sejarah Runtuhnya Kerajaan-Kerajaan di Nusantara (Araska, 2014); Ensklopedia Raja-Raja Nusantara (Araska, 2014); Ensklopedia Karakter Tokoh-Tokoh Wayang (Araska, 2014); Wanita dalam Khasanah Pewayangan (Araska, 2015); Aja Dumeh: Buku Pintar Kearifan Orang Jawa (Araska, 2015); Panduan Praktis Menjadi Penulis Andal: Karya Ilmiah, Artikel, Resensi, Apresiasi & Kritik Seni, Naskah Lakon, Puisi, Cerpen, dan Novel (Araska, 2015); Buku Induk Bahasa dan Sastra Indonesia (Araska, 2015); Mahir Peribahasa Indonesia (Araska, 2015); Buku Induk EYD (Araska, 2015); Politik dalam Sejarah Kerajaan Jawa (Araska, 2016); Babad Tanah Jawa: dari Watugunung yang Menikahi Ibunya hingga Geger PeChinan (Araska, 2016); Petuah-Petuah Leluhur Jawa (Araska, 2016); Babad Giyanti: Palihan Nagari dan Perjanjian Salatiga (Araska, 2016); 13 Raja Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah Kerajaan di Tanah Jawa (Araska, 2016); Sejarah Kerajaan-Kerajaan Besar di Nusantara (Araska, 2016); Menulis Kreatif itu Gampang (Araska, 2016); Sejarah Pemberontakan Kerajaan di Jawa (Araska, 2017); Filsafat Jawa (Araska, 2017); Sejarah dan Asal-Usul Orang Jawa (Araska, 2017); Sejarah Raja-Raja Jawa dari Kalingga hingga Mataram Islam (Araska, 2017); Sejarah Istri-Istri Raja Jawa (Araska, 2017); Sejarah Islam di Tanah Jawa (Araska, 2017); Kisah Horror Ketemu Genderuwo (Araska, 2017); Sang Jenderal: Riwayat Hidup, Perjuangan, dan Cinta Jenderal Soedirman (Araska, 2017); Sejarah Perang Kerajaan-Kerajaan di Nusantara (Araska, 2017); Etika Jawa (Araska, 2018); Filsafat Kepemimpinan Jawa (Araska, 2018); Kronik Perang Saudara dalam Sejarah Kerajaan di Jawa 1292-1767 (Araska, 2018); Sejarah Runtuhnya Sriwijaya dan Majapahit (Araska, 2018); Hitam Putih Mahapatih Gajah Mada (Araska, 2018); Sultan Agung: Menelusuri Jejak-Jejak Kekuasaan Mataram (Araska, 2019); Sejarah Kejayaan Singhasari Antara Mitos, Fakta, Pesona, dan Sisi Kelamnya (Araska, 2019); Untung Surapati: Pemberontakan Seorang Budak (Araska, 2019); Ratu Kalinyamat (Araska, 2019); Hitam Putih Majapahit (Araska, 2019); Gajah Mada Kisah Cinta dan Kisah Penakluk-Penaklukannya (Araska, 2019); Perang Bubat (Araska, 2020); Babad Diponegoro: Kisah Sejarah, Silsilah & Pemikiran Sufistik Pangeran Diponegoro (Araska, 2023), Etika Jawa: Prinsip Hidup dan Pedoman Hidup Orang Jawa (Araska, 2023), Falsafah Kepemimpinan Jawa: Menyelami Kearifan dan Filosofi Kepemimpinan dalam Budaya Jawa (Araska, 2024), Perang Suksesi Jawa: Melacak Konflik dan Intrik para Pangeran Darah Biru dalam Pergeseran Kekuasaan Di Keraton Jawa (Araska, 2024), dan Horror Tanah Jawa Tumbal Genderuwo (Araska, 2024). Bersama Indra Tranggono dan R. Toto Sugiharto, menulis buku Profil Seniman dan Budayawan Yogyakarta #15 (Taman Budaya Yogyakarta, 2016), Profil Seniman dan Budayawan Yogyakarta #16 (Taman Budaya Yogyakarta, 2017). Prestasi yang diraih dalam dunia kepenulisan: Nominasi Lomba Cipta Puisi Esai tingkat nasional (2014), Juara II Lomba Cipta Cerpen Sanggar Sastra Bukit Bintang Yogyakarta (2018), Nominasi Lomba Cipta Puisi Nasinal “Sejuta Puisi untuk Jakarta” (2022), dan Juara III Lomba Cipta Puisi Multimedia “Keris,” Dinas Kebudayaan Yogyakarta (2023). Nama kepenyairannya dicatat dalam: Buku Pintar Sastra Indonesia (Pamusuk Eneste, Penerbit Kompas, 2001), dan Apa dan Siapa Penyair Indonesia (Abdul Hadi WM, Ahmadun Yosi Herfanda, Hasan Aspahani, Rida K Liamsi, dan Sutardji Calzoum Bachri, Yayasan Hari Puisi, 2017). Profil kesastrawanannya dicatat dalam: Ngelmu Iku Kelakone Kanthi Laku (Balai Bahasa Yogyakarta, 2016); Jajah Desa Milang Kori (Balai Bahasa Yogyakarta, 2017), Menepis Sunyi Menyibak Batas (Balai Bahasa Jawa Tengah, 2018), dan Profil Seniman dan Budayawan Yogyakarta #18 (Taman Budaya Yogyakarta, 2021). Selain menulis buku, sering menjadi juri lomba baca dan cipta karya sastra di lingkungan sekolah, juri lomba teater dan pantomim, serta dipercaya sebagai nara sumber dalam pelatihan cipta karya sastra untuk siswa dan guru. Sekarang mengelola Paguyuban Sholawat Jawa Langen Ambiya dan Sanggar Lierasi Laras Aksara (Selaksa) Yogyakarta. Yogyakarta. Tinggal di Gejawan Kulon 02/034, Balecatur, Gamping, Sleman, Yogyakarta. WA: 0856-0007-1262.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sendang Kasihan dari Situs Sejarah hingga Puisi Nora

27 Agustus 2024   02:12 Diperbarui: 27 Agustus 2024   05:41 110
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bantul merupakan salah satu wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di daerah Bantul tersebut, banyak ditemukan tempat wisata dan situs sejarah. Beberapa tempat wisata yang tersohor, di antaranya: Pantai Parangtritis, Pantai Parang Kusuma, Pantai Cemara Sewu, Pantai Gua Cemara, dll. Adapun situs sejarah, di antaranya: Makam Raja-Raja Mataram, Segarayasa, Gua Selarong, Sendang Kasihan, dll.

Sendang Kasihan yang terletak di dusun Kasih, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta merupakan sumber alami. Terbukti air sendang yang tampak jernih tidak pernah kering meskipun di musim kemarau panjang. Selain untuk mandi warga sekitar, air sendang digunakan untuk memasak dan sumber air minum.

https://www.tribunnews.com
https://www.tribunnews.com
Lantaran dikeramatkan oleh sebagian masyarakat sekitar dan para peziarah, Sendang Kasihan sering dijadikan sebagai tempat ritual. Setiap malam Jumat Kliwon, Jumat Legi, dan Selasa Kliwon; Sendang Kasihan dikunjungi para peziarah. Mereka yang datang di sendang baik nyekar maupun kungkum setiap jam 12 malam tersebut memiliki tujuan beragam. Sebagian mereka bertujuan agar dimudahkan rezekinya. Sebagian lainnya ingin mendapat ketenteraman. Sebagian lainnya lagi untuk mendapatkan jodoh.

Sebagai Situs Sejarah 

https://1001indonesia.net
https://1001indonesia.net

Terdapat dugaan  sebagian masyarakat bahwa Sendang Kasihan semula merupakan patirtan bagi masyarakat Hindu. Mengingat di sekitar sendang, terdapat arca Ganesha dan Resi Agastya. Namun dugaan tersebut masih dipertanyakan kebenarannya. Mengingat belum ada sumber-sumber sejarah terpercaya yang menyatakan bahwa Sendang Kasihan merupakan patirtan umat Hindu.

Masyarakat lain menduga bahwa Sendang Kasihan dibuat oleh Sunan Kalijaga. Dugaan mereka belum bisa diyakini kebenarannya. Mengingat belum ditemukan sumber sejarah atau pendapat para sejarawan yang menyatakan bahwa Sendang Kasihan merupakan buatan Sunan Kalijaga. Dugaan tersebut hanya bersifat jarene (katanya) yang berkembang secara tutur tinular.

Menurut Babad Tanah Jawa, Sendang Kasihan dikaitkan dengan persengketaan Panembahan Senapati versus Ki Ageng Mangir Wanabaya. Berkat nasihat Ki Juru Mrentani, raja Mataram pertama itu memerintahkan Pembayun putrinya sebagai rante mas untuk menaklukkan Ki Ageng Mangir. Sebelum berangkat ke Mangiran, Pembayun yang menyamar sebagai ledhek Lara Kasihan melakukan ritual kungkum agar mendapat daya pengasihan di Sendang Kasihan.

Mengacu laku Pembayun tersebut, banyak wanita yang melakukan ritual di Sendang Kasihan untuk mendapat daya pengasihan. Rata-rata mereka adalah wanita berstatus janda atau lajang yang berhasrat mendapatkan suami. Sebagaimana peziarah lainnya, mereka pun melakukan kungkum dan nyekar.

Sendang Kasihan dalam Puisi Nora

Nora Septi Arini & Joko Pinurbohttps://www.facebook.com/photo.php?fbid=10223420755656300&set=pb.1509624282.-2207520000&type=3
Nora Septi Arini & Joko Pinurbohttps://www.facebook.com/photo.php?fbid=10223420755656300&set=pb.1509624282.-2207520000&type=3

Lain masyarakat umum, lain penyair Nora Septi Arini. Bagi masyarakat umum memandang Sendang Kasihan bersifat fisik dan fungsional. Sementara bagi Nora  memandang sendang secara metafisik, filosofis, dan puitik. Pendapat ini ditunjukkan dengan pandangannyav dalam puisi Umpak dan Janji.

Dalam karya tersebut, Nora menuliskan bahwa riak air Sendang Kasihan semerdu langgam gambang. Sendang sendiri dimaknai oleh Nora sebagai sarang laba-laba yang merupakan tempat wiridan. Suatu laku spiritual manusia untuk menemukan atau mendekatkan diri dengan Tuhan melalui proses membuka rahasia-rahasia dari empat penjuru. Pemahaman ini disampaikan Nora melalui larik-larik puisinya yang sangat imajis, sebagai berikut:

//... pada sendang pengasihan/riak merdu serupa langgam sebuah gambang/bayangmu menggugah sarang laba-laba sembari mengeja wiridan/menjinjing napas menyibak lebat semak/yang mengepung empat umpak di alas kebon seberang...//.

Tampaknya Nora mengaitkan Sendang Kasihan dengan kisah cinta Pembayun dan Ki Ageng Mangir Wanabaya. Sesudah bertemu dengan Ki Ageng Mangir, Pembayun menghadapi pilihan simalakama. Di satu sisi, ia mengemban tugas dari Panembahan Senapati untuk membunuh Mangir. Di sisi lain, ia mencintai Mangir yang bermakna harus mengkhianati titah orang tuanya.

Dalam hal ini, Nora melukiskan pilihan dilematis Pembayun yang berujung kepediahan itu  melalui dua larik dalam puisinya, sebagai berikut: //... jejak-jejak purbakala menyiratkan janji/akan ada pertemuan di balik kepedihan...//.

Dari puisi Umpak dan Janji dapat dipahami bahwa Nora menangkap Sendang Kasihan sebagai tempat ritual yang berkaitan dengan hubungan kosmis (hubungan kawula-Gusti). Di samping itu, ia mengaitkan Sendang Kasihan sebagai kisah cinta Pembayun dan Ki Ageng Mangir Wanabaya. (Sri Wintala Achmad)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun