nativisme: Berpendapat bahwa perkembangan manusia sangat dipengaruhi oleh pembawaanÂ
Â
Teori empirisme: Berpendapat bahwa bayi lahir dalam keadaan seperti kertas putih bersih dan akan berkembang berdasarkan pengaruh dari luarÂ
Â
Teori konvergensi: Berpendapat bahwa perkembangan manusia dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu bakat atau pembawaan dan lingkungan atau sekolahÂ
Â
Teori perkembangan sosial Erickson: Mengemukakan bahwa manusia memiliki delapan tahap perkembangan sosialÂ
Â
Teori sosiokultural Vygotsky: Berpendapat bahwa kecerdasan manusia berasal dari lingkungan budaya dan interaksi sosial berperan penting dalam mengembangkan kognisiÂ
Â
Selain itu, ada juga teori-teori perubahan sosial, seperti:Â
Â
Teori siklus, yang berpendapat bahwa perubahan sosial terjadi dalam pola yang berulangÂ
Â
Teori evolusi, yang terbagi menjadi teori evolusi unilinear dan multilinearÂ
Â
Teori fungsionalis, yang berpendapat bahwa setiap elemen masyarakat memiliki fungsi terhadap elemen masyarakat lainnyaÂ
Â
Teori konflik, yang berpendapat bahwa konflik antar kelompok dan kelas sosial merupakan sumber utama perubahan sosial
Teori perkembangan sosial yg dikemukakan oleh lev vygotsky menekankan pada pengaruh faktor sosial dan Budaya terhadap perkembangan kognitif.
Selain teori vygotsky, beberapa teori perkembangan sosial lainnya adalah: teori keterikatan, teori piaget, teori psikoanalisis, teori pembelajaran sosialÂ
Perkembangan sosial adalah proses pembentukan pribadi dalam masyarakat, keluarga,budaya,danbangsa . pengembangan sosial ank di pengaruhi oleh berbagai faktor, seperti: individu ank,peran orang tua dan orang dewasa, linkungan masyarakat,taman kanak_kanak.
Perkembangan sosial anak juga dapat di artikan sebagai pencapaian kematangan dalam hubungan sosial.
Lev vygotsky dan jean piaget memiliki beberapa pandangan yg berbeda mengenai perkembangan kognitif manusia,di antaranya:
Cara belajarÂ
Piaget berpendapat bahwa seseorang dapat bahwa seseorang dapat belajar secara mandiri dengan melihat orang_ orangÂ
 Di sekitarnya.sementara vygotsky berpendapat bahwa seseorang harus di tunjang dengan interaksi sosial agar dapat berkembang.
Cara membangun pengetahuan piaget percaya bahwa anak-anak mengembangkan pengetahuan melalui situasi sosial dan budaya masing_masing.
Peran bahasaÂ
Dalam teori piaget , bahasa TDK memainkan peran utama.sedangkan vygotsky berpendapat bahwa bahasa adalah salah satu alat budaya utama.
Teori perkembangan kognitif piaget mengemukakan teori perkembangan kognitif yg menunjukkan bahwa kecerdasan berubah seiring dengan pertumbuhan ank.vygotsky mengembangkan teori tentang bagaimana interaksi sosial memengaruhi perkembangan kognitif kita.
Perkembangan teori perkembangan sosial meliputi beberapa teori,di antara nya:
Teori vygotskyÂ
Teori ini menyatakan bahwa perkembangan kognitif dan kemampuan belajar ank dpt di arahkan oleh interaksi sosial mereka.teori ini juga disebut teori sosiokultural vygotsky.
Teori empirismeÂ
Teori ini menyatakan bahwa bayi
Ketika lahir ibarat kertas yg Masih
Putih bersih,dan akan tumbuh dan perkembangan tergantung pengaruh dari luar.
Teori konversiÂ
Teori ini menyatakan bahwa pertumbuhan dan perkembangan manusia tergantung pada dua faktor:bakat atau pembawaan dan lingkungan atau sekolah.
Teori linierÂ
Teori ini menyatakan bahwa pertumbuhan yg terjadi di rakyat berujung atau menuju satu titik yg sama.
Perkembangan sosial adalah proses belajar untuk menyesuaikan diri dengan orang lain,baik di dalam keluarga atau linkungan sekitar.perkembangan sosial juga merupakan rangkaian perubahan progresif yg terjadi sebagai proses kematangan dan pengalaman
Teori vygotsky menyatakan bahwa inraksi sosial membantu ank mengembangkan kemampuan mereka dlm mengenggunakan BHS . menurut vygotsky,ada tiga tahap/bentuk bahasa dalam proses perkembangan :bicara sosialÂ
_komunikasi antar anak-anak dan orang lain (biasanya sejak usia 2 THN)Â
Piaget berfokus pada struktur berpikir , sedangkan vygotsky berfokus pada bagaimana interaksi sosial memengaruhi perkembangan kognitif.
Piaget percaya bahwa kecerdasan berubah seiring dengan pertumbuhan ank, sedangkan vygotsky percaya bahwa anak-anak mengembangkan konsep _konsep yg lebih sistematis dan rasional melalui percakapan dengan orang lain.perkembangan adalah proses belajar untuk menyesuaikan diri dengan orang lain ,baik dalam keluarga maupun lingkungan sekitar.
Jean piaget
Berpendapat bahwa anak -ank adalah pembelajar aktif yg mengembangkan ide-ide mereka secara mandiri . teori piaget dikenal sebagai teori konstruktivisme, yg menyatakan bahwa pengetahuan di peroleh melalui proses asimilasi dan akomodasi.
Lev vygotskyÂ
Berpendapat bahwa anak -ank belajar melalui interaksi sosial, bahasa,dan budaya.teori vygotsky di kenal sebagai teori sosiokultural perkembangan kognitif,yg menyatakan bahwa perkembangan kognitif ank di pengaruhi oleh interaksi dengan lingkungannya dan masyarakat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H