Mohon tunggu...
Nurul AuliaHidayah
Nurul AuliaHidayah Mohon Tunggu... Guru - MAHASISWA PPG PRAJABATAN 2022

BELAJAR

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Mata Kuliah Filosofi Pendidikan - Seminar PPG

13 Mei 2023   14:00 Diperbarui: 13 Mei 2023   14:06 11333
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

1. Review pengalaman belajar

Topik 1 Perjalanan Pendidikan Nasional

Dimulai dari pertanyaan reflektif mengenai alasan menjadi guru hingga sejarah perjalanan pendidikan nasional.

Topik 2 Dasar-Dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

  • Konsep pendidikan dan pengajaran.
  • Kodrat alam dan kodrat zaman.
  • Sistem among

Topik 3 Identitas Manusia Indonesia

Pancasila sebagai identitas, dasar, dan pandangan hidup manusia Indonesia.

Topik 4 Pancasila Sebagai Fondasi Pendidikan

Paradigma pendidikan transformatif yang berlandaskan Pancasila

Topik 5 Pendidikan Yang Memerdekakan Peserta Didik

Menyelenggarakan pendidikan yang konstruktif dan adaptif tanpa belenggu dari pihak manapun.

2. Refleksi pengalaman belajar yang dipilih

Topik 2 Dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Sistem Among

  • Ing Ngarso Sung Tuladha Keteladanan
  • Ing Madya Mangun Karsa Bimbingan
  • Tut Wuri Handayani Dorongan

Mengapa Penting?

  • Fondasi penyelenggaraan pendidikan.
  • Gambaran  tujuan dan harapan dari penyelenggaraan pendidikan.
  • Acuan dalam analisis kebutuhan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
  • Dasar pengembangan pembelajaran yang bermakna, kondusif, dan terarah.

Bagaimana Strategi Mempelajarinya?

  • Membuat resume per topik.
  • Melakukan kajian literatur multimoda.
  • Membuat koneksi antar materi dengan mind map.
  • Membuat rencana tindak lanjut sebagai aksi nyata dari pembelajaran.

Bagaimana Hasil Dan Dampaknya?

  • Memahami esensi dari penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran (pembelajaran bermakna).
  • Dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik berdasarkan kodrat alam dan zamannya.
  • Lingkungan belajar menjadi menyenangkan karena peserta didik merasa nyaman, antusias, dan tumbuh kesadaran untuk mengenyam pendidikan.

3. Analisis artefak pembelajaran

  • Kegiatan refleksi ini saya menyampaikan alasan menjadi seorang guru sehingga saya dapat memaknai dan menghayati peran besar yang ada pada diri saya sebagai guru.
  • Peran guru dalam menjalankan sistem among dalam pendidikan dan pengajaran yang memerdekakan peserta didik dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Melalui pendidikan berdasarkan nilai-nilai Pancasila diharapkan generasi muda bangsa Indonesia dapat mengembangkan kecakapan hidup untuk kemajuan bangsa.

Untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, sangat diperlukan adanya peran guru dalam membimbing dan membudayakan siswa berprofil Pancasila.

4. Pembelajaran bermakna (good practices)

  • Mengetahui sejarah pendidikan di Indonesia.
  • Bagaimana proses penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang seharusnya dan bekal apa yang dibutuhkan selama menjalankannya.
  • Apa tujuan dan makna yang hendak dicapai melalui proses pendidikan dan pengajaran tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun