50 SOAL UJIAN INFORMATIKA KELAS 8 SMP
Mata pelajaran Informatika di kelas VIII masih terdiri atas delapan elemen berikut ini. Pilihlah salah satu jawaban yang benar!
1. Hal-hal materi yang meliputi dekomposisi, abstraksi, algoritma, dan pengenalan pola diberikan dalam matpel Informatika. Materi ini mengasah keterampilan problem solving sebagai landasan untuk menghasilkan solusi yang efektif, efisien, dan optimal dengan menerapkan penalaran kritis, kreatif, dan mandiri. Materi ini disebut:
A. Sistem Komputer (SK)
B. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)
C. Berpikir Komputasional (BK)
D. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
2. Diberikan algoritma, apabila warna merah, maka jadi hijau. Apabila warna hijau, maka jadi putih. Selain warna merah dan hijau, maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam, maka warna akan menjadi .....
A. Merah
B. Ungu
C. Hijau
D. Putih
3. Hal-hal materi yang akan menjadi perkakas (tools) dalam berkarya dan sekaligus objek kajian yang memberikan inspirasi agar suatu saat peserta didik menjadi pencipta karya-karya berteknologi yang berlandaskan informatika disebut:
A. Berpikir Komputasional (BK)
B. Sistem Komputer (SK)
C. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
D. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)
4. Hal-hal materi pengetahuan tentang bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak berfungsi dan saling mendukung dalam mewujudkan suatu layanan bagi pengguna baik di luar maupun di dalam jaringan komputer/internet disebut:
A. Sistem Komputer (SK)
B. Berpikir Komputasional (BK)
C. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
D. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)
5. Hal-hal materi yang memfasilitasi pengguna untuk menghubungkan sistem komputer dengan jaringan lokal maupun internet disebut:
A. Sistem Komputer (SK)
B. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)
C. Berpikir Komputasional (BK)
D. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
6. Hal-hal materi yang mencakup kemampuan untuk menginput, memproses, memvisualisasi data dalam berbagai format, menginterpretasi, serta mengambil kesimpulan dan keputusan berdasarkan penalaran disebut:
A. Praktik Lintas Bidang (PLB)
B. Algoritma dan Pemrograman (AP)
C. Dampak Sosial Informatika (DSI)
D. Analisis Data (AD)
7. Hal-hal materi yang mencakup perumusan dan penulisan langkah penyelesaian solusi secara runtut, dan penerjemahan solusi menjadi program yang dapat dijalankan oleh mesin (komputer) disebut:
A. Praktik Lintas Bidang (PLB)
B. Algoritma dan Pemrograman (AP)
C. Analisis Data (AD)
D. Dampak Sosial Informatika (DSI)
8. Hal-hal materi yang mencakup penumbuhan kesadaran peserta didik akan dampak informatika dalam: (a) kehidupan bermasyarakat dan dirinya, khususnya dengan kehadiran dan pemanfaatan TIK, serta (b) bergabungnya manusia dalam jaringan komputer dan internet untuk membentuk masyarakat digital disebut:
A. Analisis Data (AD)
B. Algoritma dan Pemrograman (AP)
C. Dampak Sosial Informatika (DSI)
D. Praktik Lintas Bidang (PLB)
9. Hal-hal materi yang mencakup aktivitas-aktivitas yang melatih peserta didik bergotong royong untuk menghasilkan artefak komputasional secara kreatif dan inovatif, dengan mengintegrasikan semua pengetahuan informatika dan menerapkan proses rekayasa (engineering) atau pengembangan artefak komputasional (perancangan, implementasi, pelacakan kesalahan, pengujian, penyempurnaan), serta mendokumentasikan dan mengomunikasikan hasil karya disebut:
A. Praktik Lintas Bidang (PLB)
B. Analisis Data (AD)
C. Algoritma dan Pemrograman (AP)
D. Dampak Sosial Informatika (DSI)
10. Seringkali, orang berpikir bahwa mengajar Informatika harus menggunakan komputer. Ini tidak benar! Sama halnya dengan disiplin ilmu lainnya, konsep dari suatu disiplin ilmu harus dapat diajarkan tanpa alat apapun menggunakan komputer. Konsep informatika juga dapat dipelajari melalui aktivitas tanpa komputer. Aktivitas yang tidak membutuhkan komputer disebut:
A. plugged
B. played
C. unplugged
D. unlimited
11. Sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural (dunia dan alam sekitar kita) maupun artifisial (dunia maya, atau dunia digital yang diciptakan manusia). Ilmu ini juga berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, serta pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan yang didasari pada pemahaman dunia nyata dan dunia artifisial tersebut. Ilmu ini tidak eksklusif, tetapi banyak bersinggungan dengan bidang ilmu lain, karena luasnya kemungkinan eksplorasi masalah yang akan diselesaikan. Disiplin ilmu ini disebut:
A. Matematika
B. Informatika
C. IPA
D. Bahasa
12. Bentuk usaha manusia untuk menimbulkan kerusakan, kehancuran data, dan gangguan jaringan komputer disebut ......
A. Hacking
B. Phising
C. Carding
D. Sabotase
13. Merupakan muatan ilegal yang berupa data atau informasi yang tidak benar dan tidak sesuai dengan norma yang dimasukkan oleh pelaku kejahatan diistilahkan dengan ......
A. Defacing
B. Unauthorized access
C. Sabotase
D. Illegal contents
14. Perkembangan TIK pada mulanya ditandai dengan adanya surat kabar, radio dan televisi yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau berita yang bersifat .....
A. Sepakat
B. Searah
C. Sejarah
D. Sependapat
15. Tindakan kriminal yang memanfaatkan internet untuk menjalankan aksinya dan sering disebut dengan kejahatan dunia maya adalah .....
A. Spamming
B. Cyber crime
C. Phising
D. Illegal Contents
16. Aktifitas mengirimkan pesan kepada orang lain menggunakan surat elektronik secara terus menerus dan jumlah yang banyak tanpa dikehendaki oleh penerimanya dinamakan ....
A. Phising
B. Spamming
C. Carding
D. Defacing
17. Merupakan kegiatan mengubah tampilan website atau situs tertentu yang dikehendaki dengan memanfaatkan kelemahan sistem keamanan pada website tersebut dan merugikan pemiliknya dinamakan .....
A. Phising
B. Spamming
C. Carding
D. Defacing
18. Istilah kejahatan seputar penggunaan kartu kredit yang menggunakan identitas kartu kredit orang lain untuk kepentingan pribadi dinamakan .....
A. Phising
B. Spamming
C. Carding
D. Defacing
19. Istilah kejahatan yang dilakukan dengan cara mengecoh korban sehingga memberikan data ke dalam situs yang telah disiapkan oleh pelaku kejahatan dinamakan ......
A. Phising
B. Spamming
C. Carding
D. Defacing
20. Perkembangan TIK menjadikan pembelajaran dapat dilakukan secara online, dalam hal ini peserta pembelajaran tidak perlu melalui tatap muka untuk menerima penyampaian materi ajar. Pernyataan tersebut merupakan damapak positif dari perkembangan TIK di bidang ......
A. Pendidikan
B. Ekonomi
C. Sosial
D. Politik
21. Dunia maya adalah dunia yang tak pernah tidur. Ada saja kejahatan yang dilakukan di dunia maya. Berikut ini merupakan salah satu kejahatan dunia maya adalah .....
Quick Count
E-Learning
Cyber Squatting
Online
22. Copyright adalah hak cipta yang dilekatkan terhadap sebuah karya untuk melindungi dan mempatenkan karya serta pemiliknya. Salah satu manfaat copyright adalah .......
Menjamin hak si pembuat benda
Menjamin kewajiban si pembuat benda
Memberikan sanksi kepada si pembuat benda
Memberikan kode etik pembuatan benda
23. Software atau perangkat lunak yang bebas kita gunakan adalah software berkatagori ....
Pasca bayar
Clouse source
Clouse mind
Open source
24. Sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual, adalah pengertian dari .....
Media online
Media internet
Media komunikasi
Media Sosial
25. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam bidang ekonomi khususnya perbankan adalah tersedianya mesin anjungan tunai mandiri (ATM) diberbagai tempat. Keuntungan dari penggunaan mesin ATM ini adalah ......
Hanya dapat digunakan pada waktu tertentu
Bisa digunakan untuk mengetahui informasi sehari-hari
Dapat digunakan untuk mengambil uang tunai dan melakukan transfer uang tanpa harus ke bank.
Digunakan untuk memasukkan KTP ke dalam mesin.
26. Di zaman sekarang, tidak dapat ditampik lagi bahwa kehidupan manusia saat ini sangat berhubungan dengan media sosial. Media sosial memegang peranan penting di hampir segala lini masyarakat. Mulai dari mengirim pesan kepada teman, berbagi informasi, hingga mencari suatu informasi yang sedang hangat di masyarakat. Jadi, tak heran lagi apabila ada yang menyebutkan bahwa media sosial telah menjadi salah satu kebutuhan penting hampir setiap orang. Ada banyak media sosial di Indonesia. Di bawah ini yang bukan bentuk media sosial adalah ......
Blog
My Space
Java
27. Website mengijinkan usernya untuk mengubah, menambah, ataupun me-remove konten-konten yang ada di website. Website yang dimaksud adalah .....
You tube
Wikipedia
My Space
28. Para user dari pengguna website ini saling share konten-konten video, website yang dimaksud adalah ....
Youtube
Wikipedia
My Space
29. Salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang memungkinkan untuk mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat adalah .....
Surat kabar
Youtube
PT POS
30. Berikut ini yang bukan cara pemasaran melalui media sosial dan jejaring sosial adalah ....
Memperbanyak teman
Membuat konten yang unik
Menentukan sasaran pasar
Memasang iklan
31. Berikut ini yang bukan manfaat penggunaan video marketing dalam pemasaran online .....
Lebih dikenal oleh banyak orang
Dapat membangun trending topik
Untuk membangun sebuah relasi bisnis
Sebagai sarana edukasi dan informasi
Â
32. Istilah berpikir komputasional adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika) adalah .....
Computational Thinking
Computational Technic
Technic Computational
Computer Thinking
33. Istilah pendekatan yang memecahkan masalah besar dan kompleks menjadi lebih sederhana atau kecil sehingga lebih muddah dikelola dan dipahami adalah ......
Perencanaan algoritma
Abstraksi
Pengenalan pola
Dekomposisi
34. Dalam berpikir komputasional, kita dituntut mencari kesamaan masalah, solusi menjadi sederhana, dan masalah mudah dipecahkan. Pernyataan tersebut termasuk teknik .....
Dekomposisi
Abstraksi
Pengenalan pola
Perancangan algoritma
35. Proses ini merupakan teknik menemukan informasi penting dan informasi yang tidak relevan dan menjadi kunci dalam berpikir komputasional. Pernyataan tersebut termasuk teknik ....
Dekomposisi
Abstraksi
Pengenalan pola
Perancangan algoritma
36. Proses mengembangkan solusi langkah-langkah yang harus dipenuhi secara berurutan terhadap permasalahan yang ada disebut dengan......
Dekomposisi
Abstraksi
Pengenalan pola
Algoritma
37. Berikut ini yang merupakan proses dekomposisi adalah ......
Dokter memeriksa bagian tubuh pasien dan mengukur tanda-tanda vital tubuh
Dokter memberikan resep obat kepada pasien
Dokter memberikan penjelasan tentang penyakit yang diderita pasien kepada keluarganya
Dokter menuliskan hasil pemeriksaan di catatan rekam medis pasien.
38. Tindakan berikut yang dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah .....
Tim sepak bola sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnya
Pelatih tim bola voli sedang memberikan instruksi kepada pemain cadangan
Ilmuwan sedang memperhatikan reaksi seekor tikus ketika secara tidak sengaja menyentuh pagar yang diberi aliran listrik
BMKG sedang merekam gelombang air laut pasca sunami.
39. Berikut ini yang berhubungan dengan abstraksi adalah ......
Mencari kesamaan dengan bentuk benda
Memecah atau membagi komponen mobil dalam beberapa bagian
Fokus pada informasi yang penting
Menyusun langkah yang efesien
40. Dokter spesialis penyakit dalam membaca hasil rontgen pasien kemudian membandingkan hasil rontgen dengan hasil rontgen pasien sebelumnya. Tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai proses .....
Abstraksi
Dekomposisi
Algoritma
Pengenalan pola
41. Seorang pelatih sepak bola kenamaan memberikan instruksi kepada pemain, apa saja yang harus dilakukan terhadap pemain lawan. Kapan saatnya bertahan dan menyerang saat pertandingan. Hal tersebut dapat dikategorikan sebagai proses ......
Dekomposisi
Pengenalan pola
Algoritma
Abstraksi
42. Berikut yang tidak dikategorikan hasil dari proses algoritma adalah .....
Tutorial make up
Resep makanan
Lembaran panduan merakit PC
Resep obat dokter
43. Istilah computational thinking pertama kali diperkenalkan pada tahun ......
1980
1990
2000
2010
44. Istilah computasional thinking pertama kali diperkenalkan oleh .....
Donald Trumph
Bill Gates
Licklider
Seymour Papert
45. Dalam pendidikan, berpikir komputasional dikenal istilah STEM, apakah kepanjangan dari STEM .....
Science, Technology, Electronic, dan Mathematic
Science, Technology, Engineering, dan Mathematic
Science, Technology, Engineering, dan Method
Schoology, Technology, Engineering, dan Method
46. Perhatikan contoh komputasional thinking  dalam kehidupan berikut ini !
"Sepeda motor saat dikendarai terdengar bunyi suara bising pada bagian belakang, semakin cepat kendaraan bergerak semakin keras suara terdengar."
Berikut yang tidak termasuk cara menyelesaikan masalah tersebut dengan teknik dekomposisi adalah ...
Bagian mana dari sepeda motor yang bergerak dan menjadi sumber bunyi
Bagaimana cara memeriksa dan menetukan sumber bunyi
Bagaimana cara melakukan perbaikan
Petunjuk langkah perbaikan sepeda motor
47. Prosedur langkah-langkah instruksi untuk melakukan perhitungan, pemrosesan data, dan penalaran yang ditulis secara berurutan disebut dengan .....
Flowchart
Algoritma
Diagram
Stop
48. Saat pelajaran informatika, siswa kelas 8 mendapatkan tugas membuat program komputer sederhana. Proses pembuatan algoritma untuk program komputer tersebut dilakukan pada saat .....
Sebelum pembuatan program
Pembuatan program
Program dijalankan
Pengujian program
49. Dalam penyajian algoritma terdiri dari dua macam bentuk yaitu tulisan atau bahasa dan gambar (pseudocode dan flowchart). Pseudocode yang digunakan pada penulisan algoritma berupa .....
Bahasa inggris
Bahasa indonesia
Bahasa komputer
Bahasa pemrograman
50. Diagram alur yaitu sebuah urutan proses tertentu pada algoritma yang disajikan dengan simbol-simbol tertentu dalam bentuk diagram .......
A. Pseudocode
B. Program
C. Flowchart
D. Sketsa
Bila ada yang ingiin ditanyakan, Kirim nama kamu dan kelas ke email ke wijayalabs@gmail.com
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H