Mohon tunggu...
Patrisia Arselita
Patrisia Arselita Mohon Tunggu... Novelis - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa jurusan Hubungan Internasional yang memiliki ketertarikan di bidang politik internasional

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

ODA Loan Bantuan Jepang dalam Proyek Pembangunan Kereta Cepat India

17 Oktober 2024   18:18 Diperbarui: 29 Oktober 2024   14:21 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

India dan Jepang memiliki histori kerjasama yang cukup baik sejak tahun 1952. Hal ini dibuktikan dengan adanya penandatanganan perjanjian antara kedua pihak yang berfokus pada kerjasama di bidang diplomatik. 

Selanjutnya, dipelopori oleh penandatanganan kerjasama dengan Japan International Coorporation (JICA), India dan Jepang sepakat untuk meningkatkan hubungan kerjasama ekonomi yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan. 

Badan kerja sama internasional Jepang atau yang lebih dikenal dengan JICA menyiapkan rencana pembangunan proyek kereta cepat India dengan bantuan pinjaman resmi dari Japan International Development Assistance.

Dalam bantuan dan kerjasama internasional, terdapat dua teori pembangunan yang membagi negara menjadi kelompok pemberi dan penerima bantuan. Yang pertama adalah paradigma modernisasi dimana negara pemberi bantuan cenderung memberikan bantuan dengan harapan mampu meningkatkan ekonomi, pertumbuhan sosial, serta nilai individu bagi negara penerima bantuan. 

Sementara yang kedua adalah paradigma dependensi dimana bantuan yang diberikan oleh suatu negara justru akan menimbulkan keterbelakangan yang disebabkan oleh ketergantuan negara lain.

Berdasarkan teori pembangunan yang dibagi menjadi dua paradigma besar, negara Jepang dan India masuk pada kategori yang berbeda. Jepang merupakan negara dunia pertama yang diketagorikan sebagai negara penguasa teknologi. 

Negara ini telah sepenuhnya mampu mencukupi kebutuhan teknologi maupun infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakatnya. Dalam hal ini, Jepang selanjutnya memperluas misinya dalam mendorong pembangunan di negara lain yang masuk dalam ketegori negara dunia kedua maupun ketiga.

Jepang dan India berkolaborasi bersama dalam pembangunan proyek kereta cepat Mumbai-Ahmedabad melalui pinjaman dana sebesar 400 juta yen. Dilansir dari JICA (Japan International Coorporation Agency), proyek ini bertujuan untuk mengembangkan sistem transportasi masal dengan membangun rel kereta api berkecepatan tinggi dengan gaya Shinkansen Jepang sepanjang lebih dari 500 km antara Mumbai dan Ahmedabad. 

Proyek pembangunan telah disepakati sejak tahun 2014 dan proses pembangunan masih terus berlangsung hingga pada saat artikel ini diterbitkan.

Selain bantuan yang berbentuk hutang luar negeri, Jepang juga memberikan bantuan lain dalam pentuk pelatihan tenaga konstruksi yang diharapkan dapat menunjang dan meningkatkan pengetahuan tenaga pembangunan. 

Jepang menyediakan bahan baku rangka kereta serta mengimpor peralatan persinyalan dalam sistem gerbong kereta. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembangunan gerbong kereta cepat.

Berdasarkan teori pembangunan paradigma modernisasi, proyek pembangunan kereta cepat India yang dibiayai oleh ODA Jepang merupakan salah satu langkah yang ditujukkan oleh Jepang untuk membuktikan komitmennya dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di negara berkembang. 

Melalui paradigma modernisasi, Jepang melakukan pendekatan dengan menyertakan bantuan pembangunan resmi dalam bentuk Official Development Assistance. Dalam hal ini, Jepang bertujuan untuk memperdayakan serta mengembangkan perekonomian lokal negara penerima bantuan sembari mempromosikan solusi teknologi industri Jepang.

Dalam proyek pembangunan kereta cepat Mumbai-Ahmedabad, Jepang bertujuan untuk melibatkan India untuk memenuhi kepentingan ekonomi kedua negara. Tidak dapat dipungkiri bahwa selain memenuhi tujuannya dalam mengembangkan proyek pembangunan berkelanjutan, Jepang juga memiliki kepentingan lain dalam menjalin hubungan kerjasama dengan India.

 Salah satunya adalah kepentingan untuk meningkatkan perekonomian kedua negara dimana proyek ini telah membuka jalan bagi India untuk mengembangkan tingkat produksi domestik ketika perusahaan multinasional memproduksi produk mereka di India.

Jepang menyediakan bahan baku rangka kereta yang dibutuhkan dalam proses pembangunan, tetapi bahan baku tersebut selanjutnya diproduksi di India untuk mendukung proyek pemerintah yang bernama "Make in India". Dalam hal ini, Jepang akhirnya membuka peluang bagi perusahaan multinasional dan domestik untuk meningkatkan produksi mereka di India.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun