Mohon tunggu...
Yulius Roma Patandean
Yulius Roma Patandean Mohon Tunggu... Guru - English Teacher (I am proud to be an educator)

Guru dan Penulis Buku dari kampung di perbatasan Kabupaten Tana Toraja-Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Menyukai informasi seputar olahraga, perjalanan, pertanian, kuliner, budaya dan teknologi.

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal Artikel Utama

Pelayanan Samsat Tana Toraja yang Makin Prima

12 Juli 2024   13:09 Diperbarui: 13 Juli 2024   06:45 319
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tampak depan kantor Samsat Tana Toraja. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Mengunjungi kantor Samsat (Sistim Administrasi Manunggal Satu Atap) berarti berurusan dengan pajak kendaraan bermotor. Pajak ini bisa berupa perpanjangan satu tahun atau perpanjangan lima tahun.

Saya kembali hadir di kantor Samsat Kabupaten Tana Toraja untuk melakukan perpanjangan STNK 5 motor tahun ke depan. Dalam hal ini, bukan hanya membayar pajak perpanjangan 5 tahun, tetapi juga melakukan penggantian plat nomor kendaraan.

Ketika penerapan teknologi informasi dan digitalisasi masih minim di kantor Samsat beberapa tahun lalu, pengurusan pajak kendaraan seperti menjadi beban tersendiri. Wajib punya kenalan polisi, orang dalam, dll.

Seperti yang pernah saya tuliskan di artikel Transformasi Pelayanan di Kantor Samsat tanggal 25 Januari 2024 yang lalu, bahwa mengurus pajak kendaraan kini tidak seribet beberapa tahun sebelumnya. Sudah terjadi perubahan signifikan pada sisi layanan kepada masyarakat.

Pengalaman berharga akan layanan Samsat Tana Toraja yang semakin prima saya dapatkan di bulan Juli 2024. Dari sisi durasi waktu, keuletan dan personal pegawai, sudah menunjukkan pentingnya pelayanan prima kepada masyarakat, seperti salah satu isi materi sewaktu ikut diklat prajabatan lebih dari sepuluh tahun yang lalu.

STNK motor saya masuk deadline per tanggal 10 Juli 2024. Waktunya perpanjang STNK dan ganti plat. 

Saya tiba di kantor Samsat selepas istirahat siang. Di lantai 1 ada sejumlah warga yang mengantri di loket cek fisik dan loket cek plat nomor kendaraan.

Seorang petugas kepolisian menyapa dan saya pun bertanya bagaimana prosedur pengurusan penggantia plat sepeda motor. Beliau mengarahkan saya ke loket cek fisik.

Di loket cek fisik saya langsung dilayani oleh seorang polwan. Beliau cukup ramah. Saya memberikan semua berkas yang dibutuhkan, yakni STNK lama dan KTP. Beliau pun mengonfirmasi, apakah saya akan menggunakan nomor plat lama atau mau yang baru. Jika menghendaki nomor plat baru, maka ada penggantian di BPKB. Jika ingin cepat, maka sebaiknya menggunakan nomor plat lama.

Saya menyetujui usulan terakhir. Kira-kira 5 menit pengurusan cek fisik selesai. Oleh karena tidak mengalami perubahan nomor plat, maka tak perlu pula mengecewakan nomor rangka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
Lihat Halo Lokal Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun