Yulius Roma Patandean
Yulius Roma Patandean Mohon Tunggu... Guru - English Teacher (I am proud to be an educator)

Guru dan Penulis Buku dari kampung di perbatasan Kabupaten Tana Toraja-Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Menyukai informasi seputar olahraga, perjalanan, pertanian, kuliner, budaya dan teknologi.

Pengalaman Perjalanan Perdana Ke Korea Selatan

26 Agustus 2024   12:23 Diperbarui: 26 Agustus 2024   12:31 25
Suasana bandara Incheon, Senin pagi (26/8/2024). Sumber: dokumentasi pribadi.

Minggu, 25 Agustus 2024 menjadi salah satu hari paling bersejarah dalam hidup saya. Pada hari itulah untuk pertama kalinya saya menginjakkan kaki ke luar negeri.

Perjalanan perdana bersejarah ini adalah penerbangan panjang ke Seoul, Korea Selatan. Saya bersama 13 orang guru yang mengikuti Indonesia-Korea Teacher Exchange 2024 bertolak dari bandara internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng menuju bandara internasional Incheon, Seoul, Korea Selatan.

Pesawat Korean Air berbadan lebar take off dari Cengkareng pada pukul 22.30 WIB. Durasi penerbangan yang tertera pada monitor kursi pesawat adalah 6 jam 31 menit.

Penerbangan malam dengan durasi jam yang ada, maka dipastikan kami tiba di Seoul pada pagi hari. Apalagi, waktu di Korea lebih cepat 2 jam dari WIB.

Ruang kabin Korean Air luas dan panjang karena tipe tipe pesawat air bus. Saya dan teman-teman duduk di kelas ekonomi. Tersedia selimut, sandal, sikat gigi, pasta gigi, headset dan sebotol air mineral untuk setiap penumpang.

Duduk hingga tujuh jam dalam pesawat tak terlalu membosankan. Kami mendapatkan makan malam khas Korea sekitar pukul 11 malam. Ada dua pilihan menu.

Selain itu, pada penerbangan ke Korea, saya akhirnya bisa mencicipi segelas wine putih dan wine merah. Beverage ini adalah teman makan malam. Tersedia pula pilihan jus dan air mineral.

Beberapa menit kemudian, para pramugari menawarkan pilihan kopi dan teh lagi. Keren deh.

Sekitar satu jam sebelum landing, kami kembali mendapatkan dua tawaran air mineral dan jus. Keduanya saya ambil. Sejar jus jeruknya.

Pukul 07:00 waktu Seoul, pesawat Korean Air landing dengan sempurna. Besarnya pesawat seperti tidak terasa saat mendarat.