Lembar Observasi Keterlaksanaan Rencana Aksi 1
"Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning"
Catatan Tambahan Hasil Observasi:
Model pembelajaran Discovery Learning yang diterapkan sudah sesuai dengan sintaknya dan telah melibatkan aktivitas peserta didik untuk menemukan sendiri jawaban dari setiap permasalahan yang telah diidentifikasi.
Pedoman Wawancara kepada guru lain yang bertindak sebagai observer
Apakah Ibu  Safriani Peranginangin, S.Pd dalam mengajar materi prinsip teknologi ramah lingkungan sudah pernah menerapkan model pembelajaran Discovery learning ?
Jawaban : Sudah pernah
Bagaimana cara guru menentukan model pembelajaran IPA sebelum mengajar di kelas?Â
Jawaban : Dengan cara menganalisis terlebih dahulu karakteristik materi yang akan disampaikan, kemampuan dasar peserta didik, sarana dan prasarana yang tersedia juga mempertimbangkan waktu yang tersedia.
Bagaimana dampak penggunaan model Discovery Learning dalam belajar prinsip teknologi ramah lingkungan ?Â
Jawaban : Peserta didik lebih mudah memahaminya, dikarenakan murid baik secara individu maupun kelompok menemukan jawaban dari setiap permasalahan, guru juga memfasilitasi proses pembelajaran mulai dari stimulus sampai kesimpulanÂ
Bagaimana manfaat penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran prinsip teknologi ramah lingkungan ?
Jawaban : Penerapan  Discovery Learning dalam pembelajaran pada materi prinsip teknologi ramah lingkungan  sangat membantu guru dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar baik secara individu maupun secara kelompok sehingga peserta didik dapat untuk lebih mudah memahami materi prinsip teknologi ramah lingkungan.
Apakah penerapan model  Discovery Learning pada materi prinsip teknologi ramah lingkungan dapat mengatasi masalah kurang keaktifan dalam proses pembelajaran.
Jawaban : Ya, dengan diterapkannya model pembelajaran discovery learning, siswa akan menjadi lebih aktif dalam belajar. Hal ini dikarenakan siswa dilatih untuk berpikir dan menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk menemukan hasil akhir diskusi prinsip teknologi ramah lingkungan. Pembelajaran ini juga lebih berpusat pada peserta didik, bukan guru.
Angket kepuasan peserta didik Terhadap Pembelajaran Discovery LearningÂ
Petunjuk:
Bacalah pernyataan di bawah ini dengan cermat dan pilihlah jawaban yang benar-benar cocok dengan pilihan mu
Pertimbangkan setiap pernyataan dan tentukan kebenarannya. Jawabanmu jangan dipengaruhi oleh jawaban pernyataan lain atau jawaban temanmu.
Pilih salah satu jawaban dengan jujur pada kolom yang tersedia dengan memberi tanda checklist ()
Keterangan:
STS: Sangat Tidak Setuju
TS: Tidak Setuju
R: Ragu-ragu
S: Setuju
SS: Sangat Setuju
Dari angket kepuasan 27 peserta didik yang telah diisi, dapat disimpulkan bahwa semua siswa dapat mengikuti sintak pada model discovery learning  dengan media gambar , merasa terbantu dengan bahan ajar yang diberikan serta adanya hal menarik dalam pembelajaran. Untuk  penyelesaian masalah di LKPD dan diskusi dalam kelompok mendapatkan skor kepuasan yang masih baik, meskipun ada responden yang menyatakan ragu-ragu, dan pada point mampu mengerjakan tugas dengan kemampuan sendiri juga masih memiliki skor tinggi, meskipun ada koresponden yang ragu-ragu. Dari angket ini dapat disimpulkan perlu adanya perbaikan dalam penyusunan LKPD agar panduan penyelesaian masalahnya kurang rinci dan perbaikan dengan pendataan ulang anggota setiap kelompok, materi yang diberikan dalam bahan ajar juga perlu ditinjau agar lebih mendalam serta umpan balik lebih diperdalam agar peserta didik merasa lebih mampu untuk mengerjakan tugas dengan kemampuan sendiri.
Â
Catatan :
Kelompok 1 : 100Kelompok 3 : 100KELOMPOK 5 : 100
Kelompok 2 : 90Kelompok 4 : 90
Jika dibandingkan dengan perolehan analisis penilaian kognitif, terdapat 4 orang anak ( 14,8%) yang masih memperoleh nilai di bawah KKM sedangkan dari performa kelompok, hasilnya baik. Hal ini mungkin disebabkan karena dalam kelompok terdapat peserta didik yang dapat memahami konsep konversi dengan baik, sedangkan performa secara individu ditentukan dari pemahaman pribadi  peserta didik  terhadap materi.Â
Kunjungi Channel Youtube : Praktik PPL aksi 1 Kelas IX Teknologi Ramah LingkunganÂ
Linknya :Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H