Mohon tunggu...
Omjay Labschool
Omjay Labschool Mohon Tunggu... Guru - guru blogger indonesia

Blogger Handal di Era Global wa 08159155515

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

50 Soal PG Informatika Kelas 8 SMP

31 Mei 2023   13:24 Diperbarui: 31 Mei 2023   13:31 23332
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar omjay/dokpri

50 SOAL UJIAN INFORMATIKA KELAS 8 SMP

Mata pelajaran Informatika di kelas VIII masih terdiri atas delapan elemen berikut ini. Pilihlah salah satu jawaban yang benar!

1. Hal-hal materi yang meliputi dekomposisi, abstraksi, algoritma, dan pengenalan pola diberikan dalam matpel Informatika. Materi ini mengasah keterampilan problem solving sebagai landasan untuk menghasilkan solusi yang efektif, efisien, dan optimal dengan menerapkan penalaran kritis, kreatif, dan mandiri. Materi ini disebut:

A. Sistem Komputer (SK)

B. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

C. Berpikir Komputasional (BK)

D. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

2. Diberikan algoritma, apabila warna merah, maka jadi hijau. Apabila warna hijau, maka jadi putih. Selain warna merah dan hijau, maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam, maka warna akan menjadi .....

A. Merah

B. Ungu

C. Hijau

D. Putih

3. Hal-hal materi yang akan menjadi perkakas (tools) dalam berkarya dan sekaligus objek kajian yang memberikan inspirasi agar suatu saat peserta didik menjadi pencipta karya-karya berteknologi yang berlandaskan informatika disebut:

A. Berpikir Komputasional (BK)

B. Sistem Komputer (SK)

C. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

D. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

4. Hal-hal materi pengetahuan tentang bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak berfungsi dan saling mendukung dalam mewujudkan suatu layanan bagi pengguna baik di luar maupun di dalam jaringan komputer/internet disebut:

A. Sistem Komputer (SK)

B. Berpikir Komputasional (BK)

C. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

D. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

5. Hal-hal materi yang memfasilitasi pengguna untuk menghubungkan sistem komputer dengan jaringan lokal maupun internet disebut:

A. Sistem Komputer (SK)

B. Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

C. Berpikir Komputasional (BK)

D. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

6. Hal-hal materi yang mencakup kemampuan untuk menginput, memproses, memvisualisasi data dalam berbagai format, menginterpretasi, serta mengambil kesimpulan dan keputusan berdasarkan penalaran disebut:

A. Praktik Lintas Bidang (PLB)

B. Algoritma dan Pemrograman (AP)

C. Dampak Sosial Informatika (DSI)

D. Analisis Data (AD)

7. Hal-hal materi yang mencakup perumusan dan penulisan langkah penyelesaian solusi secara runtut, dan penerjemahan solusi menjadi program yang dapat dijalankan oleh mesin (komputer) disebut:

A. Praktik Lintas Bidang (PLB)

B. Algoritma dan Pemrograman (AP)

C. Analisis Data (AD)

D. Dampak Sosial Informatika (DSI)

8. Hal-hal materi yang mencakup penumbuhan kesadaran peserta didik akan dampak informatika dalam: (a) kehidupan bermasyarakat dan dirinya, khususnya dengan kehadiran dan pemanfaatan TIK, serta (b) bergabungnya manusia dalam jaringan komputer dan internet untuk membentuk masyarakat digital disebut:

A. Analisis Data (AD)

B. Algoritma dan Pemrograman (AP)

C. Dampak Sosial Informatika (DSI)

D. Praktik Lintas Bidang (PLB)

9. Hal-hal materi yang mencakup aktivitas-aktivitas yang melatih peserta didik bergotong royong untuk menghasilkan artefak komputasional secara kreatif dan inovatif, dengan mengintegrasikan semua pengetahuan informatika dan menerapkan proses rekayasa (engineering) atau pengembangan artefak komputasional (perancangan, implementasi, pelacakan kesalahan, pengujian, penyempurnaan), serta mendokumentasikan dan mengomunikasikan hasil karya disebut:

A. Praktik Lintas Bidang (PLB)

B. Analisis Data (AD)

C. Algoritma dan Pemrograman (AP)

D. Dampak Sosial Informatika (DSI)

10. Seringkali, orang berpikir bahwa mengajar Informatika harus menggunakan komputer. Ini tidak benar! Sama halnya dengan disiplin ilmu lainnya, konsep dari suatu disiplin ilmu harus dapat diajarkan tanpa alat apapun menggunakan komputer. Konsep informatika juga dapat dipelajari melalui aktivitas tanpa komputer. Aktivitas yang tidak membutuhkan komputer disebut:

A. plugged

B. played

C. unplugged

D. unlimited

11. Sebuah disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia di sekitar kita, baik natural (dunia dan alam sekitar kita) maupun artifisial (dunia maya, atau dunia digital yang diciptakan manusia). Ilmu ini juga berkaitan dengan studi, pengembangan, dan implementasi dari sistem komputer, serta pemahaman terhadap prinsip-prinsip dasar pengembangan yang didasari pada pemahaman dunia nyata dan dunia artifisial tersebut. Ilmu ini tidak eksklusif, tetapi banyak bersinggungan dengan bidang ilmu lain, karena luasnya kemungkinan eksplorasi masalah yang akan diselesaikan. Disiplin ilmu ini disebut:

A. Matematika

B. Informatika

C. IPA

D. Bahasa

12. Bentuk usaha manusia untuk menimbulkan kerusakan, kehancuran data, dan gangguan jaringan komputer disebut ......

A. Hacking

B. Phising

C. Carding

D. Sabotase

13. Merupakan muatan ilegal yang berupa data atau informasi yang tidak benar dan tidak sesuai dengan norma yang dimasukkan oleh pelaku kejahatan diistilahkan dengan ......

A. Defacing

B. Unauthorized access

C. Sabotase

D. Illegal contents

14. Perkembangan TIK pada mulanya ditandai dengan adanya surat kabar, radio dan televisi yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau berita yang bersifat .....

A. Sepakat

B. Searah

C. Sejarah

D. Sependapat

15. Tindakan kriminal yang memanfaatkan internet untuk menjalankan aksinya dan sering disebut dengan kejahatan dunia maya adalah .....

A. Spamming

B. Cyber crime

C. Phising

D. Illegal Contents

16. Aktifitas mengirimkan pesan kepada orang lain menggunakan surat elektronik secara terus menerus dan jumlah yang banyak tanpa dikehendaki oleh penerimanya dinamakan ....

A. Phising

B. Spamming

C. Carding

D. Defacing

17. Merupakan kegiatan mengubah tampilan website atau situs tertentu yang dikehendaki dengan memanfaatkan kelemahan sistem keamanan pada website tersebut dan merugikan pemiliknya dinamakan .....

A. Phising

B. Spamming

C. Carding

D. Defacing

18. Istilah kejahatan seputar penggunaan kartu kredit yang menggunakan identitas kartu kredit orang lain untuk kepentingan pribadi dinamakan .....

A. Phising

B. Spamming

C. Carding

D. Defacing

19. Istilah kejahatan yang dilakukan dengan cara mengecoh korban sehingga memberikan data ke dalam situs yang telah disiapkan oleh pelaku kejahatan dinamakan ......

A. Phising

B. Spamming

C. Carding

D. Defacing

20. Perkembangan TIK menjadikan pembelajaran dapat dilakukan secara online, dalam hal ini peserta pembelajaran tidak perlu melalui tatap muka untuk menerima penyampaian materi ajar. Pernyataan tersebut merupakan damapak positif dari perkembangan TIK di bidang ......

A. Pendidikan

B. Ekonomi

C. Sosial

D. Politik

21. Dunia maya adalah dunia yang tak pernah tidur. Ada saja kejahatan yang dilakukan di dunia maya. Berikut ini merupakan salah satu kejahatan dunia maya adalah .....

Quick Count

E-Learning

Cyber Squatting

Online

22. Copyright adalah hak cipta yang dilekatkan terhadap sebuah karya untuk melindungi dan mempatenkan karya serta pemiliknya. Salah satu manfaat copyright adalah .......

Menjamin hak si pembuat benda

Menjamin kewajiban si pembuat benda

Memberikan sanksi kepada si pembuat benda

Memberikan kode etik pembuatan benda

23. Software atau perangkat lunak yang bebas kita gunakan adalah software berkatagori ....

Pasca bayar

Clouse source

Clouse mind

Open source

24. Sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual, adalah pengertian dari .....

Media online

Media internet

Media komunikasi

Media Sosial

25. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam bidang ekonomi khususnya perbankan adalah tersedianya mesin anjungan tunai mandiri (ATM) diberbagai tempat. Keuntungan dari penggunaan mesin ATM ini adalah ......

Hanya dapat digunakan pada waktu tertentu

Bisa digunakan untuk mengetahui informasi sehari-hari

Dapat digunakan untuk mengambil uang tunai dan melakukan transfer uang tanpa harus ke bank.

Digunakan untuk memasukkan KTP ke dalam mesin.

26. Di zaman sekarang, tidak dapat ditampik lagi bahwa kehidupan manusia saat ini sangat berhubungan dengan media sosial. Media sosial memegang peranan penting di hampir segala lini masyarakat. Mulai dari mengirim pesan kepada teman, berbagi informasi, hingga mencari suatu informasi yang sedang hangat di masyarakat. Jadi, tak heran lagi apabila ada yang menyebutkan bahwa media sosial telah menjadi salah satu kebutuhan penting hampir setiap orang. Ada banyak media sosial di Indonesia. Di bawah ini yang bukan bentuk media sosial adalah ......

Blog

My Space

Linkedin

Java

27. Website mengijinkan usernya untuk mengubah, menambah, ataupun me-remove konten-konten yang ada di website. Website yang dimaksud adalah .....

You tube

Wikipedia

My Space

Linkedin

28. Para user dari pengguna website ini saling share konten-konten video, website yang dimaksud adalah ....

Youtube

Wikipedia

Linkedin

My Space

29. Salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang memungkinkan untuk mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat adalah .....

Surat kabar

Youtube

Email

PT POS

30. Berikut ini yang bukan cara pemasaran melalui media sosial dan jejaring sosial adalah ....

Memperbanyak teman

Membuat konten yang unik

Menentukan sasaran pasar

Memasang iklan

31. Berikut ini yang bukan manfaat penggunaan video marketing dalam pemasaran online .....

Lebih dikenal oleh banyak orang

Dapat membangun trending topik

Untuk membangun sebuah relasi bisnis

Sebagai sarana edukasi dan informasi

 

32. Istilah berpikir komputasional adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika) adalah .....

Computational Thinking

Computational Technic

Technic Computational

Computer Thinking

33. Istilah pendekatan yang memecahkan masalah besar dan kompleks menjadi lebih sederhana atau kecil sehingga lebih muddah dikelola dan dipahami adalah ......

Perencanaan algoritma

Abstraksi

Pengenalan pola

Dekomposisi

34. Dalam berpikir komputasional, kita dituntut mencari kesamaan masalah, solusi menjadi sederhana, dan masalah mudah dipecahkan. Pernyataan tersebut termasuk teknik .....

Dekomposisi

Abstraksi

Pengenalan pola

Perancangan algoritma

35. Proses ini merupakan teknik menemukan informasi penting dan informasi yang tidak relevan dan menjadi kunci dalam berpikir komputasional. Pernyataan tersebut termasuk teknik ....

Dekomposisi

Abstraksi

Pengenalan pola

Perancangan algoritma

36. Proses mengembangkan solusi langkah-langkah yang harus dipenuhi secara berurutan terhadap permasalahan yang ada disebut dengan......

Dekomposisi

Abstraksi

Pengenalan pola

Algoritma

37. Berikut ini yang merupakan proses dekomposisi adalah ......

Dokter memeriksa bagian tubuh pasien dan mengukur tanda-tanda vital tubuh

Dokter memberikan resep obat kepada pasien

Dokter memberikan penjelasan tentang penyakit yang diderita pasien kepada keluarganya

Dokter menuliskan hasil pemeriksaan di catatan rekam medis pasien.

38. Tindakan berikut yang dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah .....

Tim sepak bola sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnya

Pelatih tim bola voli sedang memberikan instruksi kepada pemain cadangan

Ilmuwan sedang memperhatikan reaksi seekor tikus ketika secara tidak sengaja menyentuh pagar yang diberi aliran listrik

BMKG sedang merekam gelombang air laut pasca sunami.

39. Berikut ini yang berhubungan dengan abstraksi adalah ......

Mencari kesamaan dengan bentuk benda

Memecah atau membagi komponen mobil dalam beberapa bagian

Fokus pada informasi yang penting

Menyusun langkah yang efesien

40. Dokter spesialis penyakit dalam membaca hasil rontgen pasien kemudian membandingkan hasil rontgen dengan hasil rontgen pasien sebelumnya. Tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai proses .....

Abstraksi

Dekomposisi

Algoritma

Pengenalan pola

41. Seorang pelatih sepak bola kenamaan memberikan instruksi kepada pemain, apa saja yang harus dilakukan terhadap pemain lawan. Kapan saatnya bertahan dan menyerang saat pertandingan. Hal tersebut dapat dikategorikan sebagai proses ......

Dekomposisi

Pengenalan pola

Algoritma

Abstraksi

42. Berikut yang tidak dikategorikan hasil dari proses algoritma adalah .....

Tutorial make up

Resep makanan

Lembaran panduan merakit PC

Resep obat dokter

43. Istilah computational thinking pertama kali diperkenalkan pada tahun ......

1980

1990

2000

2010

44. Istilah computasional thinking pertama kali diperkenalkan oleh .....

Donald Trumph

Bill Gates

Licklider

Seymour Papert

45. Dalam pendidikan, berpikir komputasional dikenal istilah STEM, apakah kepanjangan dari STEM .....

Science, Technology, Electronic, dan Mathematic

Science, Technology, Engineering, dan Mathematic

Science, Technology, Engineering, dan Method

Schoology, Technology, Engineering, dan Method

46. Perhatikan contoh komputasional thinking  dalam kehidupan berikut ini !

"Sepeda motor saat dikendarai terdengar bunyi suara bising pada bagian belakang, semakin cepat kendaraan bergerak semakin keras suara terdengar."

Berikut yang tidak termasuk cara menyelesaikan masalah tersebut dengan teknik dekomposisi adalah ...

Bagian mana dari sepeda motor yang bergerak dan menjadi sumber bunyi

Bagaimana cara memeriksa dan menetukan sumber bunyi

Bagaimana cara melakukan perbaikan

Petunjuk langkah perbaikan sepeda motor

47. Prosedur langkah-langkah instruksi untuk melakukan perhitungan, pemrosesan data, dan penalaran yang ditulis secara berurutan disebut dengan .....

Flowchart

Algoritma

Diagram

Stop

48. Saat pelajaran informatika, siswa kelas 8 mendapatkan tugas membuat program komputer sederhana. Proses pembuatan algoritma untuk program komputer tersebut dilakukan pada saat .....

Sebelum pembuatan program

Pembuatan program

Program dijalankan

Pengujian program

49. Dalam penyajian algoritma terdiri dari dua macam bentuk yaitu tulisan atau bahasa dan gambar (pseudocode dan flowchart). Pseudocode yang digunakan pada penulisan algoritma berupa .....

Bahasa inggris

Bahasa indonesia

Bahasa komputer

Bahasa pemrograman

50. Diagram alur yaitu sebuah urutan proses tertentu pada algoritma yang disajikan dengan simbol-simbol tertentu dalam bentuk diagram .......

A. Pseudocode

B. Program

C. Flowchart

D. Sketsa

Bila ada yang ingiin ditanyakan, Kirim nama kamu dan kelas ke email ke wijayalabs@gmail.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun