Mohon tunggu...
Anissa Muthia S
Anissa Muthia S Mohon Tunggu... Lainnya - (a.k.a Nyssa Syira)

Just Ordinary Woman With Extra Ordinary Dream... Blog : http://nyssasyira.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Stay Alert: Lindungi Diri dan Keluarga Anda

16 Maret 2017   07:40 Diperbarui: 16 Maret 2017   20:00 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Mobilku sayang, Mobilku Malang


Di dunia ini, tidak ada yang bisa memperkirakan kapan musibah itu akan datang. Musibah datang dengan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Tiba-tiba, Boomm! Terjadilah musibah itu. seperti halnya yang pernah menimpa orang tua saya beberapa buan yang lalu. Tepatnya pada bulan Oktober 2016, sebulan setelah pesta pernikahan saya. Waktu itu ibu saya berencana mengunjungi saudara yang sedang mengadakan 100 hari setelah kematian suaminya. Ibu saya berangkat dengan supir menuju daerah Bekasi. Baru sampai dipertengahan jalan (di jalan tol) tiba-tiba mobil yang dikendarai ibu saya berhenti. Sudah dicoba berkali-kali tetap tidak bisa hidup.

Biasanya jika seperti itu ada masalah dengan aki, namun sepertinya itu tidak mungkin karena mobil tersebut baru diservice seminggu yang lalu. Karena tidak ada tanda-tanda akan kembali hidup, supir saya segera memasang tanda segitiga kuning dan memberi tanda pada mobil yang akan lewat di belakangnya agar tidak melaju dengan kencang. Hal tersebut dilakukan karena posisi berhenti mobil tersebut berada di tikungan, sehingga apabila mobil yang dibelakang tidak melihat bisa saja mereka menabrak mobil kami karena terlalu kencang.

Setelah satu jam, datang petugas Jasa Marga yang membantu mobil kami untuk di derek ke luar tol dan menuju salah satu bengkel yang ada. karena saat itu posisi belum begitu jauh dari tol cibubur, akhirnya mobil itu dibawa ke bengkel yang ada di Cibubur. Setelah diperiksa ternyata ada beberapa bagian mesin yang rusak, diperkirakan karena pernah/sering terbentur sesuatu ketika sedang berjalan. Setelah diingat-ingat, beberapa kali mobil tersebut memang dipaksa berjalan di area banjir.

Mungkin karena bemper mobil yang rendah, pernah terkena benturan keras akibat menerobos banjir dan jalan berlubang, mesin mobil tersebut jadi rusak Petugas mengestimasikan biaya perbaikan untuk mobil itu adalah sbesar 42 juta. Waaw. Angka yang sangat fantantis. Sayangnya mobil itu tidak diasuransikan penuh, hanya asuransi kehilangan saja. Yaah, apa mau dikata. Tidak mungkin juga membiarkan mobil itu di garasi mobil selamanya. Karena tidak ada dana sebesar itu, orang tua saya menggunakan alternatif lain, yaitu menggunakan montir panggilan untuk membetulkan mobil di rumah. Dana yang dikeluarkan lumayan murah, tidak sampai 20juta. Namun karena khawatir dengan kondisi mobil tersebut, akhirnya mobil tersebut di jual.

Kalau mengingat hal tersebut rasanya menyesal mengapa dulu tidak membeli asuransi full coverage untuk mobil itu. Berpikir kalau semua akan baik-baik saja ternyata berakhir tidak baik. Terkadang kita memang harus mempertimbangkan risiko terburuk yang akan terjadi dalam mengambil suatu keputusan. Sempat terbersit dalam pikiran “Coba seandainya mobil itu diasuransikan, tentunya mobil itu tidak harus dijual dan tidak perlu mengeluarkan uang sebanyaknya”. Tapi, mau bagaimana lagi, “Nasi sudah menjadi bubur”. Untung itu dikedepannya, orang tua saya bertekad untuk mengasuransi mobil dengan full coverage untuk mengantisipasi kejadian seperti itu lagi. Sebagai manusia bijak, kita harus tanggap risiko terhadap kejadian apapun.

Risiko Adalah Ketidakpastian, Bagaimana Melindungi Keluarga Anda?

Dok.pribadi
Dok.pribadi

Untuk kendaraan, dapat dikatakan ada dua risiko yang akan dihadapi oleh pemiliknya, yaitu kehilangan dan kerusakan. Kehilangan bisa diakibatkan oleh keteldoran atau karena memang niat dari si pencuri untuk mengambil kendaraan tersebut. Sedangkan untuk kerusakan, banyak faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi, seperti kondisi jalan yang tidak menentu, kecelakaan, disenggol kendaraan lain ataupun karena faktor alam, seperti banjir atau gempa bumi. Terkadang ketika si pemilik sudah sangat berhati-hati dalam berkendara, itupun tidak menjamin kalau tidak akan terjadi musibah karena ada faktor lain yang berperan. Karena itulah seorang pemilik kendaraan harus waspada terhadap risiko-risko yang mungkin akan dihadapi nanti.

Dalam menghadapi risiko-risiko seperti itulah perusahaan asuransi hadir di tengah masyarakat. Perusahaan asuransi berperan sebagai media yang dapat menanggung ketidakpastian yang akan terjadi pada nasabahnya di masa yang akan datang, termasuk menanggung risiko bencana atau musibah yang akan datang. Ada banyak perusahaan asuransi di Indonesia, salah satunya adalah asuransi Zurich. Baru-baru ini zurich mengeuarkan suatu aplikasi canggih yang membuat kita lebih stay alert terhadap kejadian yang ada disekitar kita. Nama aplikasi tersebut adalah Z-Alert. Dengan aplikasi ini diharapkan pengguna dapat lebih tanggap risiko bencana, dimanapun dan kapanpun.

Mengenal Zurich Lebih Dekat

Sumber tercantum
Sumber tercantum

Zurich merupakan perusahaan asuransi terkemuka yang melayani nasabah di pasar lokal dan global. Asuransi ini sudah berdiri sejak tahun 1872 dan berkantor pusat di Zurich, Swiss. Di Indonesia sendiri, perusahaan ini berdiri sejak tahun 1991. Zurich memberikan perlindungan untuk personal dan bisnis. Perlindungan personal terdiri dari Asuransi Jiwa dan Asuransi Umum. Sedangkan perlindungan bisnis terdiri dari Asuransi Aset Bergerak, Aset, Risiko Bisnis dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Dari beberapa perlindungan yang ditawarkan oleh Zurich, asuransi yang cocok untuk menanggulangi musibah yang pernah menimpa keluarga saya adalah Asuransi Kendaraan, yang menjadi bagian dari Asuransi Umum. Zurich menawarkan beberapa pilihan asuransi untuk kendaraan, seperti Asuransi Komprehensif dan TLO (Total Loss Only), Asuransi Mobil Z, Asuransi Motor Z. Jaminan Dasar yang diberikan untuk Asuransi Komperhensif adalah perlindungan menyeluruh atas kerusakan/kerugian pada kendaraan karena tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian ataupun kecelakaan lalu lintas dan kebakaran. Sedangkan untuk Asuransi TLO, jaminan dasar yang diberikan adalah perlindungan yang diberikan meliputi risiko kehilangan toal akibat pencurian, kebakaran, maupun kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan Anda di atas 75%. Selain jaminan tersebut, Asuransi Zurich juga memberikan Jaminan Perluasan. Selain itu, Zurich juga memberikan layanan untuk pemegang polis asuransi Mobil Z, Komprehensif dan TLO, yaitu Zurich Action and Promises 250 (ZAP 250). Layanan tersebut meliputi layanan Derek, Perbaikan Umum, Klaim Kehilangan Total, Survei dan Kerusakan Mobil.

Z-Alert : Aplikasi Pintar yang Membuat Anda Tanggap Risiko Bencana

z-alert-aplikasi-pintar-58c9e85b7293735f060e2a8b.jpg
z-alert-aplikasi-pintar-58c9e85b7293735f060e2a8b.jpg
Dalam memperingati ulang tahunnya yang ke-25, Zurich Indonesia meluncurkan sebuah aplikasi mobile yang dapat memberikan peringatan terhadap penggunanya apabila ada bencana di sekitar lokasi pengguna. Aplikasi tersebut diberi nama Zurich Alert atau Z-Alert. Para pengguna Z Alert dapat mengakses informasi terkait bencana seperti kebakaran, pemadaman arus listrik, banjir, kecelakaan lalu lintas serta kecelakaan atau bencana lainnya. Pengguna secara otomatis juga akan menerima notifikasi berupa peringatan lengkap dengan lokasi dimana bencana terjadi. Hal ini dapat meminimalisir kerugian yang dapat ditimbulkan oleh bencana/musibah tersebut.

Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi para pengguna kendaraan karena dapat mengetahui musibah/bencana yang terjadi di sekitarnya. Fitur Peristiwa membuat pengguna dapat mengetahui kecelakaan atau bencana di daerah tertentu. Apabila kita ada rencana untuk menuju area tertentu, kita bisa tahu apakah area tersebut aman atau tidak. Sebagai contoh, saat ini lokasi saya di Cibubur, namun saya dapat mengetahui bahwa ada kecelakaan di daerah kembangan, Jakarta Barat.

Mengambil contoh dari peristiwa keluarga saya sebelumnya. Ada fitur menarik dari Z Alert yang (seharusnya) dapat menolong ibu saya waktu itu, yaitu fitur Bengkel. Dari aplikasi Z-Alert dapat diketahui di sekitar saya ada bengkel apa saja, termasuk alamat dan nomer teleponnya. Apabila terjadi hal seperti waktu itu lagi, mobil berhenti a.k.a mogok ditengah jalan, saya bisa segera menghubungi bengkel terdekat dan tidak perlu lama menunggu di tengah jalan. Hal ini akan sangat berguna apabila saya sedang berada di tempat yang tidak tidak begitu saya kenal. Bengkel terdekat akan mudah didapat dengan aplikasi Z-Alert ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun