1. Review pengalaman belajar
Topik 1. Penyusunan Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen Yang Efektif Dengan Pendekatan Teaching at The Right Level
Topik 2. Melaksanakan Pembelajaran Dengan Menerapkan Prinsip Pengajaran dan Asesmen Yang Efektif Dengan Pendekatan Teaching at The Right Level, Serta Mampu Menciptakan Lingkungan Kelas Yang Aman, Nyaman, Dan Berpihak Pada Peserta Didik.
Topik 3. Evaluasi Pembelajaran dan Asesmen yang Telah Dilaksanakan
Topik 4. Refleksi Pembelajaran dan Asesmen yang Telah Dievaluasi
Topik 5. Rencana Tindak Lanjut Pembelajaran dan Asesmen Berdasarkan Hasil Refleksi
Topik 6. Mahasiswa mampu menyusun laporan belajar peserta didik
Kesimpulan secara keseluruhan di siklus 1 dalam mata kuliah ini, saya belajar bagaimana membuat RPP dan penilaian yang efektif dengan menggunakan pendekatan pengajaran yang tepat dan mampu menciptakan ruang kelas yang nyaman, aman dan ramah siswa. Dalam aplikasi praktis, pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada siswa memerlukan penilaian diagnostik yang terlebih dahulu mengukur kemampuan atau  penguasaan siswa terhadap materi aslinya. Dengan bantuan asesmen diagnostik, guru dapat mempelajari banyak hal tentang sifat siswa, seperti tingkat penguasaan materi prasyarat yang dimilikinya, potensi siswa, perkembangan, gaya belajar, tahapan pembelajaran. tujuan dan kebutuhan belajar setiap siswa. Setelah  kegiatan perencanaan, mahasiswa diminta  menganalisis pelaksanaan rencana pembelajaran dan penilaian yang dilakukan dalam kegiatan PPL II. Analisis pencapaian dievaluasi dari perspektif penerapan paradigma pembelajaran  baru yang berpusat pada siswa.
Contoh instrumen evaluasi
No
Nama Peserta didik
Hasil Belajar
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
KD.1
KD.2
KD.3
KD.1
KD.2
KD.3
Â
Â
Â
Â
Materi yang belum tuntas
Implementasi Proses Pembelajaran
Proses asesmen
Contoh : Refleksi pada keberhasilan pembelajaran
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
% Ketuntasan
Â
Â
Â
Â
Â
Â
No
Aktivitas
Faktor pendukung
Faktor penyebab
Saran
1
Perencanaan perangkat pembelajaran
2
Implementasi Pembelajaran
3
Implementasi penilaian
Instrument alternatif upaya optimalisasi proses dan hasil belajar
Aktivitas
Alternatif Perbaikan 1
Alternatif Perbaikan 2
Alternatif Perbaikan 3
Pilihan perbaikan
Perencanaan perangkat pembelajaran
Implementasi Pembelajaran
Implementasi penilaian
Setelah sampai Menyusun rencana tindak lanjut kita langsung mengambil keputusan selanjutnya yaitu  Perbedaan pembelajaran reguler atau pembelajaran remidi. Pada pembelajaran reguler, semua peserta didik mengikuti pembelajaran tersebut. Materi yang diajarkan adalah materi/topik bahasan yang tertera pada rencana pembelajaran. Sedangkan pada pembelajaran remidi, peserta didik yang mengikutinya adalah yang mengalami kesulitan belajar (belum tuntas belajar).
2. Refleksi pengalaman belajar yang dipilih
Hal yang menarik bagi saya yaitu demonstrasi dampai dengan elaborasi pemahaman, dimana kita sebagai guru harus melaksanakan evaluasi, sampai dengan  alternatif upaya optimalisasi proses dan hasil belajar. Hal yang di evaluasi hal berikut
*Perangkat pembelajaran
*Implementasi pembelajaran
*Implementasi penilaian
Dari ke tiga komponen tersebut, saya sebagai guru dapat mengetahui berbagai factor keberhasilan dalam pembelajaran, dan dapat menentukan kegiatan selanjutnya melaksanakan  pembelajaran reguler atau pembelajaran remidi. Semua yang saya pelajari dapat di terapkan pada PPL II.
Strategi saya mempelajari topik ini dengan;
*Melakukan kajian literatur
*Melakukan analisis modul ajar teman sejawat
*Berdiskusi
*Menganalisis hasil belajar siswa
*Membuat peta konsep
Strategi tersebut penting bagi saya untuk membantu pemahaman terkait dengan  asesmen. Selain itu, saat mempelajari topik ini kami saling berdiskusi, membuat pengetahuan semakin luas dan memahami apa saja yang harus dilaksanakan oleh guru.
3. Analisis artefak pembelajaran
Topik 5 Koneksi antar materi
Saya membuat peta konsep dari keseluruhan materi selanjutnya saya analisis koneksi antar materi untuk memudahkan saya untuk melakukan pembelajaran tambahan ataupun pembelajaran remedial.
4. Pembelajaran Bermakna
- Saya juga dapat menyusun rencana pembalajaran yang menerapkan konsep pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik di waktu yang akan datang.
- Saya juga mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman agar peserta didik senang dalam mengikuti proses pembelajaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H