Mohon tunggu...
Nurul Hanifah
Nurul Hanifah Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa

Hobi nonton film

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teknik-Teknik Lobying dalam Dunia Bisnis

15 Desember 2022   13:55 Diperbarui: 15 Desember 2022   14:03 320
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Lobi adalah kegiatan sehari-hari yang sebenarnya tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Orang-orang melakukan proses komunikasi dengan orang lain, tetapi di sinilah lobi terjadi, kadang-kadang bahkan tanpa sepengetahuan kita. Menyelesaikan ketidaksepakatan, perselisihan, dan kepentingan memerlukan dialog dan konsultasi melalui lobi dan negosiasi, yang dapat memakan waktu dan terkadang memakan waktu. Lobi hari ini bukan lagi monopoli politik dan diplomasi, tetapi banyak pengusaha, selebritas, dan partai politik lainnya. Pada prinsipnya, lobi diimplementasikan sebagai pendekatan untuk pengembangan negosiasi. Diyakini bahwa jika lobi berfungsi dengan baik, negosiasi akan berhasil. Jika semuanya berjalan dengan baik, lobi dan negosiasi akan berhasil. Dalam komunikasi bisnis, negosiasi adalah proses dua pihak atau lebih dengan kepentingan atau konflik yang sama dan bernegosiasi hingga kesepakatan tercapai. 

Lobi adalah aktivitas komunikasi yang dilakukan individu ataupun kelompok dengan tujuan mempengaruhi pimpinan organisasi lain maupun orang yang memiliki kedudukan penting dalam organisasi dan pemerintahan sehingga dapat memberikan keuntungan untuk diri sendiri ataupun organisasi dan perusahaan pelobi. Lobi menggunakan pendekatan percakapan sebagai solusi. Pembicara dapat dipilih oleh individu, kelompok atau organisasi (atau organisasi nirlaba) dan lembaga pemerintah. 

Menurut Pramono (1997), “lobi yang menggunakan kiat untuk mempengaruhi orang dan membangun hubungan yang bermanfaat. Pola ini menekankan tekanan untuk membangun koalisi dengan organisasi lain yang memiliki tujuan dan minat yang berbeda untuk Penyelenggaraan Bersama. Ini juga digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang isu-isu kritis dan untuk mendekati pengaruh”. Maschab (1997), “menekankan bahwa adalah segala bentuk upaya yang dilakukan oleh satu pihak untuk menarik pihak lain atau mendapatkan dukungan. Pandangan ini menekankan bahwa ada dua atau lebih pemangku kepentingan atau terkait dengan suatu objek, tetapi pandangan mereka tidak sama. Dalam arti tertentu, ada pihak yang lebih tertarik atau merasa lebih membutuhkan, sehingga melakukan lebih banyak upaya untuk mencapai elemen atau elemen yang diinginkan daripada yang lain. Pesta yang paling menarik diaktifkan dengan beberapa cara untuk sampai ke lobi dari tempat usaha”. 

Lobi adalah pendekatan informal, bukan negosiasi, yang merupakan proses formal atau sangat formal. Evaluasi dan Diskusi Aturan, rencana, peraturan dan program harus memiliki sifat tujuan dan prosedur mereka, sehingga mereka disebut ide. Bisnis perlu berkomunikasi menggunakan teknologi untuk mengomunikasikan dengan jelas apa yang diinginkan perusahaan. 

Organisasi adalah kegiatan sehari-hari yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Orang berkomunikasi dengan orang lain. Orang-orang memiliki ras dan kebangsaan yang berbeda. Praktek, kategori Berisi karakter dan pola pikir yang berbeda, beberapa orang sangat cerdas, disiplin dan disiplin.  Kondisi fisik ini adalah salah satu alasan tidak mendapatkan solusi yang sama untuk semua masalah. Dalam organisasi sosial melalui kekerasan atau Upaya sosial untuk mencapai tujuan melalui kekuatan ekonomi dan politik yang sederhana. 

Dalam lobiying harus memilih strategi yang tepat dan mendapatkan hasil yang di butuhkan. Strategi ini harus dihargai sebelum proses negosiasi dimulai. Ada berbagai jenis strategi bisnis untuk dipilih :

1. Menang. Pertandingan ini dipilih jika para pejuang ingin menyelesaikan masalah, maka kedua belah pihak menang. Situs ini disebut Komunikasi Terpadu. 

2. Kehilangan Stretegi, Opsi ini hilang karena pebisnis ingin penyerang mendapatkan hasil yang lebih baik dalam menyelesaikan masalah yang diunduh. Dengan strategi ini, tim yang bersaing bersaing satu sama lain dan mencapai hasil yang diinginkan. Di Howell. Pilihan ini bersifat opsional karena tidak mungkin untuk memilih proposal yang sesuai dalam diskusi. Akibatnya, efek yang diharapkan dari konflik belum tercapai. 

3. Kehilangan Strategi ini umumnya dipilih karena tidak mungkin untuk memilih strategi yang tepat dalam negosiasi. Akibatnya, pihak-pihak yang berkonflik akhirnya tidak mendapatkan hasil yang diharapkan. 

4. Hilang Strategi ini dipilih ketika salah satu pihak mau mengambil manfaat dari kekala

Strategi dalam perdagangan  

1. Buat tema. Teknik ini harus digunakan untuk memberi para pihak kesempatan untuk menyelesaikan masalah pencarian dan mencapai konsensus untuk mendukung debat. 

2. Bluff. Nasihat ahli yang sering digunakan oleh konsultan untuk berpura-pura membelokkan kebenaran adalah berbohong kepada pengiklan untuk membuat gambar. 

3. Tetapkan tenggat waktu. Metode ini digunakan ketika salah satu negosiator ingin mempercepat proses negosiasi dan memberikan lawan keputusan darurat. 

4. Anak-anak yang baik, anak-anak yang baik: Ini adalah penggunaan istilah "baik" dan "baik" untuk pedagang. "Kesalahan" semacam ini dibuat untuk mengalahkan musuh dan membuat argumen lawan. Di sisi lain, kesenangan adalah hal "baik" yang dihargai orang lain untuk kenyamanan mereka. Oleh karena itu, opini dianggap untuk membagi pendapat orang yang “salah” dan diterima oleh penasihat hukum. 

5. Metode Pengembangan: Metode ini diperlukan oleh permintaan lawan untuk menunda negosiasi ketika persyaratan lawan dipenuhi. 

6. Gail. Prinsip yang sama berlaku ketika pihak lain mengancam pengiklan untuk menarik penawaran dan mengkonfirmasi hasilnya, yang harus diterima jika tawaran ditolak. 

Secara teknis pada dasarnya ada 6 kemampuan dasar yang perlu dimiliki supaya sukses melakukan lobi, negosiasi dan dengar pendapat, antara lain : 

1. Kemampuan membaca teks dan konteks.

 2. Dia bisa menulis. 

3. Logika ”(verbal (dengan kemampuan untuk berdebat dan menyampaikan ide)). 

4. Kemampuan untuk mengekspresikan ide dan pendapat. 

5. mendengar. 

6. Keterampilan komunikasi (Humor, bahasa tubuh, pakaian, gaya) Bantu.

Karakteristik Lobbying 

1. Proses ini mungkin berbeda atau tidak ada dalam konferensi atau dalam konsultasi. 

2. Ini bisa menjadi bentuk komunikasi yang dimulai dengan presentasi atau surat. 

3. Waktu dan tempat dan tempat mungkin dalam kondisi adil atau menguntungkan. Setelah dipilih dan digunakan, mereka dapat mendukung dan menciptakan lingkungan yang menyenangkan bagi orang untuk bersantai. 

4. Majikan atau karyawan mana pun terlibat dalam lobi atau hal-hal terkait dan dapat diatur oleh pemerintah atau pemerintah daerah, hukum, bisnis, pekerja kantor, pemimpin masyarakat atau perusahaan multinasional atau pihak berkepentingan lainnya. 

5. Jika diinginkan, ia mungkin memiliki akses pihak ketiga ke artis.

6. Anda dapat mengarahkannya langsung ke jalan masuk sehingga semua sisi berada di lobi. Pelobi berharap tidak perlu khawatir atau menunggu kelompok lain mengetahuinya.  

Mengidentifikasi Materi Lobi dan Negosiasi 

1. Kita harus jelas dan ringkas, karena ada hal-hal yang ingin kita capai, diskusikan, dan dengarkan. 

2. Sebelum kita keluar dan berbicara, kita perlu tahu persis (pesan) mana yang ingin kita sampaikan. 

3. Kita harus kuat dan tahu persis apa yang ingin Anda ubah, apa artinya, apa yang Anda inginkan, apa yang Anda inginkan, dan apa yang Anda pikirkan.

4. Kita harus dengan jelas mendefinisikan sikap kita (ideologi, nilai-nilai, konsep, minat, sikap dan perilaku). 

5. Kita tahu bahwa orang atau kelompok lain setuju dengan kita, tidak setuju, dan menentang kita. Itu yang terbaik dan yang terbaik.

Hambatan Proses Lobi dan Negosiasi 

 Masalah dalam mengembangkan pesan dikarenakan munculnya keraguraguan tentang isi pesan, kurang terbiasa dengan situasi yang ada atau dengan orang yang akan menerima. Juga adanya pertentangan emosi, atau kesulitan dalam mengekspresikan ide atau gagasan. Masalah dalam menyampaikan pesan. 

Masalah dalam menerima pesan dapat terdeteksi seperti persaingan antara penglihatan dengan pendengaran atau suara, suasana yang tidak nyaman, lampu yang mengganggu, konsentrasi yang tidak terpusat. masalah dalam menafsirkan pesan dipengaruhi oleh perbedaan latar belakang, penafsiran kata dan perbedaan reaksi emosional. 

Strategi dan Teknik Melobi 

Desain Lobi

 1. Pelajari apa yang harus dibicarakan untuk mengetahui perbedaan dan konsekuensi yang ditanggung. 

2. Informasi siap dikirim ke informasi yang dipersiapkan dengan baik. 

3. Dipersiapkan dengan baik, setiap orang harus siap untuk percaya diri dan tidak menyesal selama kampanye. 

4. Berusaha mengalihkan perhatian pendengar dengan mengirim perwakilan untuk mendengarkan pesan dengan cermat.

5. Tunjukkan delegasi sehingga mereka dapat diunduh dan dipahami. 

6. Hubungi lobi dengan membuat kesan positif, jika mereka terus melakukannya. 

Ada beberapa jenis rencana komunikasi untuk dipilih: 

1. Sukses. Pertandingan ini dipilih jika para pejuang ingin menyelesaikan masalah, maka kedua belah pihak menang. Situs ini disebut Komunikasi Terpadu. 

2. Opsi ini hilang karena pemain ingin penyerang mendapatkan hasil yang lebih baik dalam menyelesaikan masalah yang diunduh. Dengan strategi ini, tim yang bersaing bersaing satu sama lain dan mencapai hasil yang diinginkan. 

3. Di Howell. Pilihan ini bersifat opsional karena tidak mungkin untuk memilih proposal yang sesuai dalam diskusi. Akibatnya, efek yang diharapkan dari konflik belum tercapai.

Mengalahkan atau kehilangan Strategi ini dipilih karena tim menginginkan solusi terbaik dengan menyelesaikan masalah kerja. . Kerugian dari pendekatan ini biasanya dipilih sebagai hasil negosiasi yang mungkin tidak mengarah pada strategi yang tepat. Akibatnya, pihak yang berselisih akhirnya gagal mencapai hasil yang diharapkan. Kerusakan Strategi ini dipilih ketika sebuah kegiatan dengan sengaja membunuh dan mencoba menghasilkan uang. 

Strategi Alternatif

Ada teknik tradisional yang digunakan oleh vendor. 

1. Buat agenda. Teknik ini harus digunakan karena memungkinkan pihak yang berselisih untuk menyelesaikan masalah apa pun dan mendorong mereka untuk mencapai kesepakatan berdasarkan paket negosiasi. 

2. Kebingungan. Salah satu teknik yang paling umum digunakan oleh pengusaha adalah untuk mendistorsi informasi saat ini dan menyesatkan bisnis. 

3. Tetapkan tenggat waktu. Strategi ini digunakan ketika pihak yang bernegosiasi mencoba untuk mempercepat proses negosiasi dengan memungkinkan oposisi untuk membuat keputusan segera. 

4. Anak baik, anak nakal: Teknik ini digunakan untuk membuat skor "buruk" dan "baik" untuk tim. Karakter "jahat" ini membantu mengendalikan musuh, sehingga sikapnya selalu melawan musuh, tetapi karakter "baik" menjadi bagian yang lawannya menghargai rasa belas kasihnya. Oleh karena itu, pendapat yang diungkapkan harus dinetralkan oleh pendapat "orang jahat" dan diterima oleh pihak bisnis. 

5. Teknologi Komunikasi, Strategi ini digunakan oleh mitra lawan untuk menegosiasikan pengabaian setiap kali permintaan lawan dipenuhi.

 6. Penipuan teknik ini digunakan ketika salah satu pihak telah mengancam untuk menerima proposal bisnis partai dan menekankan apa yang akan menjadi konsekuensi jika tawaran itu ditolak.

Karakteristik  Lobbying

1. Bersifat tidak resmi/ Informal dapat dilakukan diluar forum atau perundingan yang secara resmi disepakati .

2. Bentuk dapat beragam dapat berupa obrolan yang dimulai dengan tegursapa, atau dengan surat

3. Waktu dan tempat dapat kapan dan dimana saja sebatas dalam kondisi wajar atau suasana memungkinkan. Waktu yang dipilih  atau dipergunakan  dapat mendukung dan menciptakan suasan yang menyenangkan, sehingga orang dapat bersikap rilek dan

4. Pelaku /aktor atau pihak yang melakukan lobbying dapat beragam dan siapa saja yakni pihak yang bekepentingan dapat pihak eksekutif atau pemerintahan, pihak legislatif, kalangan bisnis, aktifis LSM, tokoh masyarakat atau ormas, atau pihak lain yang terkait pada obyek lobby.

5. Bila dibutuhkan dapat melibatkan pihak ketiga untuk perantara

6. Arah  pendekatan dapat bersifat satu arah pihak yang melobi harus aktif mendekati pihak  yang dilobi. Pelobi diharapkan tidak bersikap pasif atau menunggu pihak lain sehingga terkesan kurang perhatian.

Etika Lobbying

Kegiatan lobi bisnis adalah kegiatan yang sah dan legal, karena menjadi bagian dalam proses demokrasi dan kebebasan bisnis. Pelaku lobbying bisa mengembangkan bisnisnya dan mengkomunikasikan maksud dan tujuannya ke pihak yang di lobi. 

Dalam negosiasi lebih kepada sebuah proses diskusi antar kedua belah pihak yang mencoba untuk mencari jalan keluar terhadap masalah yang dihadapi, sementara lobi itu sarat akan kepentingan salah satu pihak yang ingin mempengaruhi pihak lain. 

 

Terimakasih untuk yang sudah membaca .....

https://www.jojonomic.com/blog/lobbying/

Modul Komunikasi Bisnis Universitas Pamulang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun