Mohon tunggu...
Rasyid Yamani
Rasyid Yamani Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pandangan Tergesa-gesa Terhadap Jilbab Melahirkan Konotasi Buruk

20 Desember 2018   21:50 Diperbarui: 20 Desember 2018   22:16 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh : Rasyid L Yamani

Jilbab atau kerudung lebar yang dipakai untuk perempuan muslim sebagai penutup kepala hingga ke sebagian besar anggota tubuh. Kecuali,  jemari tangan dan kaki, ada jilbab berukuran pendek hanya bergelantungan diantara pinggul dan bahu. Memakai jilbab sudah  menjadi kewajiban bagi perempuan muslim pada umumny. Agar bisa terjaga dari pandangan lelaki ke tubuh mereka dengan lilitan jilbab. Namun belum semua perempuan muslim menunaikan kewajiban mereka sebagai muslimah, sebagai mana diterapkan dalam syariat Islam.

Secara mutakhir, jilbab dalam perkembangan jaman mengalami sebuah transformasi sejak tahun pertama 1998. Akhir tahun tersebut, jilbab mulai menguasai ruang publik. Bahkan jilbab juga mengambil bagian di acara ronggeng malam oleh penggunanya. Mungkin, Karena jilbab hanya sebatas sutra yang disulam menggunakan bahan halus, sehingga multifungsi.

Konflik horisontal 1998, lembaga pemerintah juga menegaskan perempuan untuk mengenakan jilbab. Disekolah, perkantoran, dan dimana saja (Ruang Publik). Dengan begitu pemerintah mencoba untuk ,mengatur cara orang untuk berpakain lewat jilbab sebagai identitas ke agamaan. Pada sisi lain, jilbab merupakan pembeda antara perempuan muslim dan nonmuslim. Namun pada perempuan muslim sebagiannya tak mengenakan jilbab. Lantas bagaimana membedakannya?

Dalam tulisan ini saya tidak memfokuskan pada pertanyaan tersebut, bukan berati untuk menghindari. Tapi, saya tidak mau terjebak pada defenisi pembedaan yang cenderung tidak toleransi antara umat,  agar tidak membangun cemooh pembaca.

Jilbab Dan tranformasi Fungsi

Jilbab dewasa ini mengalami sebuah transformasi sosial, para perempuan muslim menggunakan jilbab mengikuti perkembangan jaman. Dimana produk-produk mulai membludak  di Etalase, barang yang menjadi kebutuhan perempuan, salah satunya jilbab. Dari yang panjang sampai pendek, dengan bahan dan kualitas yang elegan.  Belum lagi perempuan dijadikan sebagai objek perdagangan jilbab.  Perempuan ditampilkan dilayar kaca  menggunkan jilbab panjang, bulu mata, dan dikasi pewarna pada bibir.

Belum lagi perempuan A, di tangannya menggenggam smartfone, dengan gaya selfi yang menghasilkan kualitas gambar yang bermutu.  Setelah itu toko-toko mulai ramai dengan perempuan, ternyata hanya ingin mencari  produk yang digunakan perempuan A pada layar kaca tersebut. Kalau mau dibilang peremupaun milenial terjebak pada narasi tentang jilbab saat ini. Sebab perempuan memakai jilbab dengan mengikuti perkembangan jaman merupakan sebuah narasi kapitalisme yang menyusup lewat agama.

Olehnya itu narasi besar yang dibangun kapitalisme, merupakan sebuah hasrat yang bermain pada pikiran. Kalau kita menggunakan jilbab berwarna [...] dipadukan  dengan bulu mata dan bibir dikasi pewarna akan menamba sesuatu yang berlebihan. Tentunya cantik , tapi cantik merupakan sebuah metafora  yang melampaui batas cantik secara subyektif manusia. Artinya konsep cantik yang dipahami perempuan sebagai realitas yang dibentuk secara individu.  Hal demikian disebeut Michel Foucaul adalah Fetisisme tubuh. Fetisisme tubuh terus berkembang tak terkendali, didorong oleh indsutri kecantikan, industri mode pakaian, industri remaja, indsutri diet, dan industri kebugaran tubuh, (Pip Jones, 2009: 183).

Jilbab Dan keimanan

Apakah keimana perempuan diukur dengan atribut agama? Pertanyaan ini ingin membuktikan pandangan masyarakat terhadap perempuan yang menggunakan jilbab dan tak berjilbab dari isi keimanan atau kesalehan seorang perempuan. Seperti pada pertanyaa pertama, namun pada pertanya kedua ini saya coba menggunakan pandangan Ignas Kleden. Ciri utama orang kurang terdidik adalah sikap tergesa-gesa dalam membentuk pendapatnya, yang kemudian dipertahankan secara mutlak. Sebaliknya, seorang terpelajar akan sangat berhati-hati dalam berpendapat dan selalu berbicara dengan memodifiksai, (Kompas,25/06/2015).

Olehnya itu soal ke imanan adalah persolan personal, jangan tergesa-gesa untuk megenalisir seorang perempuan menggunakan jilbab yang menutpi seluruh anggota tubuhnya. Bahwa dia benar beriman atau sholeha. Sebaliknya perempuan yang tak menggunkan jilbab kurang beriman, dan tak sholeha. Beriman atau kesalehan seseorang sekali lagi adalah persoalan personal, orang yang melakukan ritual pada ruang privat haruskah menyampaikan kepada publik bahwa dia melakukan sholat dan membaca kitab?

Tak menggunakan jilbab bukan berarti mengelak ke Islaman, orang akan berubah manakalah kesadarannya terbentuk, sangat hati-hati adalah cara untuk menentukan pilihan agar tidak terjebak pada modernisasi. Sementara pada abad milenial banyak perempuan berusia muda tren mengikuti perkembangan jaman dengan menggunakan jilbab berukuran besar dan panjang (hijabers). Jilbab, dewasa ini telah menjadi suatu komoditas bagi perempuan usia muda sebagai gaya hidup.

Olehnya itu, jilbab mengalami pergeseran makna secara cultur, sementara pada sisi ke agamaan pandangan masyarakat terhadap perempuan berjilbab merupakan repsentasi kesalehan. Lalu perempuan yang tak berjilbab dianggap kurang beriman atau jauh dari kesalehan. Pandangan tersebut merupakn sebuah kesesatan, kala hanya menilai dari covernya, mak akan buruk maknanya.*

                   

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun