1. Review pengalaman belajar
Topik 1 Perjalanan Pendidikan Nasional
Dimulai dari pertanyaan reflektif mengenai alasan menjadi guru hingga sejarah perjalanan pendidikan nasional.
Topik 2 Dasar-Dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
- Konsep pendidikan dan pengajaran.
- Kodrat alam dan kodrat zaman.
- Sistem among
Topik 3 Identitas Manusia Indonesia
Pancasila sebagai identitas, dasar, dan pandangan hidup manusia Indonesia.
Topik 4 Pancasila Sebagai Fondasi Pendidikan
Paradigma pendidikan transformatif yang berlandaskan Pancasila
Topik 5 Pendidikan Yang Memerdekakan Peserta Didik
Menyelenggarakan pendidikan yang konstruktif dan adaptif tanpa belenggu dari pihak manapun.
2. Refleksi pengalaman belajar yang dipilih
Topik 2 Dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
Sistem Among
- Ing Ngarso Sung Tuladha Keteladanan
- Ing Madya Mangun Karsa Bimbingan
- Tut Wuri Handayani Dorongan
Mengapa Penting?
- Fondasi penyelenggaraan pendidikan.
- Gambaran  tujuan dan harapan dari penyelenggaraan pendidikan.
- Acuan dalam analisis kebutuhan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
- Dasar pengembangan pembelajaran yang bermakna, kondusif, dan terarah.
Bagaimana Strategi Mempelajarinya?
- Membuat resume per topik.
- Melakukan kajian literatur multimoda.
- Membuat koneksi antar materi dengan mind map.
- Membuat rencana tindak lanjut sebagai aksi nyata dari pembelajaran.
Bagaimana Hasil Dan Dampaknya?
- Memahami esensi dari penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran (pembelajaran bermakna).
- Dapat merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik berdasarkan kodrat alam dan zamannya.
- Lingkungan belajar menjadi menyenangkan karena peserta didik merasa nyaman, antusias, dan tumbuh kesadaran untuk mengenyam pendidikan.
3. Analisis artefak pembelajaran
- Kegiatan refleksi ini saya menyampaikan alasan menjadi seorang guru sehingga saya dapat memaknai dan menghayati peran besar yang ada pada diri saya sebagai guru.
- Peran guru dalam menjalankan sistem among dalam pendidikan dan pengajaran yang memerdekakan peserta didik dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila.
Melalui pendidikan berdasarkan nilai-nilai Pancasila diharapkan generasi muda bangsa Indonesia dapat mengembangkan kecakapan hidup untuk kemajuan bangsa.
Untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, sangat diperlukan adanya peran guru dalam membimbing dan membudayakan siswa berprofil Pancasila.
4. Pembelajaran bermakna (good practices)
- Mengetahui sejarah pendidikan di Indonesia.
- Bagaimana proses penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang seharusnya dan bekal apa yang dibutuhkan selama menjalankannya.
- Apa tujuan dan makna yang hendak dicapai melalui proses pendidikan dan pengajaran tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H