Mohon tunggu...
Omoh Dewi Hastuti
Omoh Dewi Hastuti Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK Negeri 1 Tulung

Nama saya Omoh Dewi Hastuti. Tiktok: @madanajwa82, Youtube: janur@omohdewihastuti dan Omoh Dewi Hastuti, Facebook: Omoh DewiHastuti. Instagram: omohdewihastuti. Saya lahir di Kabupaten Cilacap tepatnya di Kecamatan Dayeuhluhur, sebuah kecamatan di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat. Saya menempuh pendidikan terakhir S 1 di Universitas Negeri Yogyakarta Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Hobi saya membaca. Saat ini, saya mengabdikan diri di SMK Negeri 1 Tulung Kabupaten Klaten. Harapan saya saat ini, dalam menjalankan tugas sebagai guru, saya mampu mencerdaskan putra-putra bangsa sehingga negeri kita di masa depan menjadi lebih baik.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Budaya Positif Sebagai Proses Pencapaian Tujuan Pendidikan KHD "Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.4 Budaya Positif"

29 Oktober 2023   12:06 Diperbarui: 29 Oktober 2023   12:25 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
SUMBER Pribadi:  Diskusi Visi dan Prakarsa Perubahan Sekolah SMKN 1 Tulung, 12 Oktober 2023

Budaya positif merupakan tema modul 1.4.  Sebuah pembahasan yang menarik karena akan berakitan dengan motivasi pada diri murid. Pada kesempatan ini penulis akan melakukan refleksi dwi mingguan sebagai salah satu  bentuk tulisan refleksi diri sebagai CGP setelah melakukan sebuah kegiatan pelatihan yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan. 

Jurnal refleksi ditulis sesuai dengan pengalaman penulis selama proses pendidikan guru penggerak angkatan ke-9. Dalam menulis jurnal refleksi ini penulis menggunakan model 1 yaitu model 4F, yaitu Fact; Feeling; Findings; dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P, yaitu Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan

1. Facts (Peristiwa)

Pada tanggal 29 September 2023 modul 1.4 dimulai. Kegiatan pada modul ini dimulai dengan kegiatan mulai diri dan eksplorasi konsep --mandiri. Hal ini dilakukan seperti biasanya dengan  menggunakan alur yang disebut dengan alur MERDEKA. Pada alur mulai dari diri, penulis mendapat tugas untuk menggali jawaban dari beberapa pertanyaan tentang hubungan  konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dengan konsep lingkungan dan budaya positif di sekolah dan pentingnya menciptakan suasana positif di lingkungan sekolah. Misalnya memahami hubungan antara menciptakan suasana yang positif dengan proses pembelajaran yang berpihak pada murid dan penerapan disiplin saat ini di sekolah, apakah perlu diperbaiki dan dikembangkan.

Pada bagian eksplorasi konsep, penulis  belajar enam materi esensial di modul 1.4. budaya positif, yaitu disiplin positif dan nilai-nilai kebajikan universal; teori motivasi, hukuman dan penghargaan, restitusi; keyakinan kelas; kebutuhan dasar manusia dan dunia berkualitas; restitusi - lima posisi kontrol; dan restitusi - segitiga restitusi. Penerapan kedisiplinan merupakan sebuah tanggung jawab dalam proses mendidik murid dan  harus melibatkan semua pihak yang terkait. Pada teori motivasi, hukuman dan penghargaan, restitusi, guru harus dapat menempatkan diri dalam menerapkan motivasi termasuk didalamnya penghargaan dan hukuman. motivasi instrinsik adalah fokus utama yang harus dibangun karena berasal dari kesadaran diri.

Berawal dari kesadaran diri maka akan tersusun keyakinan kelas. Keyakinan kelas, merupakan sebuah gagasan yang diyakini oleh kelas dengan penuh kepercayaan yang berasal dari hati dan dilaksanakan secara bertanggung jawab. Keyakinan kelas dapat terbangun karena pemahaman bahwa manusia memiliki kebutuhan dasar yaitu kesenangan, penguasaan, kasih penulisng, kebebasan, dan bertahan hidup. Ketika budaya positif berproses, maka guru harus melakukan restitusi dan lima posisi kontrol. Ada lima posisi dalam kontrol guru, yaitu penguhukum, pembuat merasa bersalah, teman, pemantau, dan manajer. Dari kelima posisi kontrol guru posisi manajer adalah paling ideal, karena ketika guru sudah di posisi ini, ia sudah bisa menempatkan diri sebagai pemantau dan teman. Sedangkan restitusi yang dilakukan adalah segitiga restitusi. Segitiga restitusi merupakan tahapan penyelesaian konflik atau masalah. Langkahnya: 1) menstabilkan identitas, 2) validasi tindakan yang salah, dan 3) menanyakan keyakinan.

Ruang kolaborasi dilakukan setelah eksplorasi konsep yang mulai dilakukan pada tanggal 6 Oktober 2023 dan 9 Oktober 2023presntasi kelompok. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok. Bagian kedua adalah presentasi hasil diskusi kelompok. Semua itu dilakukan melalui GMeet. Penulis berkolaborasi dengan dua rekan CGP lainnya dalam memecahkan masalah dari ilustrasi cerita yang diberikan oleh fasilitator.

Beberapa tahapan sudah penulis jalani, maka sampailah pada tahap demonstrasi kontektual pada 10 Oktober 2023. Penulis membuat dua skenario penerapan segitiga restitusi. Tema yang penulis buat merupakan tema yang sering ditemui pada kehidupan sehari-hari, yaitu murid datang terlambat ke sekolah dan murid perempuan yang berdandan mencolok. Setelah skenario dibuat, penulis membuat video penerapan segitiga restitusi.

Setelah mempelajari konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif dan melaksanakan berbagai aktivitas untuk mendemonstrasikan pemahaman penulis  berdiskusi dengan instruktur untuk mengelaborasi pemahaman. Sebagai persiapan sesi elaborasi pemahaman, para CGP mengirim  pertanyaan-pertanyaan yang masih perlu didiskusikan dalam sesi elaborasi pemahaman bersama instruktur. Adapun pelaksanaanya pada tanggal 13 Oktober 2023 sesi ke-2.

Koneksi antar materi merupakan pengaitan antar materi yang sudah penulis pelajari mulai dari modul 1.1, 1.2, 1.3, dan 1.4. Pada tahap ini penulis diajak untuk meninjau ulang keseluruhan materi pembelajaran di paket modul 1 dan membuat sebuah koneksi antar materi yang sudah dipelajari. Pada tanggal 12 Okober 2023, penulis juga melaksanakan pendampingan individu yang berisi penyampaian visi dan prakarsa perubahan pada rekan sejawat dan koneksi antar materi  1.1, 1.2, 1.3, dan 1.4.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun