Mohon tunggu...
AHMAD MUNIR
AHMAD MUNIR Mohon Tunggu... Freelancer - Pemerhati Lingkungan Hidup

Perhatian manusia terhadap lingkungan begitu rendah. Pembangunan yang dilakukan di banyak negara, termasuk Indonesia, lebih banyak mengejar target pembangunan dalam aspek - membangun dengan mengkonversi lahan, dari tutupan vegetasi ke lahan terbangun. Definisi ini telah membuat manusia sendiri rugi dalam menentukan kualitas hidup dan kehidupannya. Kiranya, kita perlu menelaah kembali untuk menghentikan membangun dengan arti demikian.

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Mewacanakan Indonesia Maju pada Pilpres 2019

17 November 2018   20:10 Diperbarui: 18 November 2018   00:51 395
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Mewacanakan Indonesia Maju pada Pilpres 2019

Oleh: Ahmad Munir

Tema kampanye pilpres tahun 2019 yang akan datang sudah dipenuhi dengan wacana SARA, ini terlihat dari beberapa kasus yang muncul di permukaan, seperti polemik pembakaran bendera, adanya perang wacana yang cenderung sara di media sosial, kejadian melompati makam tokoh NU, dan sederet aktivitas yang menjadi  konsern publik. Pertayannya, adakah tema kampanye yang lebih substansial untuk bangsa Indonesia?

Sesungguhnya tema-tema kampanye dari wacana SARA itu, tema receh. Publik sebenarnya tidak menghendaki tema sejenis ini, tapi elit politik menghendaki, dan ini digoreng dalam ruang publik, harian bahkan sehingga sangat tidak relevan. Harapannya wacana publik mengarah pada kondisi yang menuntut kesepahaman identitas, atau kesamaan suku, agama, ras dan lainnya. 

Indonesia Maju

Indonesia maju dalam definisi yang sederhana tidak bermakna Indonesia seperti singapura, atau Indonesia seperti korea, tidak itu substansinya. Indonesia maju dalam makna yang paling sederhana adalah tercapainya infrastruktur dasar yang memadai. 

Anggaran pusat memastikan jalan nasional tidak ada yang berlubang, anggaran provinsi memastikan jalan provinsi mulus dan anggaran kabupaten memastikan infrastruktur kabupaten sampai ke desa rapi dan baik. Selebihnya untuk menutup kekurangan itu, pemerintah menggelontorkan uang stimulus dana desa, untuk mendorong infrastruktur dasar di desa. 

Imajinasi Indonesia maju dari infrastruktur dasar selesai dan pemerintah juga menggandeng swasta untuk investasi pada infrastruktur dasar berupa jalan tol, yang mempercepat arus mobilitas dan arus distribusi barang. 

Indonesia maju adalah wajah indonesia yang kuat dan berbudaya. Indonesia maju ditandai dengan tinggi penghargaan dunia pada Indonesia, baik dari sisi keunggulan SDM-nya atau Kebudayaannya. Imaginasi Indonesia maju adalah harapan dari sebagian besar rakyat Indonesia, untuk memimpikan dan mengimajinasikan tentang Indonesia masa depan.

Indonesia  dengan SDM Unggul

Realitas bahwa publik kita belum siap memahami politik secara sistematis, menempatkan politik sebagai bahasan pokok, karena menyangkut hajat hidup dan kepentingan masyarakat banyak. Jelas tidak mudah, tidak seperti membalik telapak tangan. Konsern publik pada kemajuan dan pembangunan perlu didorong secara serius, melalui berbagai forum, yang memungkinkan publik terlibat dalam wacana Indonesia maju.

Indonesia maju perlu menjadi konsern, mengingat tahapan-tahapan pembangunan di Indonesia sudah mengarah pada substansi kemajuan Indonesia. Tidak mudah memang mewacanakan Indonesia maju, dari berbagai Indikator. Masyarakat belum terbiasa mengkonsumsi wacana yang berkaitan dengan kemajuan dan pembangunan. 

Tantangan yang paling update adalah publik menghadapi wacana sara yang disusuhkan elit secara berkelanjutan. Tidak saja ruang media, tetapi juga ruang social media juga dipenuhi perdebatan sara. Akankah, negeri yang siap tinggal landas maju terjebak dalam diskursus SARA.

Tema Kampanye 2019

Tema kampanye dengan mendorong wacana wacana ringan,  renyah dan sensitif tentu tidak  layak dipertahankan. Publik perlu disuguhi wacana yang jauh lebih substansial, prediktable dan mendorong publik mendapat wacana cerdas tentang  bagaimana Indonesia maju segera terwujud.

Indonesia maju  layak masuk dalam wacana kampanye Pilpres 2019.  Publik di Indoensaia layak mendapat narasi dari para capres, tentang bayangan Indonesia maju yang mereka angankan. Atau memang para capres dan cawapres ini tidak memiliki bayangan tentang Indonesia maju. Publik layak mendapat ruang pembelajaran politik, dengan narasi kemajuan Indonesia, dengan narasi  infrastruktur dasar di republik ini yang layak dan baik, serta memastikan aksesibilitas  penduduk di seluruh tanah air ini dapat memenuhi kebutuhan dasarnya secara mudah.

Jika perlu narasi-narasi kemajuan itu layak langsung dipertanyanya, misalnya berapa  rencana GDP yang akan ditarget oleh Capres Cawapres? Berapa rencana infrastruktur dasar yang akan di bangun, panjang jalan tol, jalan nasional, jalan daerah dan jalan sampai ke desa, nagari, kampung dll? Juga pertanyaan kepada capres berapa rumah sakit yang hendak di bangun?  

Intinya para capres dan cawapres wajib mendeskripsikan Indonesia maju versi mereka? Adakah bayangan tentang negeri Indonesia yang maju, yang aman damai sentosa sejahtera dan bermartabat? Ini pokok pikiran yang  perlu digagas pada kampanye pilpres 2019.

Ahmad Munir, Penggiat Politik

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun