Cerita Praktik Baik (Best Practice)
Menggunakan Metode Star
Disusun untuk Memenuhi Tugas PPG Dalam Jabatan  Kategori II  Tahun 2022
LPTK Universitas Negeri Surabaya
                          Oleh
              Nama       : NURUL LAYLIA Â
              Kelas       :  A2    Â
              Prodi       : PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI
                           2022
NAMA Â Â Â Â Â : NURUL LAYLIA
KELAS Â Â Â Â : A2
PPG DALJAB KATEGORI II TAHUN 2022
Â
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
TK DHARMA WANITA KEDAWUNG 02
Lingkup Pendidikan
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan Kemampuan membilang benda 1-10 pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Kedawung 02
Penulis
Nurul Laylia, S.Pd
Tanggal
Jum'at, 25 November 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah terkait kemampuan Numerasi 11 dari 16 anak kelompok B Kurang mampu dalam membilang benda 1-10
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah:
- Media yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang bervariasi
- Kegiatan pembelajaran hanya fokus pada LKA
- Pembelajaran di kelas monoton
Â
Mengapa praktik ini penting dibagikan
- Praktik ini penting dibagikan agar dapat menjadi referensi atas kendala-kendala yang dihadapi dan strategi terbaik yang dapat dilakukan guru dalam penerapan model pembelajaran di kelas.
Peran dan Tanggung Jawab
- Peran dan tanggung jawab saya selaku guru pada praktik pembelajaran ini mempersiapkan dan mengelola pembelajaran dan bertanggung jawab penuh atas keberhasilan pembelajaran peserta didik.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran ini adalah :
- Belum sepenuhnya paham dalam menerapkan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka
- Pada saat pengisian penilaian perangkat pembelajaran kurikulum merdeka pada bagian ceklist ada beberapa kendala saat memasukkan hasil pengamatan pada bagian yang sudah muncul dan belum muncul
Adapun pihak-pihak yang terlibat pada Praktek Pembelajaran yaitu:
- Kepala Sekolah TK Dharma Wanita Kedawung 02 yang memberikan izin persetujuan pelaksanaan PPL
- Guru sebagai tenaga pengajar
- Teman guru sebagai kameramen dalam perekaman video praktik PPL
- Koordinasi dengan wali murid sehubungan dengan pesera didik yang diajak PPL
- Dosen dan Guru Pamong yang memberikan bimbingan, saran dan kritik yang bersifat membangun sebelum dan sesudah kegiatan PPL dilaksanakan
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam menghadapi tantangan-tantangan pada proses pembelajaran:
- Tema        : Tanaman
- Sub Tema    : Buah-Buahan
- Sub-Sub tema : Buah Mangga
- langkah yang dilakukan dalam menghadapi tantangan
- Belajar tentang kurikulum merdeka dengan mengikuti pelatihan maupun workshop yang diselenggarakan melalui online maupun offline
- Mencari referensi maupun meningkatkan pengetahuan dengan mengikuti seminar maupun workshop online maupun offline
- Adapun strategi yang digunakan untuk menghadapi tantangan-tantangan ini adalah:
- Berkaitan dengan perangkat pembelajaran : Membuat perangkat pembelajaran berupa RPPM, RPPH, Bahan ajar, Instrumen penilaian, LKPD dan media pembelajaran
- Berkaitan dengan media pembelajaran : Menggunakan media jam pintar melalui metode edutaiment. Anak dapat membilang benda 1-10 secara konkret dan dapat  digunakan  untuk  melatih gerakan tangan sehingga menarik minat anak untuk belajar membilang benda sekaligus bermain
- Berkaitan dengan penilaian : Guru melakukan penilaian secara keseluruhan mulai dari ceklist, hasil karya, dan catatan anekdot
- Sumber daya dan materi yang diperlukan:
1). Kemampuan TPACK dalam penayangan video pembelajaran dan yang dapat memberikan stimulus kepada peserta didik pada kegiatan pendahuluan
2). Bahan ajar, LKPD, dan instrumen penilaian yang sesuai dengan materi
3). Â Biaya yang digunakan untuk print out bahan
    ajar dan LKPD serta pembuatan media
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
- Dampak dari aksi langkah-langkah yang sudah dilakukan guru pada pemaparan di atas memberikan hasil yang positif, hal ini terlihat dari:
- Anak lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena pembelajaran lebih menyenangkan dengan berbagai kegiatan yaitu : Mewarnai gambar mangga, mengidentifikasi bagian buah mangga, membilang benda menggunakan media jam pintar, dan membuat jus buah mangga
- Anak mendapat pengalaman baru dalam kegiatan membuat jus buah
- Respon dari orang lain yang ikut memantau kegiatan ini seperti Kepala Sekolah, teman sejawat, Dosen dan Guru Pamong dan teman PPG memberi tanggapan bahwa pembelajaran lebih menarik saat menggunakan media sehingga belajar tidak mudah bosan dan menjadi lebih menyenangkan
- Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan strategi pembelajaran dilaksanakan antara lain
- Peserta didik terlihat lebih aktif saat pembelajaran
- Minat belajar peserta didik terlihat ketika anak memberikan respon maupun umpan balik saat guru menjelaskan kegiatan pembelajaran
- Terlihat usaha peserta didik dalam menyelesaikan tugas yang diberikan
RTL 1 ( Perangkat Pembelajaran Kurtilas Kelompok B)
Dalam rangka Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait menggunakan format berikut.
Nama        : Nurul Laylia
Instansi      : TK Dharma Wanita Kedawung 02
Prodi        : Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Rencana KegiatanÂ
WaktuÂ
Tempat KegiatanÂ
Pihak Yang TerkaitÂ
KeteranganÂ
Menyusun RPP 1
Senin,  7 November  2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Membuat Bahan Ajar
Selasa, 8
November 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Membuat Media
Rabu, 9 November 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Membuat LKPD
Kamis, 10 November 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Membuat
Instrumen
Penilaian
Jumat, 11 November 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Â
RTL 2 (Membuat video dalam pembelajaran)
Dalam rangka Diseminasi pembutan dan edit video praktik  pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait. menggunakan format berikut.
Nama        : Nurul Laylia
Instansi      : TK Dharma Wanita Kedawung 02
Prodi        : Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Rencana KegiatanÂ
WaktuÂ
Tempat KegiatanÂ
Pihak Yang TerkaitÂ
KeteranganÂ
Pembuatan skenario video RPP 1
Senin, 21 November 2022
Ruang kelas TK B
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Latihan buat video
Selasa, 22 November 2022
Ruang kelas TK B
Guru dan Teman
SejawatÂ
Pukul 07.00
Rekaman
video
Jum'at, 25 November 2022
Ruang kelas TK B
Guru dan Teman
SejawatÂ
Pukul 07.15
Editing video
Sabtu, 26 November 2022
Ruang Guru
Guru dan Teman
SejawatÂ
Pukul 11.00
Finalisasi video
Senin, 28 November 2022
Dirumah
GuruÂ
Menyesuaikan
Â
RTL 3 (Menyusun Best Practice)
Dalam rangka Diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan pendekatan STAR, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu danÂ
Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait dengan menggunakan format berikut.
Nama        : Nurul Laylia
Instansi      : TK Dharma Wanita Kedawung 02
Prodi        : Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Rencana KegiatanÂ
WaktuÂ
Tempat KegiatanÂ
Pihak Yang TerkaitÂ
KeteranganÂ
Koordinasi persiapan Best Practise
Senin, 5 Desember 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Pelaksanaan Best PractiseÂ
Selasa, 22 November 2022
Ruang kelas TK B
Guru dan Teman SejawatÂ
Pukul 07.15
Pelaksanaan Best PractiseÂ
Rabu, 29 November 2022
Ruang kelas TK B
Guru dan Teman SejawatÂ
Pukul 07.15
Analisis Data
Kamis, 30 November 2022
Ruang kelas TK B
GuruÂ
Pukul 11.00
Pembuatan laporan Best
Practise
Selasa, 6 Desember 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 11.00
Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI