Mohon tunggu...
Anissa RizkiParamitha
Anissa RizkiParamitha Mohon Tunggu... Guru - mahasiswi

Sedang menimba ilmu di Universitas Negeri Surabaya prodi S1 Pendidikan Luar Biasa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengembangan Perilaku Peserta Didik Autism Menggunakan Strategi Bermain

3 Juni 2024   20:46 Diperbarui: 3 Juni 2024   21:06 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Autisme adalah gangguan perkembangan yang mempengaruhi komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku. Salah satu pendekatan efektif untuk mengembangkan perilaku positif pada peserta didik dengan autisme adalah melalui strategi bermain. Bermain tidak hanya memberikan kesempatan bagi anak untuk berinteraksi dan bersosialisasi, tetapi juga membantu mereka dalam pengembangan kognitif, motorik, dan emosional.

Peran Bermain dalam Pengembangan Perilaku

Bermain memiliki peran penting dalam pengembangan berbagai aspek perilaku anak autisme. Melalui bermain, anak-anak dapat belajar keterampilan sosial, seperti berbagi, bergiliran, dan berkomunikasi dengan teman sebaya. Aktivitas bermain juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif, seperti memecahkan masalah, berpikir kreatif, dan mengembangkan imajinasi.

1. Keterampilan Sosial:
   Bermain bersama teman sebaya memberikan kesempatan bagi anak autisme untuk berlatih keterampilan sosial dalam lingkungan yang menyenangkan dan kurang menekan. Misalnya, bermain permainan papan dapat mengajarkan anak tentang aturan bergiliran dan berkolaborasi dengan teman.

2. Keterampilan Komunikasi:

   Bermain juga dapat meningkatkan keterampilan komunikasi, baik verbal maupun non-verbal. Melalui permainan peran, anak dapat belajar cara mengekspresikan diri dan memahami ekspresi orang lain. Permainan yang melibatkan dialog dapat membantu anak berlatih berbicara dan mendengarkan.

3. Pengembangan Emosional:
   Bermain memungkinkan anak autisme untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan emosi mereka. Melalui permainan pura-pura, anak dapat belajar mengenali dan mengelola emosi mereka sendiri serta memahami emosi orang lain. Ini penting untuk mengembangkan empati dan kemampuan mengendalikan diri.

Strategi Bermain yang Efektif

Untuk memaksimalkan manfaat bermain dalam pengembangan perilaku anak autisme, diperlukan strategi yang tepat. Berikut adalah beberapa strategi bermain yang dapat diterapkan:

1. Permainan Berstruktur:
   Permainan dengan aturan yang jelas dan terstruktur dapat membantu anak autisme merasa aman dan mengerti apa yang diharapkan. Contoh permainan ini termasuk permainan papan, kartu, dan teka-teki. Struktur permainan membantu anak memahami urutan tindakan dan aturan sosial.

2. Permainan Sensorik:
   Anak autisme seringkali memiliki tantangan dalam pengolahan sensorik. Permainan sensorik, seperti bermain dengan pasir, air, atau slime, dapat membantu mereka mengatur respons sensorik mereka dan meningkatkan kemampuan motorik halus serta kasar.

3. Permainan Interaktif:
   Permainan yang melibatkan interaksi langsung dengan teman sebaya atau orang dewasa, seperti permainan pura-pura atau permainan peran, dapat mengembangkan keterampilan komunikasi dan sosial. Melalui interaksi ini, anak dapat belajar cara berkomunikasi secara efektif dan memahami perspektif orang lain.

4. Permainan Visual:
   Banyak anak autisme yang lebih mudah memahami informasi secara visual. Permainan yang menggunakan gambar, simbol, atau alat bantu visual lainnya dapat membantu anak memahami konsep dan instruksi dengan lebih baik.

Implementasi dalam Lingkungan Pendidikan

Implementasi strategi bermain dalam lingkungan pendidikan memerlukan kolaborasi antara guru, orang tua, dan profesional lainnya. Guru dapat merancang aktivitas bermain yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak, serta menyediakan dukungan yang diperlukan untuk memastikan anak dapat berpartisipasi dengan sukses.

Orang tua juga dapat berperan aktif dengan melibatkan anak dalam permainan di rumah. Mereka dapat menggunakan kesempatan bermain untuk memperkuat keterampilan yang dipelajari di sekolah dan menyediakan lingkungan yang aman dan mendukung untuk eksplorasi dan pembelajaran.

Kesimpulan

Strategi bermain merupakan pendekatan yang efektif untuk mengembangkan perilaku positif pada peserta didik dengan autisme. Melalui berbagai bentuk permainan, anak dapat mengembangkan keterampilan sosial, komunikasi, dan emosional dalam lingkungan yang menyenangkan dan mendukung. Dengan dukungan dari guru dan orang tua, bermain dapat menjadi alat yang kuat untuk membantu anak autisme mencapai potensi penuh mereka dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun