Mohon tunggu...
Oktaviana Kurniawati
Oktaviana Kurniawati Mohon Tunggu... Guru - Guru / Pendidik

Suka membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

8 Desember 2022   06:55 Diperbarui: 8 Desember 2022   06:59 291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Menyusun Best Practice 

Oleh : OKTAVIANA KURNIAWATI,S.Pd

Lokasi

TK PGRI Tunas Harapan

Lingkup Pendidikan

TK Kelompok B (4-5 Tahun)

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Kemampuan mengenal huruf vokal

Penulis

Oktaviana Kurniawati S.Pd

Tanggal

21 November 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :

  • Saat kegiatan mengenal huruf vokal, ada 8 dari 14 anak yang mengalami kesulitan untuk menunjukkan huruf vokal.
  • Guru selalu menunjukkan kepada anak-anak huruf huruf vokal yang ada pada buku.
  • Guru kurang menggunakan media pembelajaran yang menarik untuk anak.
  • Dari poin-poin diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pertama selama ini anak terlihat kesulitan dalam mengenal dan mengingat huruf vokal (a,i,u,e,o). Banyak anak yang ketika disuruh menunjukkan mana huruf a atau e malah terdiam dan tidak tahu mana yang huruf vokal  Kedua, guru kurang memahami tahapan perkembangan anak. Selama ini guru langsung memberikan atau mengenalkan kepada anak huruf vokal yang ada pada buku lalu di baca bersama-sama 1 kelas. Ketiga, guru tidak media yang menarik yang bisa di gunakan untuk anak dalam bermain sambil belajar pengenalan huruf vokal.

Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena ada banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yang sama, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri juga bisa menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru yang lain.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Dari analisis hasil kajian wawancara dan literatur penyebab dari tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu meningkatkan aspek bahasa dalam hal mengenal huruf vokal antara lain :

  • Anak belum mampu mengetahui simbol huruf vokal.
  • Anak belum mampu membedakan huruf vokal anatara (a.i.u,e,o)
  • Guru belum menerapkan kepada anak tahapan-tahapan perkembangan bahasa mulai dari menyebutkan ciri-ciri simbol huruf
  • Guru seharusnya tidak langsung mengajak anak untuk membaca bersama-sama huruf vokal karena setiap anak tingkat perkembanganya berbeda.

Dari penyebab diatas, tantangan yang dihadapi guru adalah :

  • Guru harus memberikan media pembelajaran yang tepat.
  • Guru harus menciptakan sebuah media yang menarik bagi anak.
  • Menyediakan berbagai madia pembelajaran yang menarik untuk anak.

Dalam praktik pembelajaran ini melibatkan :

  • Guru
  • Peserta didik

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru sesuai tantangan yang dihadapi antara lain :

  • Guru harus memberikan media yang menarik bagi anak melalui kegiatan bermain .

Guru dapat mengajak anak bermain agar mereka tertarik dan belajar mengenal symbol huruf vocal.

  • Guru harus menciptakan sebuah permainan untuk dapat di mainkan anak agar mereka mendapatkan kesempatan untuk belajar.
  • Dengan membuat sebuah permainan sendiri, dan tanpa berpatok pada buku guru dapat memberikan atau menyajikan sebuah kegiatan main yang menarik untuk anak.
  • Menyediakan media bermain seperti (kotak huruf vokal)

Pemilihan media juga sangat berpengaruh untuk perkembangan bahasa anak. Terutama mengenal huruf vokal Sebelum anak mengetahui symbol-simbol huruf vocal, guru harus pandai membuat atau menciptakan media yang bervariasi contohnya menggunakan media kotak huruf vokal.

Dengan media kotak huruf vokal kegiatan main yang akan dilakukan anak akan lebih menarik, karena anak akan melihat dan memainkan kotak huruf secara langsung.

Huruf-huruf vocal yang ada pada media kotak huruf vocal dapat memudahkan anak dalam menghafal, mengingat symbol dan bunyi huruf vocal tersebut.

  • Langkah-langkah dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah sebagai berikut  :
  • Guru menunjukkan media kotak huruf vokal.
  • Guru menjelaskan ada berapa huruf yang ada pada kotak huruf vokal
  • Guru menjelaskan ciri-ciri dari setiap huruf yang ada pada kotak huruf vokal
  • Guru menjelaskan cara bermain kotak huruf vokal
  • Guru memberikan stik es krim yang sudah tertempel huruf kemudian anak menancapkan stik tersebut ke dalam huruf vokal yang sesuai pada stik es krim
  • Guru menanykan kepada anak bunyi setiap huruf yang telah di mainkan anak dan di masukkan ke dalam kotak huruf vokal

Alat dan bahan :

Kotak Huruf Vokal :

  • Kardus bekas
  • Kertas Origami
  • Gunting
  • Stik Es Krim
  • Solasi dobel tip
  • Cater

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari langkah yang dilakukan dirasa hasilnya efektif dapat terlihat diantaranya :

  • Dengan menggunakan media kotak huruf vokal anak dapat lebih mudah mengingat huruf vokal serta anak dapat membedakan antara huruf vokal satu dengan lainya.
  • Dengan bermain kotak huruf vokal menimbulkan rasa senang kepada anak sehingga kegiatan belajar mudah di tangkap oleh anak.  
  • Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain kotak huruf vokal sehingga tidak ada anak yang terlewati dalam pengenalan huruf vokal melalui media kotak huruf vokal.

Dampak dari aksi PPL Siklus 2 ini adalah dari 7 anak yang belum mampu mengenal huruf vokal dengan tepat ada 5 anak yang mengalami peningkatan yaitu mendapatkan nilai BSB (Berkembang Sangat Baik) dan 1 anak mendapatkan BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penggunakan media kotak huruf vokal sangat efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak.

Respon teman sejawat terkait dengan strategiyang dilakukan yaitu sangat positif dan mendukung dengan praktik pembelajaran ini, dan meminta terus mempertahankan walaupun nanti sudah tidak melaksanakan PPG. Guru mampu memberikan pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi anak agar mampu memahami pembelajaran dengan baik, respon dosen dan guru pamong sangat baik dan memberi masukan untuk pembelajaran kedepannya agar lebih baik lagi.

Faktor keberhasilan dari aksi ini adalah perencanaan yang matang, persiapan yang dilakukan harus maksimal dan dilakukan jauh-jauh hari, serta pelaksanaan dilakukan secara optimal dan sebaik mungkin.

Pembelajaran yang dapat diambil dari keseluruhan  proses ini adalah persiapan itu penting dalam membuat RPP, guru harus memiliki kemampuan pedagogik yang baik, pemilihan solusi yang tepat dalm mengedintifikasis masalah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun